UblikGambar pemandangan pada uang rupiah.  lama ini Pemerintah Indonesia mengeluarkan uang rupiah dengan desain baru. Ada banyak orang yang menyukai desain baru tersebut namun tak sedikit juga yang mencibirnya. Tapi, terlepas dari pro dan kontra dari desain uang baru tersebut ada satu hal yang menarik dari pecahan rupiah edisi 2016 tersebut. Selain menampilkan wajah-wajah baru para pahlawan dan juga kesenian adat khas Indonesia. Di pecahan uang baru ini juga ditampilkan keelokan alam Indonesia. Mulai dari pecahan uang kertas seribu rupiah hingga 100 ribu rupiah, semuanya menampilkan keelokan alam Indonesia yang mengaggumkan. Nah, ada baiknya kita melongok untuk mencari tahu apa saja gambar pemandangan pada uang rupiah baru.

Pecahan Rp.1000 Banda Neira

gambar pemandangan pada uang rupiah baru Rp1000

Banda Neira. Namanya kurang populis mungkin sebelum ditampilkan di pecahan uang baru nominal Seribu rupiah. Akan tetapi lambat laun nama Banda Neira sudah mulai terkenal. Banda Neira sendiri adalah pulau yang terletak di kepulauan Banda dan termasuk kedalam administrasi Kabupaten Maluku. Tempat ini memiliki keindahan alam yang eksotis.  Terdapat sebuah gunung bernama Banda Api juga danau yang berada ditepianya. Tempat ini benar-benar menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Selain pemandanganya yang memukau. Banda Neira juga memiliki sejarah panjang terutama untuk sang Wakil Presiden pertama Indonesia Bung Hatta. Tempat ini pernah menjadi tempat pengasingan Bung Hatta yang dilakukan oleh para penjajah. Ditempat ini pula Bung Hatta menulis Quotes yang hingga kini masih sering kita baca.

“ Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, sebab dengan buku aku bebas”

Pecahan Rp. 2000 Ngarai Sianok

gambar pemandangan pada uang rupiah baru ngarai sianok
Pemadangan Ngarai Sianok, Sumber: Bintang.com

Sama seperti Banda Neira, Ngarai Sianok juga kurang begitu terkenal di telinga masyarakat Indonesia. Padahal sebetulnya tempat ini menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa. Ngarai Sianok adalah lembah tinggi yang berliku liku nan hijau. Perpaduan Tebing, pepohonan dan sungai yang mengalir dibawahnya membuat tempat ini begitu dapat memanjakan siapapun wisatawan yang hadir ke sini. Selain itu ditempat ini kita juga dapat melihat tumbuhan dan satwa langka yang sudah jarang ditemui. Ngarai Sianok berada di Bukit Tinggi Sumatera Barat dan menjadi salah satu ikon wisata di daerah yang pernah menjadi Ibukota Indonesia itu.

Pecahan Rp.5000 Gunung Bromo

gambar pemandangan alam pada uang rupiah baru
Pemandangan Gunung Bromo, Sumber: Blogger.com

Tempat wisata yang satu ini sepertinya memang sudah tidak asing lagi. Sebuah gunung kokoh nancantik menjulang. Wisatawan dalam dan luar negeri pun benar-benar tergila-gila dengan pesona indah luar biasa yang ditampilkan dari gunung yang masih aktif tersebut. Di Bromo, setiap pagi kita dapat melihat indahnya sunrise yang begitu mengaggumkan dengan gumpalan awan yang berada dibawah kita. Indah sekali. Selain itu kita juga dapat bermain-main di pasir berbisik. Sebuah padang pasir yang juga menjadi daya tarik lebih berwisata di Bromo. Gunung Bromo sendiri berdiri dan memisahkan empat kabupaten sekaligus. Probolinggo, Malang, Pasuruan dan Lumajang yang kesemuanya berada di Provinsi Jawa Timur

Pecahan Rp. 10.000 Wakatobi

gambar pemandangan pada uang rupiah baru
Pemandangan bawah laut Wakatobi, Sumber: Wakatbo.com

Bicara soal laut Indonesia nampaknya tak akan ada habisnya. Bagaimana birunya laut, ombak yang selalu ditunggu, indahnya sunset sampai keanekaragaman biota laut yang begitu kaya. Tidak berlebihan jika kita menyebut negeri ini sebagai rajanya wisata laut di dunia. Ada banyak laut di Indonesia yang indah, salah satunya adalah Taman Nasional Wakatobi. keindahan laut Wakatobi ini kemudian dilukiskan pada pecahan 10.000. Di Wakatobi ini kita dapat melihat bagaimana benar-benar cantiknya laut Indonesia.  Pasir putih dan pohon kelapa yang melambai akan selalu membuat siapapun ketagihan untuk terus berlibur ke sini. Wakatobi sendiri terletak di Sulawesi Selatan.

Pecahan Rp. 20.000 Derawan

Pemandangan Kepulauan Derawan, Sumber: aneiqbal.com

Di pecahan 20 ribu rupiah, kita menemukan sebuah pulau yang sangat eksotis. Pulau nan Indah khas Indonesia. Sebuah kepulauan yang memiliki pasir putih yang sangat bersih dan bersanding dengan birunya laut yang mengkilau.  Selain itu Derawan juga menyuguhkan taman bawah laut yang sudah cukup masyur di kalangan wisatawan internasional. Derawan sungguh tempat wisata yang cukup lengkap untuk sebuah pulau wisata. Tempat indah itu berada di Kalimantan. Tepatnya di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Sungguh tidak salah jika tempat ini diabadikan dalam pecahan uang rupiah baru.

Pecahan Rp. 50.000 Pulau Komodo

gambar pemandangan pada uang rupiah baru
Pulau Komodo,

Pulau Komodo. Barangkali namanya sudah sangat dikenal di telinga masyarakat Indonesia secara luas. Bagaimana tidak, pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Gugusan pulau yang meliuk bertemu dengan birunya laut. Tempat yang sungguh membuat betah siapapun yang berkunjung. Tempat ini juga dikenal lantaran sebagai habitat asli dari binatang paling purba di dunia yang masih hidup, Komodo. Wajar jika tempat ini juga di beri penghargaan sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia baru dan bersanding dengan tempat tempat terkenal di seluruh dunia. Kita tentu bangga punya pulau Komodo.

Pecahan Rp. 100.000 Raja Ampat

gambar pemandangan pada uang rupiah baru raja ampat

Di pecahan paling tinggi uang rupiah ini kita akan menjumpai sebuah tempat yang juga tengah digandrungi sebagai tempat paling diminati sebagai lokasi wisata. Ya! Kepulauan Raja Ampat. Nampaknya tak ada orang yang dapat mengelak terhadap keindahan luar biasa tempat ini. Beberapa tahun terakhir ini nama Raja Ampat makin hari makin terkenal. melihat gugusan-gugusan pulau karang yang hijau itu serasa melihat serpihan surga. Tak berlebihan tapi memang indah luar biasa. Sungguh pantas jika Kepulauan Raja Ampat ditaruh pada lembar uang Rp.100 ribu. Kepulauan ini terdapat di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here