Hutan. Banyak yang bilang sebagai paru-paru dunia. Sebagai daerah paling harus dilindungi di dunia. Disana, adalah tempat dari berbagai macam keanekaragaman hayati tinggal. Mulai flora sampai fauna. Bahkan, tuhan juga terkadang menimpan keindahan pesona alam didalamnya. Lengkap memang. Maka dari itulah sebagai manusia tugas kita adalah merawatnya supaya hutan tetap terjaga dan lestari

Tapi, masalahnya adalah penebangan hutan kian hari kian menghawatirkan. Hutan dibumi makin hari makin gundul, setidaknya 684 ribu hektar hutan di Indonesia gundul tiap tahun. Sebuah angka yang pastinya menghawatirkan. Sebab bisa dibilang hutan yang rimbun bisa jadi pakem untuk menahan banyaknya bencana alam.

Indonesia adalah salah satu negara dengan hutan terluas di Indonesia. Bahkan bisa dibilang jika hutan Indonesia adalah penolong dari berlanjutnya hutan di bumi. Suatu ketika salah satu perdana menteri Singapura pernah bilang “jika Ingin membuat dunia berakhir habisi saja hutan di Indonesia” sebegitu gentingnya dan vital hutan di Indonesia ini. Namun, sebaran hutan di Indonesia terdapat dibanyak pulau dan provinsi. Nah, ini dia provinsi di Indonesia dengan hutan paling luas.

5. Kalimantan Barat

Pertama ada Kalimantan Barat. Provinsi beribukotakan Pontianak ini memilki hutan yang cukup luas. Berada ditengah-tengah Indonesia. Provinsi Kalimantan Barat memiliki luas hutan setidaknya sebesar 9.101.760.00 hektar. Nah, hutan yang berada di Kalimantan Barat ini cukup rimbun dan menyimpan banyak sekali ekosistem mulai dari tumbuhan sampai dengan hewan. Selain itu, hutan di Kalimantan Barat juga didominasi dengan hutan tropis. Hutan di Kalimantan masih cukup perawan namun, pembalakan masih bisa kita temui. Terkadang pembalakan ini dilakukan untuk mengalihfungsikan lahan dari hutan menjadi perkebunan.Rimbunya hutan juga membuat akses jalan di Kalimantan bisa dibilang berat karena terjal dan berliku.

Pilihan Editor:

 

4. Riau

Beberapa waktu lalu, Indonesia sempat di protes keras lantaran kiriman kabut asap ke negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Kabut asap itu ada lantaran ribuan hektar hutan terbakar di Riau. Akibatnya asap mengepul dan memenuhi hampir tiap penjuru kota. Imbasnya, negara tetangga juga merasakan. Riau memang menjadi salah satu provinsi lumbung hutan di Indonesia. Daerah hutan di Riau tersebar dibanyak kabupaten. Data terakhir menyebutkan jika Riau memiliki hutan seluas 9.456.160.00 hektar. Provinsi yang memiliki luas lebih dari 87 ribu meter persegi itu sampai sekarang masih harus dijaga karena kebakaran hutan disana masih sangat mngkin terjadi kembali. Semoga saja kebakaran hutan tersebut tidak terjadi dan terulang kembali.

3. Kalimantan Timur

provinsi di Indonesia dengan hutan paling luas
Ilustrasi Hutan Kalimantan (via: id.usembassy.gov)

Kita kembai ke Kalimantan. Kali ini ada kalimantan Timur. Provinsi beribukotakan Samarinda ini juga punya hutan yang lebat. Bukan Cuma lebat bahkan kalimantan timur ini punya sebaran hutanya yang bisa dibilang luas. Nomor tiga di Indonesia, ya Kalimantan Timur ini jadi provinsi dengan luas hutan terbesar ke tiga di Indonesia. Meski Hutan di Kalimantan Timur cukup lebat, namun provinsi ini juga memiliki berbagai macam tambang. Hingga kini tambang-tambang di Kalimantan Timur masih beroprasi . Kalimantan Timur memiliki luas hutan 14.651.053,00 hektar. Sangat jauh lebih luas dari Provinsi Riau yang berada di posisi ke 4. Kalimantan Timur juga dikenal dengan provinsi yang memiliki trek cukup curam karena masih asrinya alam disana.

 

2. Kalimantan Tengah

Lagi-lagi Pulau Kalimantan. Nampaknya orang Indonesia mesti berterima kasih pada pulau borneo ini. Tiga provinsinya termasuk dalam lima besar provinsi dengan hutan terluas di Indonesia. Kalimantan Tengah ada di posisi dua. Provinsi yang beribukotakan Palangkaraya itu memiliki sedikitnya 15.300.000.00 hektar. Meski luas, alih fungsi lahan dari hutan menjadi perkebunan juga cukup tinggi. Terbukti banyak orang bermigrasi ke kalimantan untuk jadi pekerja kebun. Meski kalimantan dikenal sebagai pulau yang memiliki luas hutan yang besar. Namun, peringkat satunya ternyata bukan di kalimantan. Lantas?

1. Papua

Papua provinsi di Indonesia dengan hutan paling luas
Jalan Trans Papua di Tengah Alam Papua (Sumber: http://ksdae.menlhk.go.id)

Dan posisi pertama adalah Papua. Provinsi paling timur di Indonesia ini adalah juaranya. Barangkali kita mesti sebut Papua adalah paru-paru utama dunia. Mengapa? Hal itu tidak berlebihan sebab Papua memiliki lebih dari 40.000.000.00 hektar yang kesemuanya adalah hutan. Pantas kalau di provinsi itu pembangunan tengah di genjot habis. Mengapa Papua masih begitu asri? Jawabanya karena orang-orang Papua sangat menyayangi lingkungan. Mereka begitu menjaga alam dan merawatnya. Karena itulah kita sangat jarang mendengar kejadian longsor atau bencana alam di daerah bumi cendrawasih tersebut

Itu dia lima provinsi di Indonesia dengan hutan paling luas. Kita tidak boleh bosan untuk saling mengingatkan betapa pentingnya menjaga alam Indonesia. Dan hutan bukan sebuah pengecualian. Bahkan hutan adalah prioritas bagaimana kita mesti menjaga dan melestarikanya. Menjaga hutan sama dengan menjaga kelangsungan hidup kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here