Ublik. Cara Ampuh Atasi Dengkur. Setelah seharian beraktivitas, maka setiap manusia pasti butuh yang namanya tidur. Tidur adalah saat yang tepat untuk melepaskan segala kepenatan sekaligus mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah seharian. Tidur jugalah yang dapat mengembalikan badan menjadi segar seperti semula dan siap untuk memulai beraktivitas. Tetapi, ada beberapa orang yang justru mengalami gangguan kesehatan saat tidur. Gangguan-gangguan tersebut misalnya, insomnia atau sulit tidur, tidur sambil berjalan, ketindihan atau istilah ilmiahnya sleep paralyzed sampai mendengkur.

Nah, untuk gangguan tidur yang disebutkan paling akhir itu, kebanyakan orang nmenganggapnya bukan suatu kesalahan. Banyak orang melakukannya saat tidur dan itu sudah dianggap lwajar. Tapi, tahukah kamu bahwa sebetulnya mendengkur itu bukan hal yang baik untuk dijaga dan sebaiknya kita atasi. Seseorang mendengkur berarti ada yang tidak beres terhadap sistem pernapasan dirinya. Ketidakberesan itu terjadi karena adanya penyempitan saluran udara yang terdapat diantara hidung dan mulu. Penyempitan udara itulah yang akhirnya membentuk bunyi yang kita sebut dengan mendengkur. Ada banyak hal yang membuat saluran udara menyempit. Dari mulai faktor usia, posisi tidur yang salah, terlalu banyak konsumsi alkohol, kelebihan berat badan, sinus sampai radang amandel. Jelas, mendengkur bukan sesuatu yang baik untuk dipelihara bukan? Apalagi sangat mungkin sebuah dengkuran bisa membuat tidur orang lain terganggu

Itu lah yang menyebabkan ublik mencoba untuk menyampaikan bagaimana caranya agar kamu dapat terbebas dari dengkuran setiap tidur. Berikut ringkasanya:

Senam Tenggorokan

Mendengkur Akan Sirna Jika Kamu Lakukan 5 Cara Ini
Sumber : zakijufri.blogspot.com

Siapa bilang senam hanya dapat dilakukan oleh bagian tubuh yang lain? Tenggorokan kita juga dapat senam loh. Nah, senam tenggorokan ini punya manfaat yang banyak bahkan salah satunya dapat menghilangkan dengkuran. Mau tau caranya? Gampang! Bukalah mulut kamu selebar mungkin, renggangkanlah rahang kamu ke satu sisi. Pegang dan tahanlah itu selama kurang lebuh 30 detik saja. Ulangi cara yang sama pada rahang yang lain. Setelah selesai, kini julurkanlah lidah sejauh mungkin. Sejauh yang kamu bisa. Lakukan senam ini sebelum kamu tidur. Senam tenggorokan dipercaya dapat melonggarkan otot pada tenggorokan kamu loh.

Dietlah

Mendengkur Akan Sirna Jika Kamu Lakukan 5 Cara Ini
Sumber : gymchalo.com

Sebagaimana kita ketahui, jika salah satu penyebab seseorang mendengkur adalah kelebihan berat badan. Seseorang yang berat badanya terlalu berlebih akan punya kecenderungan mendengkur. Satu-satunya hal yang membuat seseorang dapat memperoleh berat badan yang ideal adalah dengan diet. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu diet. Mulai sekarang jagalah pola makan, jangan berlebih. Atur gizi yang masuk ketubuh sebagai asupan. Berolahraga lah secara teratur dan rutin. Jika itu sudah di jalankan makan tubuh yang ideal dapat kamu dapatkan dan mendengkur sudah bukan lagi rahasia kamu.

Angkat Posisi Kepala Saat Tidur

Mendengkur Akan Sirna Jika Kamu Lakukan 5 Cara Ini
Sumber : utaranews.com

Posisi kepala juga ternyata punya andil yang membuat kamu mendengkur sepanjang tidur. Posisi tidur yang salah dapat mengakibatkan kamu mendengkur dengan suara nyaring dan tentunya menggangu orang yang tidur di dekatmu. Karena itulah mulai saat ini atur posisi kepalamu saat tidur. Jangan biarkan kepala kamu terletak jauh kebelakang dari letak bantal. Selain dapat menyebabkan lehar yang pegal saat bangun, posisi tersebut memungkinkan rongga udara terhimpit sehingga dengkuran akan keluar. Maka dari itu, cobalah kamu pakai bantal yang ditumpuk untuk menopang kepal. Idealnya posisi kepala kamu itu minimal 4 inchi dari kasur. Jika sudah diposisi begini maka kemungkinan dengkuran tak akan terdengar lagi. Sebab posisi demikan secara tidak langsung membersihkan penghalang dibagian tenggorokan.

Hiruplah Uap Air

Mendengkur Akan Sirna Jika Kamu Lakukan 5 Cara Ini
Sumber : dapursehat79.blogspot.com

Cara selanjutnya adalah dengan menghirup uap air. Cara ini dipercaya dapat membersihkan rongga hidung kamu. Ketika rongga hidung telah bersih, maka nafas kamu juga dapat lega tanpa terhalang apapun. Lalu bagaimana caranya? Basahkan saja handuk dengan air hangat. setelah itu, hiruplah uap yang keluar. Lakukan terus sampai 10 menit. Dipercaya cara tersebut dapat menghilangkan lendir yang menyumbat hidungmu. Jangan lupa kegiatan ini kamu lakukan sebelum tidur ya.

Bernyanyilah

Mendengkur Akan Sirna Jika Kamu Lakukan 5 Cara Ini
Sumber : lifestyle.okezone.com

Cara terakhir Ini sangat tepat buat kamu yang doyan nyanyi. Sebab ternyata sering bernyanyi dapat mengurangi kecenderungan seseorang mendengkur. Syaratnya, nyanyikanlah lagu-lagu dengan nada tinggi. Dendangkanlah lagu itu selalu. Jika suara kamu tidak bagus-bagus amat, sebaiknya jangan bernyanyi didepan banyak orang ya haha. Mengapa bernyanyi dapat mengurangi kecenderungan seseoang mendengkur. Sebab saat bernyanyi terutama dengan lagu-lagu yang memakai nada tinggi, otot tenggorokan kita akan mengendur. Itulah yang menyebabkan seseorang terlepas dari dengkuran

Itu tadi lima hal yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari dengkuran. Intinya adalah mulailah hidup sehat. jangan minum-minuman keras dan jangan bekerja terlalulelah. Mendengkur hanya alarm jika sebetulnya tubuh kamu tak benar-benar bugar. Maka, mulai dari sekarang biasakanlah hidup sehat.

 

(Sumber Gambar Utama : hellosehat.com )

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here