in

Melihat KRI Dewa Ruci, Simbol Kekuatan Indonesia di Lautan

Indonesia adalah negara maritim. Lebih banyak laut daripada daratannya. Tentu sebagai negara kepulauan hal itu sangat memungkinkan. Karena itulah kekuatan laut Indonesia memang mesti kuat. Tak boleh sedikitpun terlewat. Sebab kalau-kalau luput, sudah banyak orang-orang asing yang bakal merenggut kekayaan alam yang terkandung di laut kita. Nah salah satu cara memperkuatnya adalah dengan memiliki sarana prasarana yang lengkap baik untuk latihan prajurit maupun operasi keamanan. Kapal adalah salah satunya. Di Indonesia. Kita mengenal salah satu kapal layar yang namanya sudah begitu termasyur. Sebuah kapal yang punya desain unik dan satu-satunya dimiliki oleh Indonesia. Kapal tersebut adalah KRI Dewa Ruci. Kapal gagah yang siap menghadang ombak dan segala rintangan lainnya.

Nama Dewa Ruci sendiri diambil dari sebuah tokoh pewayangan. Dewa Ruci adalah Dewa Kerdil yang ditemukan Bima ketika mencari air kehidupan. Namanya juga kemudian menjadi judul pertunjukan pewayangan hingga akhirnya Dewa Ruci juga dijadikan sebuah nama Kapal Republik Indonesia.  Tidak seperti KRI lainnya. KRI Dewa Ruci adalah sebuah kapal layar yang paling besar yang dimiliki Indonesia. Jika dilihat sekilas KRI ini punya desain yang cantik. Mirip dengan kapal-kapal layar yang sering muncul di film-film hollywood. Dengan layar besar membentang dan layar-layar kecil dibeberapa sisinya. Terlebih di kapal ini juga terdapat menara pandang untuk meneropong dan melihat sekitaran kapal. Satu lagi ada bendera juga yang dipasang dan berkibar diujung kapal. Tentu bendera tersebut adalah sangsaka merah putih. Meski begitu kapal ini juga mengadopsi bendera Majapahit untuk jadi bendera kapal. Klasik banget!

Pilihan Editor:

 

Bukan Kapal Perang

KRI Dewa ruci pensiun
KRI Dewa Ruci (Sumber: bocahpetualang.com)

Bukan, kapal ini bukan dibuat untuk berperang. Tak akan kamu temukan meriam-meriam seperti yang ada di film Pirates of Carribean. Sebab fungsi utama dari kapal nyentrik ini memang bukan untuk berperang atau bertempur di atas  laut. Kapal Dewa Ruci diciptakan untuk menjadi kapal latih bagi taruna Angkatan Laut. Jadi buat mereka yang baru masuk angkatan Laut. Maka kapal ini akan jadi teman setia bagi mereka belajar mengenal dunia perkapalan dan pelayaran di tanah air.

Kapal ini pertama kali diprakarsai pada tahun 1952. Dibuat oleh produsen dari Jerman dan pertama kali diresmikan pada setahun berikutnya.  Meski disebut sebagai kapal layar dan hanya kapal untuk berlatih taruna. Tapi kapal ini sudah pernah mengelilingi dunia! Yap 5 benua dan 7 samudra telah diarungi si kapal dengan ukuran 58 Meter ini. Pertamakali KRI berlayar menjelajah dunia adalah tahun 1964. Saat itu KRI Dewa Ruci dikapteni oleh Letkol Laut Sumantri. Letkol Laut Sumantri membawa serta 78 taruna angkatan laut dan 32 anak buah kapal. Misi ini berhasil. KRI Dewa ruci dan semua awak kapal mendapat pujian saat itu. Perjalanan kedua kapal dengan tiang layar tertinggi di Asia itu menjelajah dunia dilakukan pada tahun 2012 lalu. Saat itu KRI Dewa Ruci dikapteni oleh Letkol Laut Haris Bima dan membawa 101 taruna dan 78 Awak Kapal. Sekali lagi KRI sukses menunjukan jika kapal layar Indonesia ini benar-benar kuat untuk menjelajah dunia.

Pernah Juara di Kompetisi Internasional

KRI Dewa Ruci Kliling Dunia
KRI Dewa Ruci (Sumber: skyscrapercity.com)

Kapal yang memiliki pangkalan di Surabaya, Jawa Timur itu punya prestasi yang membanggakan. Tercatat Dewa Ruci pernah menggondol trofi Cutty Shark saat diadakan kompetisi Tall Ships Race yang diselenggarakan Australia tahun 1998. Sebuah kompetisi internasional antar kapal layar.

Ada satu hal tradisi yang akan dilakukan oleh kapal ini setiap kali melintas di Selat Sunda. Jika KRI Dewa Ruci melintas ke laut yang memisahkan dua pulau tersebut. Maka para awak kapal akan menabur bunga. Apa sebab para awak kapal melakukan itu? Sebab, disanalah tempat dimana abu jasad August Friederich Hermann Rosenow Komandan KRI Dewa Ruci disemai. Karena itulah penghormatan akan selalu dilakukan untuk sang kapten.

Sekarang, Dewa Ruci sudah purna tugas. Kapal retro milik Indonesia itu kini telah pensiun. Yap, Dewa Ruci sudah tak lagi menjadi kapal latih bagi para taruna. Kini yang menggantikan KRI Dewa Ruci adalah KRI Bima Suci. Akan tetapi, peran Dewa Ruci akan berhenti. Kapal yang usianya sudah mencapai 64 tahun itu masih berlayar dan bersandar di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia untuk dapat menjadi bahan edukasi bagi masyarakat sekitar pelabuhan. Jadi kalau-kalau KRI Dewa Ruci mampir ke pelabuhan dekat kotamu. Mampir-mampirlah untuk merasakan kejayaan Indonesia di laut.

Jalesveva JayaMahe!

 

(Sumber Gambar Utama: socwall.com )

Editor: Ridho Nur Wahyu

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading…

0

Comments

0 comments

Awal Perebutan Yerusalem dan Mesranya Hubungan Indonesia-Palestina

kuliner olahan tahu nusantara

Uniknya Olahan Tahu yang Terkenal di Indonesia