Pendakian gunung bukan tentang menaklukkan gunungnya, tapi menaklukkan diri sendiri...” (Anggi Frisca)

‘Negeri Dongeng’ adalah sebuah film dokumenter tentang pendakian 7 gunung tertinggi di Indonesia oleh pemuda-pemuda tangguh. Film tentang keindahan alam ini disutradarai oleh Anggi Frisca yang berperan ganda menjadi sinematografer.

Film ini dibuat karena seorang Anggi Frisca yang ingin mengenalkan Indonesia secara lebih dekat dengan sebuah proses pendakian 7 gunung tertinggi di Indonesia dari barat ke timur. Hal itu merupakan mimpi seorang Anggi Frisca sejak lama. Tentang awal munculnya ide ini sendiri adalah pada bulan Maret 2014, eksekusinya pada November 2014, dan kemudian tayang sejak 26 Oktober di beberapa layar lebar yang terpilih di Indonesia. Perempuan yang beberapa kali memenangkan ‘Best Cinematography’ pada beberapa filmnya itu tentu tak mudah dalam mewujudkan impiannya yang satu ini.

Anggi Frisca (travelnatic.com)

Pilihan Editor:

Banyak sekali rintangan dan halangan dalam memulai film dokumenter ini, salah satunya adalah dana. Mereka menerapkan prinsip gotong royong dan menaklukan diri sendiri dalam perjalanan yang sangat panjang ini. Karena memang semua dana memakai dana pribadi mereka masing-masing, dan film ini berhasil karena gotong royong dari banyak pihak.

Siapa Saja Pemainnya?

Film yang didukung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Pariwisata, dan Kementrian Pendidikan ini diperankan oleh;

1. Anggi Frisca, sebagai penggagas, sutradara, dan cinematographer.
2. Teguh Rahmadi. Cinematographer ini hanya bisa menempuh 5 gunung saja karene kesehatannya yang menurun. Dia bahkan sempat terkena infeksi paru-paru.
3. Wihana Erlangga
4. Rivan Hanggarai
5. Yohannes Pattiasina
6. Nadine Chandrawinata. Guest expeditor ini adalah seorang aktris, pemenang ajang Putri Indonesia, sekaligus model.
7. Matthew Tandioputra. Guest expeditor yang merupakan pendaki termuda yang berhasil naik ke-7 puncak gunung tertinggi di Indonesia pada usia 11 tahun. Saat pertama kali ikut berkontribusi dalam pembuatan film ini, Matthew berusia 9 tahun. Meskipun beberapa kali mengalami kesulitan semangat bocah ini tidak pernah padam.
8. Alfira Abex Naftali, seorang selebgram yang berperan sebagai guest expeditor yang mengakui bahwa kesan mendalam dari perjalan panjang ini adalah tali persahabatan antara Warriors Aksa 7, karena memang semua ini diawali dari nol dan dengan dana swadaya. Masih banyak lagi guest expeditor hebat dalam film ini, kurang lebih 67 orang.

Dan Inilah 7 Gunung Tertinggi yang Mereka Taklukkan

1. Gunung Kerinci (November 2014)

Gunung tertinggi di Sumatera yang merupakan salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung yang dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat Harimau Sumatra dan Badak Sumatra.

2. Gunung Semeru (Desember 2014)

Gunung berapi ini berada di Jawa Timur dan merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru yaitu 3.676 mdpl.

3. Gunung Rinjani (Januari 2015)

Gunung ini berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan tinggi mencapai 3.726 mdpl.

4. Gunung Bukit Raya (Februari 2015)

Gunung ini terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah dan merupakan gunung tertinggi di Kalimantan.

5. Gunung Rantemario (Mei 2015)

Gunung tertinggi di Sulawesi ini tingginya mencapai 3.478 mdpl.

6. Gunung Binaiya (November 2015)

Gunung yang ada di Pulau Seram, Maluku merupakan gunung tertinggi di Provinsi Maluku. Tingginya mencapai 3.055 mdpl.

7. Gunung Carstensz Papua (April 2016)

Gunung tertinggi yang berada di Papua ini merupakan satu dari tujuh puncak dunia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl.

Mengenal Alam Lebih Dekat

Film ini memperkenalkan keindahan alam dan kekayaan alam sekaligus masyarakatnya. Perjalanan yang ditampilkan tidak hanya tentang mendaki, tapi juga pendewasaan diri, tentang bagaimana semangat anak muda, persahabatan, dan mengenal masyarakat yang ada di lereng gunung. Film ‘Negeri Dongeng’ juga mengajak untuk mengenal alam lebih dekat, menumbuhkan rasa cinta pada keindahan alam Indonesia yang luar biasa indah dan perlu dirawat untuk kemudian dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Film luar biasa yang menggugah jiwa muda anak bangsa ini memperlihatkan sensasi mendaki gunung secara nyata. Meskipun prosesnya sulit, tapi akhirnya indah menakjubkan karena keindahan alam Indonsesia yang seperti negeri dongeng. Coba bayangkan setelah bersusah payah mendaki, susah yang benar-benar menggabungkan antara fisik dan hati, tapi setelah sampai di puncaknya, kalian bisa melihat keindahan yang luar biasa. Dengan keindahan alam berupa awan seperti kapas-kapas yang menggiurkan untuk disentuh. Lalu lebatnya hutan dan air yang mengalir. Menakjubkan! Apalagi di puncak tertinggi Indonesia Carstensz Papua, dinginnya luar biasa.

Carstensz Pyramid, Papua (www.indonesia-tourism.com)

Petualangan yang menimbulkan perasaan senang, sedih, lelah, bertemu dengan orang-orang baru, saling bercerita satu sama lain menunjukan bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk digapai di dunia. Salah satu cuplikan kata-kata yang menarik dari film ini adalah: “Kalian nggak mampu kan beli kekayaan kita? Karena saking kayanya kita!” dan “Hidup adalah perjalanan, lakukan perjalanan untuk kehidupan.”

 

(Sumber Gambar Utama: YouTube.com)

(Editor: Restia Ningrum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here