UblikPilihan kuliner Idul Adha. Takbir kembali menggema, tanda kebesaran Tuhan telah menyesaki ruang-ruang publik kembali. Bukan idul fitri memang, Tapi, Idul Adha juga punya makna yang tak kalah besarnya. Hari dimana puncak ibadah haji digelar. Semua yang berkesempatan pergi ke tanah suci pasti merasakan suka cita yang luar biasa. Bagi mereka yang tak berkesempatan pergi, ada hal lain yang menarik yang juga mesti kita maknai. Qurban, ya Idul Adha akan selalu berkaitan dengan penyembelihan hewan qurban. Mereka yang dititipkan rezeki lebih mesti mau mengelurakan sedikit uangnya untuk menyembelih hewan qurban. Daging-daging qurban itu dibagi-bagikan pada tetangga dan mereka yang membutuhkan.

Sudah bukan hal aneh jika di Indonesia, perayaan Idul Adha menjadi perayaan bikin sate secara serentak. Ya, daging-daging qurban yang didapat biasanya dibuat sate. Entah itu kambing atau sapi, sajian sate selalu menjadi hal yang selalu dikaitkan dengan Idul Adha. Nyate, juga kadang bisa jadi bagian dari silaturahmi. Sebab acara nyate bersama ini kadang dilakukan dengan teman atau sanak keluarga. Padahal, ada banyak menu lain yang seharusnya juga kamu coba untuk memasak daging qurban yang kamu dapat. Apa saja menu pilihan kuliner Idul Adha itu? Ublik kasih idenya untuk kamu:

1. Kambing Bakar

Pilihan kuliner idul adha
Kambing Bakar Balanga Khas Gorontalo. Sumber: Kompas.com

 

Makanan yang satu ini ada baiknya kamu coba dan terapkan saat momen Idul Adha. Resep ini bisa kamu coba kalau-kalau kamu mulai bosan dengan sate kambing yang barangkali rasanya begitu-begitu saja. Nah, kambing bakar sendiri adalah makanan khas dari Gorontalo. Di Gorontalo sana, memasak kambing bakar ini dengan cara memanggangnya diatas balanga. Balanga sendiri adalah tempat untuk memasak daging menggunakan tanah liat ataupun besi. Untuk bumbu dan resep kambing bakar khas Gorontalo ini ada banyak macam bumbu pilihan yang pasti akan membuat kamu jatuh hati dan lupa akan sate.

2. Tongseng

pilihan kuliner idul adha
Tongseng Kambing bisa jadi alternatif menu Idul Adha. Sumber: Resepumi.com

Tongseng juga sangat bisa jadi pilihan menu masak memasak kamu saat daging-daging qurban tiba dirumahmu. kelezatan tongseng memang tidak bisa dipungkiri lagi. Kuatnya rasa bumbu yang dipakai membuat tiap kunyahan ketika memakan tongseng ini penuh kelezatan. Apalagi jika kamu seorang yang berasal dari daerah jawa, dan kamu punya banyak teman yang belum pernah merasakan tongseng. Sajian ini wajib kamu suguhkan. Langkah membuatnya pun tak terlalu sulit. Hanya, kamu mesti pintar-pintar membuat si daging entah itu kambing atau sapi menjadi empuk. Sebab selain rasa kuah tongseng, keempukan daging yang pas adalah senjata lain tongseng untuk memikat lidah seseorang.

3. Rendang

Rendang, Kuliner Khas Sumbar yang di pilih menjadi makanan terenak di Dunia. Sumber: royco.co.id

Siapa yang tak suka rendang. Makanan paling enak sedunia versi CNN ini memang selalu bisa memanjakan lidah setiap orang. Memasak rendang memang diperlukan kesabaran. Tapi, kalau kamu bisa melewati ujian kesabaran membuat rendang itu, maka hampir bisa dipastikan masakan yang kamu buat tersebut akan sangat lezat disetiap kunyahan. Ajak teman-temanmu untuk datang dan mencicipi rendang buatanmu. Sebagaimana kita tahu, jika beli di restoran padang, harga rendang mungkin mamang cukup tinggi. Karena itulah jika kamu berhasil membuat rendang ada baiknya kalau kamu undang beberapa temanmu untuk turut serta menyantap makanan paling populer dari Sumatera Barat itu.

4. Steak

pilihan menu kuliner idhul adha
Sumber: Okezone.com

Belum pernah masak steak sebelumnya? justru ini momen yang tepat buat kamu bikin steak. Di Idul Adha kamu bakal dapat daging gratis. Jadi, cobalah bikin steak, resep sederhanyanya banyak banget di google. Dan karena dapat daging gratis Itu artinya kalau memang steak yang kamu buat gagal, ya kamu ga rugi-rugi amat. Coba deh sekali-kali bikin kreasi makanan olahan daging sendiri. Mumpung momennya tepat dan mumpung bahan bakunya didapat secara cuma-cuma.

5. Barbecue

KUliner pilihan idul adha
Sumber: inquisitr.com

Kalau sate udah begitu mainstream, cobalah ajak teman atau kerabatmu untuk bikin barbecue bersama. dagingnya sudah ada, bahan baku lainya juga mudah tersedia di pasar tradisional. Alat pemanggangnya juga gampang didapat. Pesta barbecue akan membuat kamu dan sesamamu akan semakin akrab, pasti akan timbul kelucuan-kelucuan saat silaturahmi barbecue itu diselenggarakan. Selain itu semua juga sudah tau jika selama orang yang bakar daging tau mana daging gosong dan mana daging matang maka rasa dari barbecue tidak akan pernah mengecewakan si penikmat.

 

(Gambar Utama: okezone.com)

Editor: Ridho Nur Wahyu

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here