Ublik.id – Penemu Teknologi 4G. Masyarakat dunia saat ini memang tak bisa lepas dari Internet. Kebutuhan informasi sampai alat tukar informasi, semuanya dapat dilakukan lewat Internet. Karena itulah kecepatan mengakses internet kini menjadi salah satu kebutuhan manusia.

Providerpun berbondong-bondong menjadi jasa penyedia layanan internet yang termurah sekaligus tercepat. Beberapa promo diluncurkan hingga kini kita mengenal teknologi 4G LTE. Teknologi ini kemudian di konversikan oleh banyak provider sebagai unggulan baru merk dagangnya.

Masyarakat pun kini juga ketagihan menggunakan teknologi ini. Kecepatan yang di tawarkan oleh Teknogi 4G membuat siapapun tertarik untuk menggunakanya. Apalagi bagi mereka yang memang menjadikan Internet sebagai suatu kebutuhan yang tak bisa dilepaskan sehari hari.

Tapi, bicara soal teknologi yang satu ini, tahukah kamu siapa penemunya? Nama Penemu Teknologi 4G LTE adalah Khoirul Anwar. Jika anda mengaggap bahwa nama tersebut familiar sebagai nama orang Indonesia, maka itu tepat sekali. Memang teknologi 4G LTE ini ditemukan dan di ciptakan oleh orang Indonesia. Oleh anak bangsa kita.

Khoirul Anwar adalah Pria asli Kediri. Ia bukan hadir dari keluarga yang serba berada. Bisa dibilang sejak kecil keluarga Anwar selalu kepayahan dalam hal ekonomi. Anwar kecil telah ditinggal ayahnya sejak kelas 6 SD. Tapi keenceran otaknya memang tak diragukan, karena itulah kemudahan-kemudahan selalu didapatkanya dalam bidang pendidikan. Salah satunya ketika ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan studi ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Dari ITB lah kesuksesanya dimulai.

Selesai menempuh kuliah di ITB, Anwar mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan sekolahnya di Jepang lewat beasiswa S2 dari Panasonic. Pria kelahiaran tahun 1977 itu bahkan kembali mendapat beasiswa dari salah satu perusahaan Jepang untuk melanjutkan studi ke S3.

Kini bersama istrinya yang bernama Sri Yayu Indriyani dan tika orang anaknya, Anwar tinggal di Naomi Ishikawa Jepang. Ya, memang saat inipun Anwar masih tinggal dan bekerja di Jepang. Akan tetapi dirinya tetap ingin untuk kembali pulang ke Indonesia.

Cerita Tentang Penemuan Teknologi 4G

Ada yang menarik sebetulnya dari latar belakang penemuan teknologi 4G tersebut. Awalnya Anwar tengah terdesak dalam mencari judul untuk penelitian agar dapat bisa mendapat dana riset. Anwar terpikir sesuatu. Dia terpikir soal jurus yang dimiliki oleh Son Goku tokoh utama dari serial anime Dragon Ball. Goku sering melakukan jurus Genkidama. Saat Genkidama itu dilakukan, Goku mesti menyerap tenaga dari seluruh elemen alam semesta sehingga mendapat tenaga yang luar biasa. Konsep itulah yang kemudian diturunkan formula matematikanya oleh Anwar. Kemudian inspirasi itu ia jadikan tema penelitianya yang berjudul “A Simple Turbo Equalization for Single Carrier Transmission without Guard Interval”. Setelah menurunkan formula matematikanya, Anwar meminta rekanya untuk membuat program. Ternyata metode tersebut memecahkan kesulitan transmisi nirkabel.

Kini teknologi 4G nya itu telah dipakai diseluruh dunia. Anwar juga telah matenkan temuanya itu dan telah digunakan oleh sebuah perusahaan elektronik di Jepang. Selain itu temuan anwar juga mendapatkan berbagai penghargaan seperti Best Paper untuk kategori Young Scientist pada Institute of Electrical dan Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC) 2010-Spring yang diselenggarakan pada tahun 2010, di Taiwan.  Saat ini Anwar juga bekerja sebagai Dosen di salah satu Universitas Jepang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here