Ublik. Sebuah negara akan aman jika militernya kuat. Betul, militer adalah pasukan terdepan untuk menghalau segala macam ancaman terhadap kedaulatan sebuah negara. Mereka dibekali kekuatan yang begitu ampuh untuk menjaga negaranya tetap utuh. Bukan cuma itu, kehadiran militer memang punya peran penting untuk menghadirkan perdamaian di seluruh dunia. Karena itu lah setiap negara belomba-lomba memiliki kekuatan militer yang kuat. Bukan sekedar untuk berperang, tapi juga untuk membuat negara lain segan. Sebab, di zaman ini, kemungkinan sebuah negara menyerang negara lain semakin muskil dilakukan. Adanya PBB dan semakin terbukannya dunia menjadi salah satu alasan. Tapi memiliki alusista yang kuat tetap harus dipenuhi setiap korps militer. Sebab, bisa jadi ada sebuah negara yang menyiapkan penyerangan secara diam-dian dan tiba-tiba menyerang. Jadi alusista yang kuat tetap penting untuk berjaga-jaga dan membuat negara lain segan untuk menyerang.

Indonesia sudah cukup dikenal dunia sebagai salah satu negara yang memiliki militer yang kuat. Bahkan di Asia Tenggara saja, bisa dibilang Indonesia yang paling terdepan. Karena itulah tidak heran jika militer kita cukup memiliki peralatan perang yang lengkap. Mulai dari senjata perang, pesawat tempur, kendaraan amphibi sampai tank baja. Nah, belum lama ini sebuah tank baja bernama Harimau Hitam diperkenalkan ke publik. Tank yang satu ini tergolong istimewa karena dibuat oleh anak bangsa Indonesia.

Pilihan Editor :

 

Harimau hitam pertama kali ditampilkan ke hadapan publik ketika para Tentara kita berlatih di pelabuhan pantai indah kiat, Cilegon Banten pada 1 Oktober kemarin. Sontak kehadiran tank berwarna hitam itu menjadi buah bibir di masyarakat. Bagaimana tidak, body tank yang gempal dan terlihat besar serta mengusung senjata meriam 105mm dan sensor-sensor canggih penunjang operasi membuat tak sedikit orang berdecak kagum. Mereka semakin terkesan ketika mengetahui jika kendaraan tempur yang gagah itu ternyata buatan Indonesia.

Tank Harimau Hitam sendiri di produksi oleh PT Pindad Indonesia, sebuah perusahaan pemerintah yang memang memiliki tugas untuk memroduksi peralatan juga perlengkapan militer Indonesia. Nah, dalam menggarap Tank Harimau Hitam tersebut, PT Pindad bekerja sama dengan FNSS Turki sebuah perusahaan yang juga memroduksi kendaraan tempur. Sebelumnya kerjasama antara Pindad dan FNSS sudah terjalin sejak setahun lalu. Tepatnya ketika acara Indonesia Defence 2016 berlangsung. Saat itu baik dari PT Pindad dan FNSS Turki telah bersepakat dan memberitahukan kepada publik soal rencana pembuatan Tank Harimau Hitam. Di acara yang berlangsung pada bulan November tahun lalu itu, Desain Tank Harimau Hitam juga sudah diperkenalkan ke publik.

tank canggih buatan dalam negeri
Gambar: Tank Harimau Hitam (Sumber: JakartaGreater.com)

Rencananya tahun depan Pindad dan FNSS Turki akan mulai melakukan produksi secara banyak. Hingga saat ini pesanan tank tempur yang gagah itu sudah mencapai lebih dari 100 unit. Karena itulah tahun 2018 mendatang produksi tank kelas medium tank ini akan semakin digenjot. Banyak kalangan menilai bahwa Tank Harimau Hitam ini akan semakin menambah daya dobrak TNI di mata militer lain di dunia. Selain Tank Harimau Hitam ini, beberapa alusista lain juga dinyatakan cukup lengkap, sehingga banyak negara cukup segan dengan kekuatan militer kita saat ini.

Dalam latihan yang dilakukan minggu lalu tersebut.  Beberapa pihak membagikannya  juga dalam akun media sosial. Hal ini kemudian semakin jadi perbincangan warganet yang menyaksikan video-video latihan militer Indonesia dengan Tank Harimau Hitam-nya itu. Selain Tank Harimau Hitam yang dipertampilkan, ada sejumlah alat tempur lain seperti Panser Tarantula, MLRS Astros II, Panser Kanon Badak, IFV Marder sampai Howitzer Swagerak Caesar 155mm dan MBT Leopard 2 Revolution RI.

Dengan adanya kekuatan dibanyak sisi pada militer kita. Tentunya kita mesti percaya jika keamanan dan kedaulatan Indonesia seharusnya akan selalu aman dan tetap terjaga. Selain itu kita juga semaki bisa percaya jika kedepan Militer-militer berseragam merah putih bisa datang ke negara-negara lain. Bukan untuk merampas atau menyerang. Melainkan menjalankan misi perdamaian. Seperti yang sudah tertuang pada pembukaan Undang-undang dasar yang berbunyi “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan” Dan tentara kita ada di garda terdepan untuk mewujudkan itu.

(Gambar Utama: http://radarmiliter.blogspot.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here