Wireless Fidelity atau yang biasa kita sebut dengan Wi Fi saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Maraknya Internet ditambah gandrungnya media sosial, membuat keberadaan Wifi publik yang gratis tentu saja di syukuri. Jelas saja, selain gratis. Berselancar internet menggunakan modal wifi juga terkadang membuat akses internet kita menjadi lebih cepat dan mudah. Karena itulah banyak tempat-tempat umum kini di pasangi Wifi untuk menarik minat warga. Sebut saja, Restoran, Hotel sampai pusat-pusat perbelanjaan modern berlomba-lomba memasang Wifi dengan koneksi yang kencang.

Tapi, apa rasanya ya, jika di tiap daerah disebuah negara memanjakan penduduknya untuk dapat menikmati sinyal wifi kapanpun dan dimanapun secara gratis. Adalah Negara Niue, sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik yang membiarkan masyarakatnya terpapar sinyal Wifi dimanapun mereka tinggal disetiap jengkal negaranya.

Patut diketahui jika negara ini adalah negara yang masih terbilang muda. Perserikatan Bangsa-bangsa baru mengakuinya sebagai negara pada tahun 1994. Lalu, bagaimana bisa sebuah negara baru dapat memberikan fasilitas canggih seperti wifi gratis untuk seluruh masyarakat dan turis yang berkunjung ke negaranya?

Tentu bisa, sebab negara yang masih berasosiasi secara bebas dengan Selandia Baru tersebut, hanya memiliki luas negara sebesar 260 Kilometer saja. Atau jika dibandingkan. Negara ini hanya  memiliki luas 1/3 dari luas Ibukota Jakarta yang memiliki luas 661 kilometer.

(Baca Juga : Fakta Takterduga Tentang Otak Manusia )

Karena itulah, negara yang berjuluk ‘Batu karang dari Polinesia’ ini dapat dengan mudah menyebar luaskan sinyal wifi keseluruh daerah negaranya. Selain itu, luasnya yang amat kecil menjadikan negara ini hanya berpenduduk 1.400 jiwa saja. Jadi untuk memenuhi kebutuhan internet masyarakat sehari-hari. Pemerintah setempat dapat memberikan akses internet yang mudah dan terjangkau juga terbuka 24 jam bagi penduduk setempat dan turis yang melancong. Kebijakan ini sudah ada sejak tahun 2003 dan membuat Niue menjadi negara pertama dengan akses wifi yang mencakup satu negara penuh.

Mata Uang Bergambar Pikachu

mata uang pikachu negara niue

Jika dibanyak negara lain, mata uang nya bergambar Pahlawan, bangunan bersejarah maupun keindahan alam. Beda halnya dengan di Negara Niue. Di negara ini tokoh monster lucu dalam serial kartun Pokemon-lah yang menjadi gambar dari salah satu uang yang tentu berlaku sebagai alat tukar

Negara yang masih dikepalai  oleh ratu Elizabeth II ini pada tahun 2001 menggunakan gambar Pikachu lengkap dengan tulisan pokemon dibelakangnya sebagai desain dari uang koin satu dollar Selandia Baru . Namun apabila koin dibalik. Kita akan menjumpai gambar lambang Negara Niue

Selain pikachu, negara yang letaknya 2400 kilo meter dari Selandia Baru itu juga pernah mengeluarkan desain mata uang bergambar Snoopy, Snow White sampai Star Wars. Ini dilakukan karena pemerintah setempat ingin koin-koin yang dijadikan mata uang dapat memeringati peristiwa khusus. Selain itu Pemerintah Niue juga berupaya agar setiap tahun dapat mengeluarkan desain mata uang yang baru.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here