Ublik3 Tempat Wisata Keren di Cirebon. Cirebon. Kota berjuluk Kota Udang ini tengah bersolek. Gembar gembor peningkatan Pariwisata membuat si kota udang ini kian hari kian ramai. Mengapa demikian? Begini, Cirebon barangkali bukan kota pariwisata. Di Kota ini tidak ada air terjun, tidak ada bukit-bukit hijau atau pertunjukan sunset seperti yang ditemui didaerah-daerah lain. Tapi, kota ini punya segudang wisata sejarah. Ada banyak bangunan-bangunan dengan nilai sejarah tinggi dari mulai zaman keraton, zaman kolonialisme sampai peninggalan setelah kemerdekan. Semuanya tersimpan cukup baik disini.

Bukan Cuma wisata sejarah, ada juga wisata-wisata lain yang tak kalah membuat siapapun yang datan melancong ke Kota ini menjadi senang. Mau tau apa saja? simak ringkasan kami tentang 3 Tempat Wisata Keren di Cirebon berikut ini:

1Keraton Kasepuhan

sumber: infocirebon

Ini adalah keraton paling populer di Cirebon. Bukan Cuma populer, tapi keraton ini juga sekaligus keraton tertua di Cirebon. Terletak di Kelurahan Kasepuhan, kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon, Keraton Kasepuhan akan memberikan suasana khas keraton yang pasti berbeda dengan keraton-keraton di kota lain seperti Jogja maupun Solo. Selain itu, kamu juga akan dapat menjumpai benda-benda bersejarah peninggalan Sunan Gunung Jati. Sosok paling berpengaruh di Kasepuhan. Saat ini Kasepuhan tengah berbenah diri, seakan ingin menyajikan hal yang terbaik dari Keraton Kasepuhan untuk masyarakat. Hanya saja, hingga saat ini kita masih bisa melihat pengemis yang terkadang meminta-minta kepada pengunjung dan cukup membuat pengunjung terkadang tidak nyaman.

2Cirebon Waterland

sumber: AsliCirebon

15 tahun lalu, tempat ini lebih dikenal dengan nama Taman Ade Irma Suryani. Sempat hits dan menjadi tempat wisata paling unggulan di Cirebon. Tetapi lama kelamaan tempat ini menjadi sepi. Berangsur-berangsur ditinggalkan dan bangkrut. tempat itupun di tutup. Lalu, belum lama ini tempat ini kembali dibuka. Di hias disana-sini diperbaiki dibanyak tempat sampai kemudian tempat ini sekarang menjadi pariwisata paling andalan di Cirebon. Salah satu yang menjadi daya tarik dari tempat ini adalah deretan cottage yang berdesain sangat ciamik. Nah, barangkali si cottage ini lah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk dapat berfoto didepanya. Selain itu ada juga restoran dengan desain kapal pesiar. Apalagi karena tempat ini berada di pesisir pantai membuat suasana disini begitu indah. Apalagi ketika sore hari. Keindahan cottage-cottage ini akan terpancar sinar matahari sore yang akan menambah betapa kerennya tempat ini. Saat ini namanya telah berganti dari Taman Ade Irma menjadi Cirebon Waterland yang beralamat di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Lemah Wungkuk, Kota Cirebon.

3Taman Air Gua Sunyaragi

sumber: blogger.com

Jika ingin melihat Cirebon dari sudut pandang Zaman keraton. Maka kamu harus ke Taman Air Goa Sunyaragi. Jangan salah, walau namanya gua. Tempat ini bukan gua sungguhan yang berada di alam. Gua ini adalah gua buatan. Gua yang dibuat pada zaman kejayaan Keraton Kasepuhan. Dahulu, gua ini dibuat untuk tempat semedi para Sultan.

Di Taman Air Gua Sunyaragi ini terdapat lebih dari satu gua. seperti Goa Langse, Goa Padang Ati ataupun Goa Peteng. Terlebih lagi di hampir seluruh tempat ini memiliki relif mega mendung. Sebuah corak yang sangat khas dari Cirebon. Selain itu, tempat ini juga sering sekali menggelar acara-acara kebudayaan besar yang berskala nasional sampai internasional. beberapa tokoh budaya juga sering berkunjung ke sini. Untuk sampai ke Taman Air Gua Sunyaragi bisa dibilang aksesnya cukup mudah, gua ini terdapat di jalan by pass Brigdjen Dharsono kota Cirebon. Setiap orang dari luar kota yang melintas Kota Cirebon hampir pasti melewatinya. Jadi, kalau kamu melintasi Kota Cirebon, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini.

Cirebon digadang-gadang menjadi kota metropolitan baru di Jawa Barat. Meski termasuk kota barang dan jasa, industri wisata kota ini memang tengah tumbuh dengan cepat. hotel-hotel dari kelas biasa hingga megah sudah mulai dibangun dengan sangat cepat. Selain itu dibukanya tol Cikampek Palimanan (Cipali) semakin memudahkan orang-orang untuk hadir ke sini. Apalagi jika Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka diresmikan. Maka akses menuju Cirebon seakan tak lagi terbatas.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here