FeaturedJiwa Muda

Kamu Bisa Membuat Kota di Masa Depan Dengan Pilih 5 Jurusan Kuliah Ini

Pernahkah kamu berpikir ingin membuat kota di masa depan sesuai dengan apa yang kamu mau? Mungkin kalau sekarang kamu hanya bisa membuat kota tersebut dalam bentuk virtual melalui game MineCraft, SimCity, maupun dan lain sebagainya. Dengan hobi membuat map sendiri, sudah terlihat kalau kamu itu punya cita-cita membuat kota yang pastinya layak huni di masa depan sesuai dengan ide pikiran kamu.

Sebenarnya kamu yang memiliki hobi mengubah dunia dengan membuat struktur kota yang layak huni tersebut sangat berguna bagi negara ini untuk kedepannya. Dengan semakin banyak gedung-gedung pencakar langit, bukankah kamu juga ingin membuat gedung pencakar langit dengan gaya yang berbeda?

Pilihan Editor:

 

Jika kamu memiliki hobi seperti itu maka kembangkanlah, karena hobi kamu tersebut sangat berguna bagi masa depan. Tentunya yang bisa dipercaya untuk mengubah gaya suatu kota adalah ahli di bidangnya.

Nah, untuk kamu bisa dipercaya sebagai ahli menata ruang suatu kota, yang kamu perlukan adalah pendidikan disana. Sekarang sudah ada setidaknya 5 jurusan kuliah tata kota dan desain bangunan yang bisa kamu pilih apabila kamu bercita-cita untuk mengubah kota menjadi yang lebih layak huni dan lebih modern.

1. Arsitektur

Jurusan Kuliah Tata Kota
Arsitektur Via: academicindonesia.com

Nah, kalau ini merupakan jurusan yang sangat populer bagi pecinta gambar bangunan. Ingin jadi arsitek pasti pilihnya jurusan Arsitektur. Tapi yang tidak banyak diketahui orang, sebenarnya jurusan ini hanya berfokus pada perencanaan­­ desain bangunan. Tentunya jika ingin kuliah di jurusan ini, pastikan kalian memiliki keterampilan dalam merancang bangun. Atau setidaknya kalian sudah pernah sekolah jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) sewaktu SMK. Dengan keterampilan merancang bangunan, kamu bisa membangun desain gedung sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

2. Teknik Sipil Kontruksi Bangunan

jurusan kuliah tata kota
Teknik Sipil Via: civilarc.com

Masih berbicara tentang membangun bangunan, kini ada jurusan kuliah yang namanya Teknik Sipil Konstruksi Bangunan. Kalau Arsitektur tadi berfokus pada perencanaan dan perancangan gedung, kalau Teknik Sipil Kontruksi Bangunan ini memastikan bahwa kontruksi bangunan tersebut kuat, dan pastinya tidak mudah roboh ketika diterpa angin, maupun ketika ada bencana alam sekalipun. Kalau kamu kuliah jurusan ini, kamu bisa tahu kontruksi yang bagaimana agar suatu bangunan menjadi kokoh. Untuk menciptakan bangunan yang kamu mau, bukankah kamu juga harus tau bagaimana caranya agar bangunan itu kokoh bukan? Jangan sampai setelah dibangun dengan desain bagus banget, eh, kena angin dikit jatuh.

3. Teknik Sipil Bidang Manajemen dan Rekayasa Konstruksi (MRK)

jurusan kuliah tata kota
Teknik Sipil Bidang manajemen dan Rekayasa Konstruksi Via: protothema.gr

Sama-sama jurusan Teknik Sipil, tapi apa hayo bedanya sama yang tadi? Nah kalau Teknik Sipil Bidang Manajemen dan Rekayasa Konstruksi atau yang disingkat MRK ini kamu akan diajarkan bagaimana mengatur dan mengelola kegiatan konstruksi sebuah proyek. Biasanya akan berkaitan dengan aspek biaya, mutu, dan juga pastinya ketepatan waktu dalam membangun sebuah bangunan. Kalau yang tadi berfokus kepada kontruksinya, kalau Teknik Sipil MRK ini berfokus pada prinsip yang harus dicapai agar dalam kegiatan kontruksi bangunan bisa berjalan dengan baik. Atau mungkin lebih tepatnya manajemen di Teknik Sipil mungkin ya.

4. Teknik Lingkungan

jurusan kuliah tata kota
Teknik Lingkungan Via: planopedia.com

Mendengar nama jurusannya saja pastinya kalian sudah tahu jurusan ini tentang apa. Pastinya jurusan Teknik Lingkungan ini menganalisis faktor lingkungannya sebelum membuat suatu bangunan maupun menata kota. Biasanya lulusan Teknik Lingkungan ini bertugas mulai dari konstruksi dan perancangan, operasional instalasi, fasilitas pengelolaan, dan pastinya menganalisis lingkungannya itu sendiri, yang pastinya jurusan ini harus peduli terhadap lingkungan, dan mengerti tentang lingkungan.

5. Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

jurusan kuliah tata kota
Jurusan Tata Kota Via: retnokartikasari717.blogspot.com

Kalau empat jurusan di atas lebih ke bagaimana membuat suatu bangunannya, kalau jurusan PWK ini untuk tata kota agar lebih indah, teratur, dan pastinya adalah layak huni. Kamu kuliah jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ini akan diajarkan bagaimana menciptakan dan menganalisis kelayakan lokasi untuk lebih layak huni. Biasanya lulusan PWK ini juga dipercaya untuk merencanakan pembangunan properti, baik perumahan, pertokoan, perkantoran, dan lain sebagainya. Kalau di sekitar kamu banyak ruko-ruko, sebelumnya pasti lulusan PWK inilah yang merencanakan karena disana cocok dibangun ruko.

Sebenarnya siapa sih yang tidak senang apabila kotanya tertata dengan rapi, bangunan didesain dengan indah dan kokoh, masyarakatnya nyaman, aman, dan sejahtera. Jika menurut kamu daerah sekitar kamu kurang layak huni, atau sudah terlalu sesak, maka kamulah yang harusnya mulai bertindak untuk menciptakan perubahan itu. Dengan berkuliah mengambil salah satu dari lima jurusan kuliah tata kota di atas, setidaknya bisa membuatmu berkontribusi untuk membangun kota yang lebih layak huni.

(Sumber Gambar Utama : beritadaerah.co.id)

Tags

Jarot Triguritno

Mahasiswa Teladan | Generasi Z | Ceritanya Blogger

Related Articles

Hey there!

or

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…

Close