Jaman kini sudah mulai berubah, segala yang tadinya dikerjakan secara ribet kini berubah menjadi lebih mudah. Alasanya? sudah tentu karena perkembangan teknologi yang makin hari makin memudahkan. Apalagi dunia internet. Dunia yang satu ini seakan tak mengenal batas, hampir semua perusahaan kini membuat website khusus perusahaannya sebagai bentuk penyesuaian jaman. Tapi, ada juga perusahaan yang memang bergerak dan bergerilya dibidang internet dan teknologi. Menawarkan berbagai kemudahan lewat sentuhan teknologi. Nah, perusahaan-perusahaan itulah yang kemudian hari disebut startup. Meski demikian startup sesungguhnya berarti perusahaan baru yang tengah berkembang, setidaknya perngertian itu bisa kita lihat di wikipedia. Tapi, saat ini kata starup lebih cocok dihubungkan dengan sebuah perusahaan digital yang memiliki karakteristik untuk memudahkan seseorang. Baik dalam hal belanja, bertransportasi sampai pada liburan.

Nah, saat ini di Indonesia sendiri, startup-startup mulai bermunculan. Seperti jamur dimusim penghujan setiap hari nampaknya kita dapat terus melihat inovasi dari anak-anak Indonesia dalam mengembangka pikirannya dan kemudian menelurkan sebuah ide baru berbentuk startup. Kita tentu tak asing dengan website-website seperti tokopedia, bli-bli.com, bukalapak, Go-jek atau juga traveloka. kesemuannya adalah startup karya anak negeri. Dan tak disangka, karya-karya itu juga merajai ditanah sendiri. Bukan cuma itu, kini kita juga dapat mengetahui jika sebetulnya startup buatan Indonesia menjadi salah satu yang terbesar sekaligus terbaik se-dunia.

Pilihan Editor :

Sebuah situs khusus bernama starturangking.com membuktikan hal tersebut. dari situs buatan Peru itu kita bisa lihat startup-startup mana saja yang kini jadi raja diseluruh dunia. Kalau kita lihat saat ini Amerika masih menjadi raja dari industri ini. Setidaknya kita dapat melihat tiga startup tertinggi saat ini adalah produk dari negara Paman Sam itu. Di posisi pertama dunia ada Airbnb sebuah situs menyewakan rumah dan tempat tinggal yang memungkinkan seseorang untuk dapat menginap sementara disana. Di posisi ke dua ada Medium, sebuah situs untuk berbagi cerita dan pengalaman. Posisi ketiga ada Uber. Yap, orang Indonesia pasti tahu betul dengan aplikasi satu ini. Uber adalah aplikasi penyedia transportasi online yang jaringanya sudah sangat meluas.

Tokopedia “Jagoan” Startup Indonesia

Lalu, dimana posisi startup-startup Indonesia? Masih dalam situs yang sama, kita akan menemukan startup pabrikan dalam negeri di posisi ke 32 dunia. Startup tersebut adalah Tokopedia. Betul saat ini di Indonesia sendiri, Tokopedia menjadi raja dan menempati posisi pertama. Startup garapan Wiliam Tanuwijaya ini menjadi salah satu toko online paling populer di Indonesia.

Di posisi kedua untuk wilayah Indonesia sendiri, ada Bukalapak. Situs yang selalu punya iklan kocak ini juga sama dengan Tokopedia sebagai toko online yang dapat membuat nyaman para pembeli sekaligus penjual. untuk ranking dunia Bukalapak menempati posisi ke 45. Diposisi ke tiga masih di isi dengan startup dengan basis belanja online. Ada blibli.com diperingkat ke tiga Indonesia dan 60 dunia. Posisi ke empat ada Traveloka sebagai situs pesan tiket dan pesan hotel paling populer di Indonesia. Traveloka sendiri menempati posisi ke 74 dunia. Di posisi 5 ada situs belanja online lagi bertajuk blanja.com, situs ini menempati peringkat 85 dunia.

Indonesia Paling Produktif di Asean

Prestasi startup Indonesia memang cukup membanggakan. Ini menunjukan jika kreasi anak-anak dalam negeri kita sudah cukup bersiap menghadapi jaman yang akan datang. Website startuprangking.com juga membaritahukan kita negara-negara mana saja yang cukup produktif menghasilkan startup.

Dari sejumlah negara di dunia. Indonesia ternyata berhasil menduduki peringkat ke tiga dunia dengan jumlah startup Indonesia yang terdaftar mencapai 1.565 startup. Indonesia ada di bawah India di posisi ke dua dengan 3.936 startup dan Amerika dipuncak peringkat dengan jumlah startup sebanyak 37.485. Tentu Amerika akan sulit dijangkau oleh negara-negara lain dengan banyaknya startup yang mereka hasillkan.

Tapi, kita tentu patut bangga mengetahui bahwa Indonesia berada di posisi 3 dunia. Jumlah startup Indonesia jauh mengungguli negara tetangga lain seperti Malaysia yang hanya menempati posisi 41 dengan hanya memiliki 113 startup saja. Satu-satunya negara anggota ASEAN yang paling dekat dari Indonesia adalah Singapura dengan jumlah startup 306 dan berada pada peringkat 19 dunia.

jumlah startup indonesia terbanyak ke 3 didunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here