Ublik – Kegiatan Menarik di Hari Kemerdekaan. Bagi setiap negara di dunia termasuk Indonesia, peringatan hari kemerdekaan adalah salah satu momen paling penting yang perlu dirayakan setiap tahun. Perayaan yang dimaksud disini tidak hanya bersifat seremonial berupa upacara yang berlangsung selama beberapa jam saja, tapi juga tentang bagaimana memaknai kemerdekaan itu.

Kita memang tidak ikut terlibat langsung dalam merebut kemerdekaan, tapi setidaknya kita bisa mengenang dan meneladani semangat perjuangan para pahlawan di masa silam. Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan, khususnya di peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, tentu kita bisa melihat betapa sebenarnya banyak sekali hal yang bisa dilakukan.

Lebih dari itu, sebagai generasi penerus yang dinantikan kontribusinya, di titik tertentu pasti pernah bertanya: “Bagaimana caranya memberi kontribusi untuk negeri?” Dan ketika dengan bantuan mesin pencari di internet kemudian kita berhasil mendapat inspirasi tentang ‘Apa yang bisa saya lakukan?’, pertanyaan berikutnya adalah: “Mulai dari mana?” Disadari atau tidak, ini adalah pertanyaan setiap individu dan merupakan salah satu PR seumur hidup. Nah, daripada pusing berpikir tentang hal-hal abstrak, lebih baik kita lihat beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan untuk mengisi hari kemerdekaan.

 

Upacara Bendera dan Aneka Lomba

Kegiatan menarik di Hari Kemerdekaan
Sumber: loop.co.id

Upacara bendera dan aneka lomba menjadi agenda wajib dan merupakan satu paket yang tidak terpisahkan dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan, di mana masing-masing punya tujuan tersendiri. Ketika masih sekolah, momen upacara adalah hal yang biasa dilakukan setiap siswa. Saat sudah bekerja pun, sebagian kantor dan instansi juga mengadakan upacara di hari-hari besar kenegaraan, khususnya saat bertepatan tanggal 17 Agustus.

Tapi sudahkah kita menghayati apa arti dari kegiatan upacara bendera? Berbaris teratur di bawah terik matahari memang membuat tidak nyaman, sehingga banyak yang mengeluh saat upacara. Lalu apakah kita pernah mencoba untuk membayangkan beratnya perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah? Tentu panas matahari tidak ada apa-apanya. Manfaat lain dari upacara adalah meningkatnya rasa nasionalisme. Bayangkan saja iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya bersamaan dengan naiknya bendera merah putih. Pelaksanaan upacara yang khidmat juga akan membuat setiap peserta merasakan atmosfer yang begitu sakral.

Kegiatan menarik di Hari Kemerdekaan
Sumber: avax.news

Sementara itu, bagaimana dengan aneka lomba? Lebih dari hadiah-hadiah unik yang disediakan, lomba-lomba mainstream seperti panjat pinang, lari sambil membawa gundu, balap karung, memasukkan pensil ke dalam botol, makan kerupuk dan sebagainya adalah cara yang mudah untuk menyatukan masyarakat yang mungkin sehari-harinya sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Kerja Bakti di Lingkungan Warga

Kegiatan menarik di Hari Kemerdekaan
Sumber: unnes.ac.id

Selain upacara dan aneka lomba, kerja bakti di lingkungan warga setiap daerah juga termasuk wujud nyata mengisi kemerdekaan. Bahkan sejak SD pun kita sudah tahu kalau gotong royong seperti itu adalah salah satu bentuk pengamalan Pancasila. Kebersamaan mewujudkan lingkungan yang bersih dan tertata juga bisa jadi cerminan kultur masyarakatnya yang bermartabat. Yang menambah semangat adalah ketika kebersihan itu dilombakan antar daerah, sehingga ini bisa menambah semangat masyarakat yang melakukannya.

Foto Bertema Kemerdekaan

Beberapa Hal Ini Patut Kalian Coba Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia
Sumber : sejuta-tips.blogspot.com

Berbagai macam brand rutin memberi kesempatan buat anak-anak muda untuk eksis sekaligus ikut meramaikan kemerdekaan melalui foto mereka. Caranya adalah mengadakan kompetisi untuk masyarakat yang hobi fotografi. Dengan dukungan internet, entah itu foto selfie atau foto dengan objek tertentu lalu mengunggahnya di akun media sosial, maka aktivitas ini bisa ‘menceritakan’ kemerdekaan kepada khalayak luas.

Merayakan Kemerdekaan sambil Travelling

Beberapa Hal Ini Patut Kalian Coba Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia
Sumber : trevelsia.com

Setiap tahun pasti ada saja berita tentang upacara-upacara yang diadakan tidak di lapangan, melainkan di alam bebas seperti di puncak gunung atau di dasar laut. Beberapa pencinta alam memilih mengumandangkan Indonesia Raya di puncak Gunung Bromo. Sementara itu, tanpa harus ikut melakukan seremoni upacara, sebagian orang bisa pergi ke tempat bersejarah, dan ini tidak mengurangi esensi kemerdekaan itu. Kamu bisa melakukannya bersama teman atau keluarga, sekaligus untuk menciptakan kebersamaan bersama keluarga di hari kemerdekaan dengan mengunjungi tempat bersejarah di daerah sekitarmu.

 

Merayakan Kemerdekaan Sambil Bekerja

Beberapa Hal Ini Patut Kalian Coba Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia
Sumber : inisehat.com

Tanggal 17 Agustus memang tanggal merah dan menjadi hari libur buat sebagian besar pegawai di Indonesia. Tapi tidak demikian dengan pekerja informal, misalnya nelayan yang tetap mengerjakan aktivitas seperti biasa. Seperti tahun lalu, ada sekelompok nelayan di pesisir utara Jawa yang memilih melaut dengan membawa bendera masing-masing. Merayakan kemerdekaan sambil bekerja atau sebaliknya bekerja sambil merayakan kemerdekaan juga bisa kita lihat di sekitar lapangan upacara, di mana banyak penjual makanan dan minuman untuk para peserta yang selesai upacara.

Menulis Bertema Kemerdekaan

Kegiatan menarik di Hari Kemerdekaan
Sumber: stocksnap.io

Sudah bukan rahasia lagi kalau tulisan itu pengaruhnya bisa lebih besar dari senjata apapun karena buah pikiran itu bisa mempengaruhi banyak orang sekaligus. Meskipun sering kali pengaruh itu bersifat tidak langsung, tapi tentunya setiap hal inspiratif yang memberi semangat itu bisa tersebar energinya ketika hal itu dituliskan. Setiap momen perayaan hari kemerdekaan, timeline media sosial pasti ramai dengan tulisan orang-orang, mulai dari artikel renungan, puisi atau narasi sehubungan dengan kemerdekaan Indonesia sampai informasi unik tentang suasana perayaan kemerdekaan di luar negeri.

 

Promo Diskon Besar-besar di sejumlah Pusat Perbelanjaan

Beberapa Hal Ini Patut Kalian Coba Untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia
Sumber : infobandung.com

Nah, yang satu ini pasti banyak sekali diburu oleh sejumlah warga masyarakat pemburu diskon. Walaupun sebenarnya orang yang berbelaja sebenarnya hanya ingin belanja saja dengan harga lebih murah. Begitu juga dengan si penjual yang mungkin hanya memanfaatkan momen. Kenyataannya, tanpa harus memikirkan kontribusi serius untuk negara, promo diskon ini ternyata bisa juga menjadi bentuk kontribusi penting untuk negara karena ikut menggerakkan perekonomian. Bagi mereka yang aktif berbisnis tentunya ada keuntungan tersendiri selain memenuhi kebutuhan masyarakat juga dapat mengurangi satu beban negara yaitu menyediakan lapangan kerja.

Itulah macam-macam hal yang bisa dilakukan sebagai wujud semangat nasionalisme pada tanah air dalam rangka mengisi kemerdekaan. Bagaimana dengan aktivitasmu tahun ini? Pastikan kamu menggunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat. Meskipun tidak lagi angkat senjata, hal kecil pun bisa memiliki arti penting ketika bisa memaknainya.

 

(Sumber Gambar Utama : naningisme.wordpress.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here