Apakah kamu sudah punya pasangan? Syukurlah kalau sudah. Kalau belum juga tak masalah, toh semua ada masanya. Bukankah masa-masa sendiri adalah momen yang tepat untuk persiapan dan memantaskan diri? Urusan jodoh memang menjadi salah satu hal paling misterius dalam hidup. Meskipun pada akhirnya, kita akan kembali pada satu kesimpulan: semuanya sudah ada yang mengatur. Atau begini, barangkali kita mau sejenak menghayati kutipan yang menggelitik ini: “Buku di tangan kiri, kopi di tangan kanan, jodoh di tangan Tuhan.” Jangan lupa kalau masih ada lanjutannya: “Restu di tangan orang tua.” Ehm. Bagaimana menurutmu?

Konon, berurusan dengan calon mertua memang susah-susah gampang.  Di saat sebagian orang tua mempercayakan pilihan bebas sepenuhnya kepada anaknya, ada juga orang tua yang memiliki kriteria tertentu tentang menantu idaman. Tidak dipungkiri, orang tua di Indonesia cenderung lebih suka calon menantu yang karirnya sudah pasti, terjamin, memiliki tunjangan kesehatan, saat pensiun masih bisa tetap punya penghasilan, dan kriteria lainnya yang dianggap mapan. Orang-orang seperti itu memang menjadi daya tarik tersendiri.

Pilihan Editor:

 

Katakanlah profesi PNS, dokter, polisi, bankir, pegawai BUMN, atau profesi lain yang notabene merupakan simbol kemapanan. Profesi itu dianggap menjanjikan karena penghasilannya yang pasti. Tapi, bukankah rezeki bisa datang dari mana-mana? Belum lagi soal kompetisi memasuki dunia kerja, mengapa semua orang harus berjuang di jalur yang sama dengan menjadi pegawai? Di saat kebanyakan anak muda sibuk mencari kerja, sebagian yang lain pun sibuk merintis usaha yang nantinya bisa memberi peluang kerja bagi orang banyak. Mereka adalah entrepreneur muda, dan inilah 7 alasan mengapa entrepreneur muda adalah calon menantu idaman.

1. Mandiri dan Bisa Diandalkan

Karena berumah tangga berarti sudah lepas tanggung jawab orang tua, maka sifat mandiri adalah yang utama. Ini juga menjadi sifat yang mendasar dari seorang entrepreneur. Mereka adalah orang yang tidak menggantungkan diri kepada orang lain terkait penghasilannya. Nah, calon mertua mana yang tidak bangga memiliki menantu yang bisa mengasilkan pendapatan melalui bisnis yang dikembangkan melalui hasil jerih payahnya? Selain mandiri, mereka juga bisa diandalkan, entah itu untuk bekerjasama, mencukupi kebutuhan, sampai menangani konflik.

2. Visioner dan Tahan Banting

Putri Tanjung, salah satu Entrepreneur Muda
Putri Tanjung, salah satu Entrepreneur Muda (Sumber: Hai)

Yang namanya hidup ‘kan pasti ada yang diperjuangkan dan dicapai. Nah, sikap visioner akan membuat seseorang megerti apa yang sebenarnya ingin dicapai dalam hidupnya, saat masih sendiri atau berpasangan. Visi yang kuat itu membuat mereka selalu bersemangat. Saat mengalami kendala di tengah jalan pun entrepreneur muda tidak akan menyerah karena mereka tahan banting.

3. Berani Mengambil Risiko dan Tantangan

Keberanian mengambil risiko dan tantangan mestinya jadi nilai plus tersendiri di mata orang tua si calon. Mengapa harus berani mengambil risiko? Kita tahu bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang besar pastilah ada pengorbanan yang besar pula. Satu hal yang perlu dipahami adalah: penghasilan besar itu dimulai dari memiliki mental yang tepat. Siapa ‘sih yang tidak ingin kaya atau memiliki penghasilan besar dimulai dari usia muda?Mentalitas kaya bisa terbentuk salah satunya karena seseorang biasa mengambil risiko menghadapi tantangan.

4. Bisa Menjadi Pemimpin yang Baik

Entrepreneur Muda Yasa Singgih
Yasa Singgih salah satu wirausahawan muda (Sumber: Tribunnews.com)

Profesi entrepreneur tidak terlepas dari karakter kepemimpinan. Karena mereka bekerja dalam tim, tentunya setiap entrepreneur perlu memiliki sifat kepemimpinan yang kuat. Poin ini penting bagi laki-laki. Kalau memimpin timnya bisa, begitu juga memimpin rumah tangganya.

5. Pandai Mengatur Keuangan

Apapun bidang usahanya, aspek keuangan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari pekerjaan entrepreneur. Keberhasilan bisnisnya paling mudah diukur dengan angka-angka omset dan profit setiap bulannya. Rumah tangga, sebagaimana bisnis, juga butuh kepandaian dalam mengatur keuangan. Poin ini penting bagi para perempuan yang notabene ‘menteri keuangan’ di kleuarganya.

6. Jeli Melihat Peluang

Kita semua boleh lantang berbicara soal impian di masa depan. Pertanyaannya: bagaimana cara mencapainya? Dengan menjadi entrepreneur di usia muda, berarti terbiasa dengan kejelian melihat peluang. Peluang itu sendiri bisa didapat dari mana saja, bahkan dari aktivitas di media sosial. Inilah mengapa saat ini bisnis online begitu pesat perkembangannya. Sikap jeli melihat peluang ini juga terkait dengan bagaimana dirinya memperhatikan hal-hal kecil di sekitarnya, mulai dari siapa yang butuh produk atau jasanya, bagaimana aktivitas kompetitor, sampai bagaimana traffic media sosialnya. Kalau traffic media sosial saja diperhatikan, apalagi kamu?

7. Tumbuh Bersama, Tidak Banyak Drama

Kenyataannya, tantangan hidup memang tidak mudah. Keputusan untuk memiliki pasangan pun diikuti oleh serentetan tanggung jawab di baliknya. Berbeda dengan remaja yang menjalani cinta monyet, seiring berjalannya waktu, orientasi itu berubah. Partner hidup bagi entrepreneur muda adalah teman untuk tumbuh bersama. Karena sudah memiliki cita-cita besar, jadi hidupnya sudah tidak banyak drama. Konflik-konflik rumah tangga pun dianggap wajar adanya, sebagai pemanis saja.

Itulah 7 alasan mengapa entrepreneur muda adalah menantu idaman. Yang pasti, profesi ini tidak mengenal kata pensiun. Sampai tua pun, kamu masih bisa merasakan hasil dari jerih payahmu yang diwariskan ke anak cucu, asalkan tekun dan ulet dalam menggeluti usahamu.

Untuk menjadi entrepreneur muda yang sukses, tentunya tidak bisa bergerak sendiri, melainkan ada dukungan dari banyak pihak seperti tim yang solid, konsumen loyal, komunitas entrepreneur, maupun lembaga pelatihan atau konsultan bisnis. Mau membangun bisnismu sendiri? IBizCOACH (Indonesia Business Coaching) adalah lembaga pelatihan bisnis yang siap mendukungmu untuk berkembang. Lembaga yang berpusat di kota Solo ini menyediakan banyak program pelatihan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan bisnismu. Info lebih lanjut bisa klik di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.