Rutinitas enam hari selama seminggu, sering membuat kita lelah. Semakin lama membuat kita pusing-pusing, kalau tidak segera diatasi akan membuat kita jatuh sakit. Itulah mengapa banyak sekali orang pergi wisata, jalan-jalan, karena melakukan sesuatu yang berbeda dapat membuat pikiran kita lebih rileks.

Tak perlu pergi jauh-jauh ke luar kota, untuk yang berada di kota Purwodadi, kamu bisa menikmati banyak tempat wisata di Purwodadi yang tidak kalah seru dan menarik. Sekadar informasi, Purwodadi adalah ibukota Kabupaten Grobogan yang terletak di Jawa Tengah bagian timur. Inilah 4 tempat wisata di Purwodadi yang menarik untuk dikunjungi:

Pilihan Editor :

1. Taman Hijau Kota Purwodadi

Taman Kota (Sumber: widoajiwibowo.info)

Yak! inilah wisata pertama yang sering dikunjungi akhir-akhir ini, karena letaknya di tengah kota, dan tidak perlu biaya masuk. Cukup sediakan uang parkir jika membawa kendaraan pribadi. Tapi, biasanya saat hari Minggu, taman kota ini penuh pengunjung. Banyak orang tua yang mengajak anak mereka kesini, atau para remaja. Bahkan, terkadang ada beberapa anggota klub atau organisasi juga.

Lokasi Taman Hijau Purwodadi ini ada di Jl. Dr. Soetomo, belakang Rumah Sakit Islam. Kekurangan taman kota ini hanya dibagian minimnya pohon-pohon rindang yang meneduhkan kita saat mengeksplorasi taman setelah jam sembilan pagi ke atas, selain itu semuanya sudah oke, ada gazebo, jogging area, tempat bermain anak-anak, lapangan basket, dan kamar mandi. Bersyukur Purwodadi punya Taman Hijau, karena wisata ini baru saja jadi tahun lalu, masih anget-anget. Yap, semoga Taman Hijau Kota Purwodadi semakin baik ke depannya.

2. Wisata Air Terjun Widuri

air terjun Widuri (sumber: inspire_aziz@yahoo.com)

Air terjun Purwodadi punya tempat yang tersembunyi membuat wisata satu ini masih sepi, padahal tak kalah menarik dengan wisata air terjun di kota lain. Airnya sangat jernih dan dingin, air terjunnya memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Dan kamu akan dimanjakan dengan suara air terjun yang menenangkan, sensasinya akan membuatmu lupa dengan segala kepenatan, dan pulang dengan kepala yang segar kembali.

Sebaiknya, untuk mengunjungi wisata ini kita menggunakan kendaraan beroda dua, karena letaknya di tengah hutan jati. Lokasinya sendiri ada di Desa Dokore, Kecamatan Tawangharjo. Fasilitas yang bisa kita dapatkan adalah: area parkir, mushola, dan tentu saja kamar mandi.

3. Air Terjun Gulingan

air terjun Gulingan (Sumber: KSMTour.com)

Sesuatu yang indah pasti selalu tersembunyi, perlu tenaga ekstra untuk mendapatkannya. Tapi, setelah melalui perjalanan yang panjang penuh perjuangan, kita akan disambut dengan Air Terjun yang bersumber dari tiga mata air ini. Ada juga beberapa sumber yang mengatakan kalau air terjun ini bukan bersumber dari mata air, melainkan dari air hujan, maka saat musim kemarau kita tidak akan menemukan tiga air terjun yang ada di Gulingan.

Memang, perjalanannya memakan waktu dan menghabiskan tenaga, tapi setelah sampai kamu akan merasa, “Wah, nggak sia-sia” lalu tersenyum lega, bahkan tidak sabar untuk berenang atau menyentuh air yang berjatuhan dari atas itu.

Untuk sampai ke Air Terjun Gulingan ini kamu akan melewati Gua Macan dan Gua Lawa lho. Bayangkan, semua perjalanan itu akan terbayar tuntas dengan paket wisata yang mempesona. Lokasi wisata ini sendiri ada di Dusun Sandi, Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan yang tentunya ada di Provinsi Jawa Tengah.

4. Alun-alun Purwodadi

Alun-alun Kota (Sumber: Singgih Arfianto, YouTube)

Ini dia tempat wisata yang terakhir, Alun-alun Purwodadi, tempat bersantai paling seru untuk pagi, sore, dan malam hari, di hari biasa maupun hari libur. Apalagi setelah proyek revitalisasi senilai Rp. 10,3 miliar beberapa bulan lalu selesai.

Alun-alun Purwodadi ini setiap pagi menjadi tempat untuk berolahraga apalagi setiap hari jum’at, pegawai negeri banyak yang berolahraga di sana, juga banyak sekali penjual sarapan mulai dari bubur sampai sego pecel. Kalau sore, cocok untuk santai sambil jajan makanan ringan. Di malam hari ini yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang, salah satu yang dinantikan adalah becak lampu atau becak cinta. Kendaraan beroda empat ini berfungsi sebagai alat rekreasi mengitari alun-alun. Tidak hanya itu, hiburan untuk anak-anak juga tersedia di sana, jajanan yang enak-enak sampai warung makan.

Yang paling penting adalah area parkirnya luas, dan dekat dengan masjid, tepat di bagian barat alun-alun ada masjid. Alun-alun Purwodadi ini tempat yang sangat strategis. Kalau kamu belum tahu di mana letaknya, bisa buka google maps ya.

Itu tadi yang membuat Alun-alun Purwodadi ramai setiap hari, wisata murah yang asik, anak kecil sampai dewasa bisa menikmati fasilitas yang ada. Kabarnya, Alun-alun Purwodadi akan ditambahi lampu hias dan tanaman lagi di bulan Oktober ini.

Nah, itu tadi 4 tempat wisata menarik dan keren yang ada di Purwodadi. Kamu bisa mendatanginya satu per satu, bermain air sepuasnya, berfoto sepuasnya. Rilekskan pikiran setelah melakukan rutinitas monoton yang seringkali membuat kita jenuh dan pusing. Selain itu, dengan berwisata dan mengenal wisata lokal, kamu juga mengenalkannya pada dunia bahwa Purwodadi punya wisata keren yang tersembunyi.

 

(Sumber Gambar Utama: widoajiwibowo.info)

Editor: Restia Ningrum