Tak bisa dimungkiri bahwa internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern. Hampir di semua sendi kehidupan, internet menjadi bagian penting. Nyatanya, internet tak hanya diperlukan oleh orang dewasa untuk memudahkan komunikasi dan pekerjaan, tetapi juga dibutuhkan oleh para pelajar guna menunjang proses perkembangan informasi dan pembelajaran.

Namun sayangnya, meski saat ini perkembangan dunia digital dan telekomunikasi sudah sangat baik, kemampuan dan kesempatan untuk mengakses internet masih belum merata. Masih banyak wilayah di Indonesia yang belum mampu merasakan manfaat internet ini.

Berangkat dari fakta tersebut, salah satu provider kenamaan Indonesia XL Axiata kembali menelurkan inovasi yang bertajuk Gerakan Donasi Kuota (GDK). Program yang diluncurkan pada 29 Agustus 2017 ini bertujuan untuk menambah nilai manfaat atas layanan XL Axiata bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tentu, hal ini seiring dengan semakin meluasnya jaringan internet 4G LTE XL hingga ke pelosok-pelosok daerah di seluruh Indonesia.

Apa itu Gerakan Donasi Kuota (GDK)?

XL Gerakan Donasi Kuota
Gerakan Donasi Kuota – Youtube

Gerakan Donasi Kuota (GDK) dapat dikatakan sebagai salah satu inovasi sekaligus kontribusi dari PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terhadap dunia pendidikan Indonesia. Melalui program ini, XL berusaha untuk membantu meningkatkan pendidikan di Tanah Air dengan memberikan layanan internet cepat di sekolah-sekolah, khususnya yang berada di pelosok Indonesia.

Pilihan Editor :

Sesuai dengan namanya, melalui program ini XL Axiata berusaha meningkatkan peran serta pelanggan untuk mendonasikan kuota paket internet XL secara sukarela. Kemudian, akumulasi kuota tersebut akan didonasikan kepada sekitar 13.000 sekolah di berbagai wilayah Indonesia. Donasi tersebut akan disalurkan dalam bentuk bantuan komputer, perangkat router  XL Home atau mobile broadband, dan donasi kuota 20 GB per bulan selama setahun. Setiap siswa di sekolah tersebut juga akan mendapatkan donasi kuota sebesar 100 MB per bulan.

Mekanisme Gerakan Donasi Kuota XL

Gerakan Donasi Kuota untuk sekolah
Gerakan Donasi Kuota – Netral News

Bagi Anda yang tertarik untuk turut menyukseskan Gerakan Donasi Kuota ini, ada dua mekanisme atau cara yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Donasi secara Sukarela

    Bagi Anda yang merasa memiliki kelebihan kuota di setiap bulannya, alangkah lebih baik jika Anda mendonasikannya melalui gerakan ini. Anda bisa berdonasi secara sukarela berapa pun besarnya melalui menu *123*2# atau *123*888#.  Ikuti petunjuk untuk mendonasikan kuota, dan Anda telah turut serta dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik.

  • Donasi secara Otomatis

    Para pelanggan juga bisa berdonasi pada setiap pembelian dan isi ulang (perpanjangan) paket internet XL Xtra Combo jenis apa saja. Dengan cara ini, secara otomatis Anda telah berdonasi sebesar 25MB. Namun, berbeda dengan cara yang pertama, alokasi donasi kuota pada cara yang kedua ini tidak akan memotong kuota yang Anda beli.

    Untuk mendapatkan paket data Xtra Combo itu sendiri, Anda bisa membelinya di konter-konter terdekat atau melalui pembelian online di situs-situs tepercaya seperti Traveloka. Ya, Anda bisa mendapatkan paket internet XL dari Traveloka dengan mudah dan praktis melalui situs web maupun aplikasinya. Sebuah cara yang tepat bagi Anda yang sangat dinamis dan mementingkan efektivitas waktu dan tenaga.

Gerak Nyata Gerakan Donasi Kuota (GDK)

XL Gerakan Donasi Kuota untuk sekolah
Gerakan Donasi Kuota – Central News

Sebagai wujud kontribusi terhadap dunia pendidikan, XL Axiata bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) guna memastikan bahwa program ini berjalan lancar dan tepat sasaran. Menurut keterangan dari Presiden Direktur/CEO XL Axiata Dian Siswarini, di tahap awal, XL Axiata telah menargetkan donasi ini agar bisa disalurkan ke 5.000 sekolah di berbagai wilayah pelosok Indonesia.

Untuk menandai bahwa gerakan ini memang diperuntukkan bagi anak-anak Indonesia di pelosok, peluncuran program ini dilakukan di wilayah paling barat Indonesia yaitu di Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Acara peluncuran ini pun disambut baik oleh berbagai pihak, sebut saja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Walikota Sabang Zulkifli H. Adam, dan lainnya.

Ke depannya, XL Axiata akan senantiasa menjalin kerja sama dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menyelaraskan dengan program pemerintah dalam menerapkan digitalisasi di sekolah setingkat SMA/SMK. Selanjutnya, mekanisme penyaluran donasi disesuaikan dengan kondisi jaringan XL (3G maupun 4G) di wilayah tersebut. Dalam hal ini, XL juga senantiasa berupaya untuk meningkatkan kapasitas jaringan data agar semakin baik dan semakin luas.

XL juga memastikan bahwa akumulasi donasi dari gerakan ini akan dimanfaatkan secara efektif dan kolektif demi mendukung proses pembelajaran. Karenanya, selain memberikan kuota data/internet, XL juga akan menyediakan mobile broadband atau router XL Home, laptop/komputer, dan ponsel pintar.

Muhadjir Effendi selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga mengharapkan akses internet ini dapat dimanfaatkan secara positif untuk pembelajaran dan manajemen sekolah. Menurutnya, semakin mampu masyarakat menguasai teknologi informasi, semakin besar pula peluang untuk maju dalam persaingan global. Namun, tentunya kesempatan dan akses tersebut harus dibarengi dengan pemanfaatan teknologi informasi secara arif dan bijaksana.

Jadi, mari turut serta membantu mewujudkan pendidikan yang lebih baik dengan berdonasi bersama XL melalui Gerakan Donasi Kuota (GDK).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here