Ublik.id – Football Manager. “Dan akhirnya pembelajaran terbaik untuk menjadi manager terbaik di dunia nyata berawal dari football manager” –Anonim

Football manager atau yang lebih dikenal sebagai FM merupakan salah satu game besutan Sports Interactive dan SEGA yang pertama kali rilis pada tahun 2004. Game yang pertama kali diberi nama championship manager pada tahun 1992 ini merupakan game simulasi manager sepakbola. Game ini rilis setiap tahun dan pada seri terbaru yaitu FM 2017 terdapat 3 tipe FM yaitu Versi Personal Computer (PC), Mobile (smartphone) dan Touch (Tablet).
Bagi para maniak game sepakbola mungkin Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA merupakan game yang digandrungi karena mereka dapat mengadu keahlian permainan dan memposisikan gamer menjadi seorang pemain sepakbola. Namun pengalaman berbeda akan dirasakan seorang gamer jika memainkan FM. Gamer akan berperan layaknya manager sepakbola di dunia nyata. Semua aspek yang berkaitan dengan perkembangan pemain, training, moral pemain hingga keuangan sebuah klub menjadi tanggung jawab seorang manager di game ini. Di dalam FM seorang player diberi kekuasaan sebesar-besarnya layaknya seorang manager sebuah departemen di dunia nyata.

Football Manager sebagai Kawah Candradimuka para Real Manajer
Sumber : GamesDeal.com
Football Manager sebagai Kawah Candradimuka para Real Manajer
Sumber : youtube.com
Football Manager sebagai Kawah Candradimuka para Real Manajer
Sumber : leastuces.com

Di awal musim player dihadapkan pada ekpektasi CEO klub atas prestasi yang harus diraih dan filosofi tim yang harus dipenuhi oleh seorang manager. Atas ekpektasi tersebut seorang manager dibekali sejumlah uang untuk keperluan transfer pemain dan gaji pemain maupun staff. Dengan uang transfer yang disediakan diharapkan manager dapat mendatangkan sejumlah pemain yang dirasa dapat menutup kekurangan tim itu dan mampu memberikan prestasi. Penggunaan uang transfer juga harus dengan cermat dan hati-hati. Penggunaan uang transfer secara sembarangan nantinya akan mengakibatkan klub mengalami kerugian di musim tersebut yang dikarenakan tingginya pengeluaran dibanding pemasukan yang imbasnya akan menambah beban utang klub.

Pemilihan formasi di awal musim menjadi acuan cara bermain seperti apa yang diharapkan manager. Pada saat pemilihan formasi juga akan menunjukkan sifat manager, apakah akan membentuk formasi yang dia sukai tanpa melihat kemampuan skuad yang dimiliki atau menyusun fomasi yang sesuai dengan skuad yang ada. Ketika musim berjalan seorang manager juga akan dihadapkan pada pertimbangan apakah tetap menggunakan formasi dan instruksi yang telah ditetapkan di awal musim atau akan berdaptasi dengan formasi lawan di setiap pertandingan. Pertimbangannya pun akan semakin pelik ketika pemain berlabel “bintang” di tim mengalami cedera, apakah nantinya akan mendatangkan pemain baru di bursa transfer pemain atau memanfaatkan pemain lain untuk menjadi backup atau menggunakan pemain muda binaan akademi tim. Hal-hal itulah yang harus dipertimbangkan oleh seorang manager dalam game FM ini. Semua pertimbangan ini akan membuat gamer seolah-olah sedang menjadi manager sepakbola sesungguhnya.

Menit bermain seorang pemain pun akan jadi masalah besar jika tidak dipersiapkan dari awal. Pemain yang merasa menit bermainnya kurang akan menghadap pada manager dan menanyakan mengapa menit bermain yang diberikan kepadanya sangat kecil. Manager pun diharapkan memberikan jawaban yang sesuai agar tidak menyebabkan moral si pemain menjadi turun. Penurunan moral nantinya akan mempengaruhi kemampuan bermain pemain tersebut di tim, bahkan kemungkinan terburuk adalah moral semua pemain di tim tersebut juga mengalami penurunan yang nantinya akan membuat permainan tim tidak maksimal dan berakibat pada kekalahan pada tim.

Salah satu faktor penting yang harus dimiliki manager dalam ranah sepakbola adalah kemampuan scouting atau pemilihan pemain baik itu pemain muda yang memiliki potensi besar namun masih belum terasah dan harus dilatih terlebih dahulu untuk mengeluarkan potensinya atau bahkan pemain yang sudah jadi dan langsung bisa diberi kepercayaan untuk langsung bermain di tim utama. Seorang manager diharapkan memiliki dan mengasah feeling untuk menemukan dan meramalkan apakah pemain tersebut memiliki potensi besar yang dapat direkrut dengan harga murah yang nantinya dapat menjadi tulang punggung bagi tim tersebut dan bahkan tim mendapat keuntungan apabila menjual pemain tersebut beberapa kali lipat dibanding harga beli tim tersebut. Keuntungan yang didapat oleh tim akan sangat berguna untuk pemenuhan kebutuhan tim baik itu untuk sarana tim seperti peningkatan sarana latihan, peningkatan stadion atau bahkan untuk uang transfer di musim berikutnya.

Beberapa penjelasan singkat mengenai FM diatas dan bagaimana penjelasan seorang manager di FM bekerja setidaknya benar-benar memberikan gambaran bahwa FM dibentuk berdasarkan realita yang ada. Dapat kita pahami bahwasannya banyak hal yang dapat kita pelajari mengenai manajemen dalam permainan simulasi manager sepakbola ini. Semua hal mengenai persiapan sebuah tim sepakbola untuk menghadapi sebuah pertandingan hingga menjalani musim kompetisi yang harus dipikirkan bahkan hingga detail terkecil sekalipun.

Permainan ini akan sangat berguna bagi para setiap orang yang nantinya akan menjadi seorang manager atau pimpinan di sebuah departemen. Setiap detail dari tugas yang sedang kita jalankan harus benar-benar dipikirkan. Bahkan setidaknya untuk memberikan perintah dan memahami perasaan rekan kerja juga menjadi bahan pertimbangan dan turut diajarkan di game ini. Inilah sedikit ulasan mengenai game sepakbola lebih dikenal dengan singkatan FM. Bagi kamu yang mengaku seorang gamer dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, You Must Try It!

 

(Gambar Utama : “footballmanager.com”)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here