UblikEsensi dan Makna lomba perayaan kemerdekaan. Euforia Kemerdekaan Indonesia masih kental diingatan. Cara merayakannya pun beragam. Ada yang melakukan seremonial-seremonial seperti Upacara bendera, pengajian, bahkan ada juga yang melakukan ziarah ke makam-makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan dan perayaan paling sunyi untuk para pejuang kemerdekaan. Tapi belum lengkap rasanya jika bicara tentang kemerdekaan tanpa membicarakan lomba-lomba yang sudah secara rutin dan turun-temurun mengakar dan menjalar pada kebiasaan rakyat Indonesia menyesapi makna kemerdekaan.

Lomba-lomba diperayaan kemerdekaan sangat tidak asing kita temui di jalan-jalan atau di tiap-tiap wilayah yang kita tempati. Entah siapa yang memplopori tradisi ini sampai akhirnya menjadi salah satu ciri khas disetiap milad Ibu pertiwi. Siapapun kamu, kamu keren! You are a worthy culture maker! Mungkin jika ada penghargaan atau kamu dinobatkan menjadi pahlawan, kamu adalah pahlawan silaturasa dan silaturahim antar tetangga. Kamu telah meciptakan ihwal yang sarat makna dan esensi dari sesuatu yang bercanda dan mungkin orang bilang hura-hura.

 

Yap, kegiatan ini jika kita tilik secara filosofis benar-benar menggambarkan secara simbolis perjuanngan untuk meraih kemerdekaan yang tidak didapatkan dengan pragmatis. Perjuangan yang dibungkus dengan konteks  menyenangkan tapi penuh esensi kegigihan. Bagaimana proses,  solidaritas, gotong royong, strategi dan semua lintas generasi berbaur untuk memperoleh kemenangan yang hakiki. Masih engga percaya dan bertanya-tanya  dimana letak esensinya ? Oke, akan Ublik bahas esensi dan makna beberapa lomba yang sering kita lihat dalam rangka memeriahkan kemerdekaan ini. Mariii!

Lomba Panjat Pinang

Makna lomba perayaan kemerdekaan
Image: Lomba panjat pinang pada perayaan 17an, Sumber: Ripleys.com

Lomba yang satu ini hampir tak pernah absen di semua kegiatan menyambut kemerdekaan. Lomba yang konon sudah ada sejak zaman Belanda. Lomba panjat pinang memiliki esensi yang sangat erat dengan gotong royong. Lihat saja, semua peserta  mencoba memanjat pohon pinang (Mungkin kita temui memakai bambu) dengan saling membahu. Lomba ini beregu. Bambu yang sudah dilumuri oleh oli dipanjat peserta yang sudah dibagi regunya. Semua regu mencoba menggapai hadiah yang sudah disiapkan panitia. Setiap regu akan bergantian memanjat pinang untuk menggapai beberapa hadiah diujung atasnya. Lomba ini dituntut kerjasama tim dan strategi agar bisa memanjat untuk sampai puncaknya. Tak hanya ada gotong royong, panjat pinang pun menggambarkan pengorbanan, bagaimana beberapa orang dalam regu menyerahkan dirinya untuk dinaiki demi tujuan yang akan di gapai secara bersama-sama. Panjat pinang loh ya, bukan panjat sosial, hahaha.

Lomba Balap Bakiak

Makna lomba perayaan kemerdekaan
Image: Esensi dan makna loba balap bakiak, Sumber: duniaoutbound.com

Balap yang satu ini lebih menarik dari moto gp. Balap ini juga tidak bisak dilakukan secara individual. Balap ini akan dimenangkan jika semua yang ikut serta menyeiramakan langkah dan menanamkan kepercayaan. Dimana langkah tak bisa ditentukan hanya sendirian. Dimana kepercayaan harus diberikan penuh kepada yang didepan. Solidaritas tercermin jelas, jika satu orang jatuh, maka satu regu akan jatuh. Mencapai garis finish tak bisa dilakukan secara egois. Langkah yang hebat adalah langkah yang di tentukan, disepakati dan disepahami secara bersama-sama. Ya, itulah balap bakiak.

Lomba Balap karung

Makna Lomba Balap Karung
Sumber: rimanews.com

Sebenarnya balap karung dibuat untuk mengingatkan kita akan kesusahan penduduk pribumi waktu itu. Karung pada zaman itu digunakan sebagai pakaian oleh orang-orang kita karena kemiskinan yang amat merajalela dan penjajah pengeruk kekayaan kita yang membabi buta. Balap karung merepresentasikan keterbatasan tak jadi halangan untuk pejuang kita. Melakukan perlawanan dengan terus maju, melompat bahkan jatuh. Sampai pada akhirnya mencapai garis finish untuk mencapai kemerdekaan.

Lomba Joget balon

Makna LOmba Joget Balon
Sumber: perlombaan17an.blogspot.com

Joget balon biasanya di lombakan di kalangan ibu-ibu. Tapi tak menutup kemungkinan siapapun bisa ikut serta. Mungkin ini bisa juga jadi ajang kamu buat bisa punya kesempatan joged bareng sama gebetan, inceran dari SD (Sekolah Dasar) yang terlewatkan haha. Lomba balon biasanya dilakukan oleh dua orang. Mengapitkan balon diantara kepala dua peserta sambil berjoget mengikuti alunan musik. Jogetnya biasa diiringi oleh lagu dangdut agar lebih asyik.

Lomba ini menggambarkan tentang bagaimana kita mempertahankan sesuatu. Mungkin seperti kita yang saat ini mencoba mempertahankan Indonesia yang direprentasikan dengan balon dan guncangan lewat joget. Kita bebas bergerak kemanapun, tapi Indonesia tak boleh lepas dan jatuh dari kepala.

Mungkin itu beberapa lomba yang bisa ublik kupas esensi dan maknanya. Semua lomba diatas sepertinya hampir tak lepas dari kerjasama yaa. Memang, kerjasama dan gotong royong menjadi sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari perjuangan. Jika pada waktu itu semua orang masih saja berkelompok dan mementingkan golongannya sendiri, NKRI mungkin akan lahir lebih lama lagi. Merdeka!!

(Gambar Utama: Rimanews.com)

Editor: Ridho Nur Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here