Ublik – Deretan Kejahatan Masa Kini yang Wajib Kamu Waspadai.  Sudah sejak krisis moneter melanda negeri ini pada tahun 1998. Beragam tindak kejahatan baru bermunculan. Kejahatan merajalela dimana-mana. Membuat orang yang semula merasa dirinya baik-baik saja jadi tidak aman, takut pergi kemana-mana sendirian terutama pada malam hari yang yang dianggap sebagai jam rawan kejahatan.

Kejahatan semacam ini sebenarnya sudah ada sejak jaman manusia pertama ada. Namun sekarang banyak pembaharuan (kejahatan aja berinovasi, masa bisnismu enggak). Apa aja sih kejahatan yang lagi marak sekarang ini? Mari kita cek!

1Begal

Nyolong motor udah gak begitu jadi favorit lagi. Kebanyakan sekarang penjahat merampas motor korbannya dengan dibegal alias main bacok aja sembarangan. Korbannya sudah tak berdaya karena berlumur darah dan jatuh dari motor. Lantas motornya mereka ambil. Ada juga kejadian begal karena sakit hati. Jadi gak sembarangan begal orang secara acak. Calon korban sudah di incar lama, modusnya karena sakit hati pacarnya diganggu sama calon korbannya itu. Yang belum lama muncul diberita adanya begal cantik. Padahal cewek itu gak ada niatan membegal, tapi sang pacarlah yang membegal karena alasan tersebut tadi. Miris ya?

2Tawuran

Tawuran alias berantem rame-rame sudah sejak lama ada. Menurutku tawuran itu Cuma untuk pengecut yang berani nya keroyokan gak berani satu lawan satu. Yang banyak terjadi di sekitaran Ibukota. Kalau mereka mau diajak bicara baik-baik, palingan juga gak ada tuh alasan masuk akal dan jelas yang bisa mereka ungkapkan kenapa mau ikutan tawuran. Alasan paling dominan Cuma karena kesel dan marah. Karena selama tawuran itu main ledek-ledekan saling menghina dengan kata kasar dan tak pantas. Kebanyakan yang tawuran adalah anak-anak tanggung yang mungkin dia belum tau kerasnya hidup seperti apa. Ingin jadi jagoan yang punya banyak nyawa. Gak takut kena sabetan parang panjang atau timpukan batu besar dari lawannya. Terakhir yang paling parah terjadi di salah satu daerah di Jawa Tengah . Mereka pesta kelulusan dengan coret-coret seragam dan malah tawuran. Akhirnya jatuh korban sia-sia.

3Penjarahan

Kegiatan sampingan saat ada tawuran atau demo besar yang ujung-ujungnya ribut adalah penjarahan. Kegiatan yang hampir sama dengan maling. Bedanya maling ngambilnya diem-diem kalau penjarahan diambil rame-rame dan hampir semua barang diambil. Yang biasanya di jarah adalah toko makanan dan minuman ringan, rokok, bahkan kopi. Dulu tahun 1998 saat krisis moneter, yang dijarah kebanyakan toko elektronik.

4Phedofil

Suka bingung sama pikiran para orang dewasa yang bisa-bisanya melecehkan anak dibawah umur. Bisa jadi alasannya hanya karena nafsu sesaat atau mungkin karena gak pede sama pasangannya. Jadi beraninya melampiaskan ke anak kecil yang mudah dibohongi dan diiming-imingi uang recehan.

Buat para orang tua harap jaga buah hati dan harus banyak luangkan waktu buat mereka. Karena mereka bukan butuh hadiah berupa barang namun butuh perhatian dan waktu kita.

5Cyber Crime

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, pelaku kejahatan tak mau kalah. Mereka pun mencari uang haram lewat kecanggihan teknologi. Mereka dikenal dengan nama hacker atau peretas topi hitam. Baru-baru ini mereka menyebar virus WannaCry Ransomeware yang bisa buat file jadi terenskripsi gak bisa dibuka lagi. So, untuk membukannya para korban mereka harus membayar sekian ratus dollar. Banyak yang menjadi korban virus ini di seluruh dunia. Di Indonesia yang terkena virus WannaCry adalah Rumah Sakit besar. Kebayang kan jahatnya yang mereka lakukan? Mereka hanya berpikir soal uang dan keuntungan pribadi bukan dampak apa yang bakal terjadi apalagi bila kejahatan itu berdampak ke orang banyak.

6Teroris

Ini dia penjahat yang sudah mendunia! Istilah namanya sudah di terjemahkan ke banyak bahasa bahkan di seluruh dunia, penjahat ini di elu-elukan oleh hampir seluruh warga dunia. Warga dunia demo besar-besaran mengutuk tindak kejahatan kemanusiaan yang mendunia ini. Bagaimana tidak, para teroris ini tidak punya kata ”berperikemanusiaan” dalam kamus kehidupannya.

Yang baru ini terjadi adalah bom bunuh diri di bawah flyover terminal Kampung Melayu. Yang mengakibatkan sejumlah korban jiwa maupun luka-luka.

Bagaimanapun maraknya kejahatan, kita wajib mengantisipasi dan menjaga diri serta keluarga agar dapat terhindar atau meminimalisir kejahatan. Masih ingat kata Bang Napi? “Kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari sang pelaku tapi karena adanya kesempatan. Waspadalah! Waspadalah!”

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here