Apa yang kamu lihat pertama kali saat bertemu dengan seseorang? Mudah saja, sebagian kita mungkin akan langsung melihat penampilannya. Misalnya dari pilihan pakaian yang dikenakannya. Kita tahu, menjaga penampilan sangatlah penting untuk urusan kehidupan sosial, pekerjaan, atau bahkan menarik perhatian pasangan. Salah satu penunjang penampilan adalah fesyen pada pakaian. Pakaian yang menempel pada diri kita tidak hanya memenuhi kebutuhan primer saja, tapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri dan menunjukkan jati diri kita. Contoh pakaian yang menunjukkan jati diri kita adalah baju batik pria maupun wanita. Ya, urusan fesyen kini bukan hanya kebutuhan wanita saja, tapi juga pria.

Tren Baju Batik Pria yang Makin Berkembang

baju batik pria
(Via Instagram.com/sayanegarawan

Tren baju batik pria maupun wanita di Indonesia semakin berkembang.. Batik sekarang juga sudah dikenal oleh dunia karena keindahan warna dan desain simbolik sebagai wujud kreativitas dan spiritual orang Indonesia. Maka dari itu, motif batik banyak diaplikasikan di berbagai produk pakaian.

Untuk saat-saat tertentu, pasti akan ada acara di mana kamu perlu memakai baju batik sebagai busananya. Entah dalam pekerjaan, seminar, hajatan, atau acara lainnya. Khususnya untuk pria, model variasi baju batik pria memang tidak sebanyak wanita, tapi kamu tetap bisa memadu padankan model kemeja batik dengan warna celana yang sesuai sehingga bisa tampil lebih elegan.

Mengapa Kita Harus Bangga Memakai Batik?

Karena batik identik dengan kekayaan budaya bangsa, memakai batik bisa menjadi wujud rasa cinta dan apresiasi kita pada tanah air. Jadi, mengapa kita harus bangga untuk memakai batik?

1.Batik merupakan Warisan Budaya yang Diakui Dunia

Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity atau dalam bahasa Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi. Momentum tersebut kemudian langsung memperoleh tanggapan positif dari pemerintah Indonesia yang kemudian menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari batik Nasional melalui Kepres No 33 tahun 2009.

Pilihan Editor:

 

2.Batik Merupakan Karya Seni Bernilai Tinggi

Pada setiap motif batik terdapat makna dan juga filosofi dan karya seni bernilai tinggi. Pada umumnya kita jumpai pada kain batik tradisional, contohnya dapat kita lihat pada motif batik parang. Motif batik parang mengandung makna yang luhur yaitu sebuah nasihat untuk tidak pernah menyerah sebagaimana ombak laut yang selalu bergerak tanpa henti. Motif batik parang juga menjunjukkan bentuk jalinan yang tidak ada putusnya. Ini bermakna tentang upaya untuk memperbaiki diri dan terus berusaha untuk memperoleh kesejahteraan dalam hidup.

3.Menghargai Kreativitas Anak Bangsa

Melihat proses pembuatan batik, khususnya batik tulis yang tidak instan, kita jadi bisa menghargai kreativitas orang-orang yang membuatnya. Proses pembuatan batik dengan motif-motif yang unik itu membutuhkan dukungan kita bangsa agar bisa terus berkembang dan dapat terus dilestarikan di tengah bermunculannya berbagai macam tren busana yang berasal dari berbagai negara.

Baju Batik Pria
Kain Batik (Via Pinterest.dk)

4.Ikut Mendukung Bergeraknya Roda Perekonomian Lokal

Salah satu upaya realistis mendukung perekonomian lokal adalah membeli produk pengrajin dalam negeri, contohnya kain batik. Dengan membeli kain batik, baik itu batik tulis maupun batik cap, artinya kita ikut mendukung bergeraknya roda perekonomian lokal. Dengan membeli batik khas dari berbagai daerah di Indonesia, para pengusaha batik ini bisa lebih maju dan berkembang menjadi lebih besar.

Nah, buat kamu yang ingin tampil elegan dengan baju batik pria pada setiap momen dan acara spesial, beli saja model baju batik pria terbaru di MatahariMall.com dengan promo dan diskon menarik.

(Gambar Utama: mpumalanganews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here