in

Mencicipi Buah Cempedak, Buah Nangka Unik dari Kalimantan

Bicara tentang buah khas Indonesia memang tak ada habisnya. Mengingat kondisi geografis Indonesia yang beriklim tropis membuat banyak sekali buah-buahan tropis yang tumbuh di tiap daerahnya. Kali ini Ublik akan mengulas tentang buah khas Kalimantan yang sering disebut juga buah nangka dari Kalimantan yakni cempedak. Untuk masyarakat Kalimantan buah ini sangat familiar bahkan menjadi bahan makanan yang setiap hari mudah sekali ditemui.  Berikut merupakan beberapa fakta mengenai buah cempedak.

Asal-Usul Buah Cempedak

Cempedak merupakan jenis tanaman buah yang berasal dari famili Moraceae. Buah ini memiliki bentuk buah, rasa dan keharumannya mirip buah nangka, namun dari segi aroma menusuk mirip sekali dengan buah durian.  Buah ini berasal dari Semenanjung Malaya, dan tersebar mulai dari wilayah Tenasserim di Burma, Thailand, dan di Indonesia yakni Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku hingga ke Papua. Pada zaman sekarang ternyata buah ini juga banyak ditemui di Jawa bagian barat. Walaupun lebih familiar disebut buah cempedak, namun buah ini juga memiliki beberapa nama lain di tiap daerahnya seperti nongko cino (Jawa), bangkong (cempedak hutan, bentuk liar di Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), cubadak hutan (Minangkabau) tiwadak (Banjar) dan lain-lain.

Secara alami, cempedak liar banyak tumbuh di hutan hujan dengan kondisi geografis dataran rendah, yakni baik hutan primer maupun sekunder. Cempedak dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 1000 m dpl. Pohon buah ini menyukai daerah-daerah dengan musim kering dengan permukaan air tanah yang dangkal. Cempedak biasa ditanam di pekarangan, kebun campur, maupun dicari secara liar di hutan.

Pilihan Editor;

Karakteristik Buah Cempedak

Dilansir dari PROSEA (Plant Resources of South-East Asia), pohon Cempedak selalu hijau dan tingginya rata-rata dapat mencapai 20 m meski kebanyakan hanya belasan meter. Ranting-ranting dan pucuk dengan rambut halus dan kaku, kecoklatan. Berumah satu (monoecious). Daun tipis agak kaku seperti kulit, bertangkai, bulat telur terbalik sampai jorong, 2,5-5 × 5–25 cm, bertepi rata dengan pangkal berbentuk pasak sampai membulat, dan ujung meruncing (acuminate). Tangkai daun 1–3 cm. Daun penumpu bulat telur memanjang, meruncing, berambut kawat, mudah rontok dan meninggalkan bekas berupa cincin pada ranting. Perbungaan sendiri-sendiri, muncul di ketiak daun, pada cabang besar atau pada batang utama (cauliflory), pada pucuk pendek khusus yang berdaun. Karangan bunga jantan berbentuk bongkol seperti gada atau gelendong, 1 × 3-5,5 cm, hijau pucat atau kekuningan, bertangkai 3–6 cm.

Bongkol bunga betina berbentuk gada memanjang, dengan bunga-bunga yang tertancap sedalam 1,5 mm dalam poros bongkol dan bagian bebas sekitar 3 mm. Buah semu majemuk (syncarp) berbentuk silinder sampai bulat, 10-15 × 20–35 cm, kehijauan, kekuningan sampai kecoklatan, dengan tonjolan piramidal serupa duri lunak yang rapat atau licin berpetak-petak dengan mata faset. ‘Daging buah’ sesungguhnya adalah perhiasan bunga yang membesar dan menebal, putih kekuningan sampai jingga, manis dan harum, bertekstur lembut, licin berlendir di lidah dan agak berserat. Tidak seperti nangka, keseluruhan massa daging buah beserta bunga-bunga steril atau gagal (dikenal sebagai ‘dami’) mudah lepas dari poros (‘hati’) buah semu apabila masak. Biji bulat gepeng atau memanjang, 2–3 cm.

Cempedak (Sumber: allfresh.co.id)

Manfaat Buah Cempedak

Ternyata buah cempedak mempunyai beberapa manfaat. Berikut merupakan beberapa manfaat buah cempedak.

1.Baik untuk Pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah cempedak memang yang cukup tinggi, yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur dapat membantu menjaga organ pencernaan Kamu berfungsi dengan baik, sehingga mencegah sembelit ataupun wasir.

2.Baik untuk Tulang dan Gigi

Kaya akan kalium dan fosfor membuat buah cempedak mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Salah satu cara yang paling mudah untuk memperkuat tulang dan gigi adalah dengan mengkonsumsi cempedak. Karena manfaat dari kalium dan fosfor adalah untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3.Menyehatkan Mata

Khasiat buah cempedak untuk mata didasari karena kandungan vitamin A pada buah ini yang cukup tinggi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi cempedak secara rutin dapat memenuhi kebutuhan harian Kamu akan vitamin A, yang selanjutnya dapat menjaga kesehatan mata Kamu.

4.Membantu Program Diet atau Penurunan Berat Badan

Membantu menurunkan berat badan merupakan salah satu manfaat buah cempedak yang cocok dikonsumsi ketika Kamu sedang menjalani program diet menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung berbagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan Kamu tetap stabil dan memiliki efek mengenyangkan sehingga dapat membantu Kamu dalam mencegah makan makanan berlebih.

5.Membantu Regenarasi Sel

Selain menggunakan produk perawatan kulit, asupan makanan yang tepat juga dapat menjadi faktor utama penuaan dini. Salah satu makanan yang bergizi yang tepat untuk Kamu adalah buah cempedak. Buah ini mengandung berbagai vitamin yang dapat menjaga elastisitas kulit dan mencegah tkamu-tkamu penuaan dini yang tidak diinginkan.

6.Memperkuat Ketahanan Tubuh

Khasiat buah cempedak yang selanjutnya yaitu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan beberapa senyawa yang terkandung dalam buah ini dapat membantu melawan virus dan bakteri, yang dapat menurunkan daya tahan tubuh serta memicu timbulnya berbagai penyakit.

7.Membantu Kecukupan Kadar Air dalam Tubuh

Minum air yang cukup merupakan salah satu cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Disamping hal tersebut, mengkonsumsi cempedak juga dapat memberi asupan air bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah cempedak mengandung banyak mineral yang dapat membantu memenuhih kebutuhan asupan air pada tubuh.

8.Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Seperti kita ketahui, kolesterol jahat dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya. Kandungan vitamin C dalam buah cempedak dipercaya dapat menurunkan berbagai risiko penyebab kadar kolesterol darah tinggi. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga dapat mengurangi kolesterol jahat dan membantu kolesterol baik untuk mengalir secara lancar pada waktu bersamaan.

9.Mengurangi Risiko Stroke

Seperti yang telah diketahui, stroke merupakan penyakit yang lebih banyak diderita oleh orang-orang lanjut usia, tetapi juga dapat menyerang orang-orang yang masih muda. Untuk mencegah hal ini, Kamu dapat mengkonsumsi buah cempedak secara rutin untuk mencegah stroke.

10.Obat untuk Malaria

Buah cempedak juga dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakit malaria. Hal ini dikarenakan cempedak mengandung suatu senyawa yang dapat membantu menyembuhkan malaria. Untuk mendapatkan manfaat ini, Kamu dapat mengkonsumsi buah cempedak yang sudah matang secara langsung, maupun dalam bentuk olahan makanan lainnya.

 

Perbedaan Cempedak dengan Buah Nangka

Nangka yang kulitnya tetap hijau (Sumber: Pinterest)

Secara fisik cempedak mirip dengan nangka namun dari segi aroma buah cempedak lebih kuat sehingga aroma yang dikeluarkan oleh buah cempedak terasa lebih mirip dengan buah durian, yang berbeda dengan buah nangka yang memilliki aroma yang sedikit lebih lembut. Daging buah nangka lebih padat, sedangkan daging buah cempedak terlihat lembek seperti daging buah durian. Selain itu daging buah nangka lebih sulit dikeluarkan dari tengah dagingnya. Namun di sisi lain ini sangat mudah dan berbeda pada daging buah cempedak yang dagingnya mudah sekali terlepas dari tengah dagingnya.

Buah cempedak dapat dimakan dalam keadaan segar atau diolah terlebih dahulu. Bagian dari buah cempedak yang dapat dikonsumsi hampir sama dengan bagian buah nangka. Untuk bagian daging, kamu dapat mengkonsumsinya secara langsung. Namun untuk bagian bijinya, mungkin Kamu harus mengolahnya dahulu, karena bagian biji ini biasanya diolah dengan cara direbus atau dibakar sehingga dapat dimakan selagi hangat.

Hasil Olahan Cempedak

Selain buahnya dapat dimakan dalam keadaan segar, buah cempedak dapat diolah menjadi cemilan yang bernilai jual tinggi. Daging buah cempedak, terkadang digoreng tepung beserta bijinya, gula atau garam lalu digoreng, cemilan ini sering dikonsumsi masyarakat Kalimantan ditemani minum teh atau kopi. Fakta lain ternyata bijinya dapat digoreng, direbus atau dibakar, sebelum dimakan dengan campuran sedikit garam. Saat buahnya masih muda, sebagaimana nangka muda, dapat dijadikan sayur. Di bagian kayu pohonnya mempunyai kualitas yang baik, kuat dan awet, sehingga kerap digunakan sebagai kayu bangunan, bahan perabotan rumah, atau bahan perahu. Dari segi kayunya cempedak ini mempunyai banyak serat dapat digunakan sebagai bahan tali-menali, dan getahnya untuk lem burung.

Mandai (cookpad.com)

Di Kalimantan khususnya di daerah Banjar, kulit cempedak dapat diolah menjadi olahan lezat bernama mandai. Mandai adalah olahan yang dibuat dengan cara cempedak dikupas kulit buahnya hingga putih lalu direndam dengan air garam agar awet dan lunak teksturnya. Proses merendamnya ini ternyata biasanya dilakukan berjam-jam, bahkan hingga sebulan. Dalam mengkonsumsinya, mandai ini biasanya digoreng dan dimakan dengan teman sambal maupun kecap manis.

Nah, itulah beberapa hal unik dari buah cempedak. Pernahkah kamu mencicipinya?

 

(Editor: Restia Ningrum)

(Sumber Gambar Utama: allfresh.co.id)

Inilah Victoria Park, Tempat Melihat Wajah Indonesia di Hong Kong

Inilah Victoria Park, Tempat Melihat Wajah Indonesia di Hong Kong

Mengintip 7 Surga Wisata di Kaki Gunung Slamet, Panusupan Purbalingga