Korupsi, ibarat penyakit korupsi mungkin bisa disejajarkan dengan kanker. Pertumbuhannya menggerogoti negara tercinta Indonesia ini. Bayangkan saja, uang milyaran bahkan triliunan rupiah di kuras oknum oknum korup tak bertanggung jawab ini.

Bahkan menurut Indonesia Coruption Watch atau ICW tercatat dari pada semester 1 2017 lalu tercatat 266 kasus korupsi dengan 587 tersangka dengan kerugian negara 1,83 Triliun Rupiah.

Ini berarti jika dirata-rata dari 1 kasus terdapat sekitar 2 orang tersangka yang bersekongkol untuk korup dan masing masing orang mendapat jatah sekitar 3,1 Miliar Rupiah!

Coba bayangkan jika uang 1.83 Triliun tadi digunakan untuk membeli kapal Tol Laut oleh Pelni dengan budget pembelian 6 kapal berbagai ukuran sebesar 500 Miliar seperti yang diberitakan oleh bisnis.com pada November lalu, bisa dapet lebih dari selusin kapal! Dan yang jelas bisa nambah frekuensi kapal Tol Laut. Bisa jadi juga untuk membuka trayek baru dan membantu saudara Рsaudara kita di pelosok Indonesia sana.

Tapi untungnya di Indonesia terdapat lembaga yang bertugas menyelamatkan harta negara dari koruptor yang rakus. Salah satunya adalah Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

Mengenal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Badan Pemeriksa Keuangan merupakan salah satu lembaga negara yang memiliki tugas untuk memeriksa pengelolaan dan bertanggungjawab tentang keuangan negara.

Dengan tugas dan fungsi diatas tentunya BPK merupakan lembaga negara yang penting sekali kita ketahui.

BPK kawal Harta Negara
Visi Misi BPK Kawal Harta Negara

Selain Visi dan Misi BPK sebagai kawula muda kita juga perlu mengetahui apa aja sih tugas lembaga negara yang sejajar dengan presiden ini. Jadi apa aja sih tugas dari BPK:

  1. Memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara yang dilakukan oelh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara Lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, & Lembaga/Badan lain yang mengelola keuangan negara
  2. Melaporkan kepada penegak hukum jika dalam pemeriksaan ditemukan indikasi tindak pidana
  3. Memantau pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pejabat entitas yang diperiksa, dan hasilnya dilaporkan secara tertulis kepada lembaga perwakilan daerah.

Selain itu, sebagai kids zaman now pemuda dan pemudi penerus bangsa kamu juga wajib ikut serta membatu BPK dalam menjaga harta negara dan menanggulangi korups. Caranya? Caranya gampang banget bisa dimulai dari dirimu sendiri dengan menghindari perilaku korup dan tidak jujur. Dengan begitu kamu dapat menyebarkan budaya anti korupsi dan turut membantu BPK kawal harta negara.

(Sumber Gambar Utama: pengadaan.web.id)

3 KOMENTAR

  1. Kids zaman now memang sebaiknya gak hanya eksis di media sosial, tapi juga ikut berkontribusi untuk pembangunan negeri.

    Salah satunya dengan mengawal harta negara bersama BPK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here