Ublik. Indonesia dianugerahi oleh segala kekayaan alam. Hal itu sudah bukan rahasia lagi. Keindahan alam yang sepertinya sudah menjadi perbincangan oleh publik dunia. Tak ayal, setiap tahunnya wisatawan dari mancanegara selalu berbondong-bondong untuk menyesaki tempat-tempat indah di Indonesia. Mereka ingin menikmati sensasi keindahan alam yang biasanya dibalut dengan karifan lokal. Dua hal yang dinilai menjadi kekuatan mengapa pariwisata Indonesia tiap tahun tak pernah mendapat rapor merah.

Beberapa waktu lalu, Menteri pariwisata Indonesia mendapatkan gelar bergengsi atas video promosi pariwisata Indonesia yang dinilai paling berkesan oleh United Nation World Tourism Video Competion. Video tersebut juga mendapat voting tertinggi yang diberikan oleh publik . Indonesia menyingkirkan negara-negara lain dalam kompetisi tersebut.

Pilihan Editor :

Nah, belum juga satu bulan ketika Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima penghargaan bergengsi tersebut. Kini tubuhnya harus hadir di Bangkok. Sebuah penghargaan lain siap dia terima. Sebuah penghargaan untuk eloknya bumi Indonesia. Tentu Arief berangkat ke Bangkok dan bersedia dengan tangan terbuka untuk menerima sebuah piala prestisius. Sebuah piala yang menandai jika Indonesia adalah negara yang  paling patut dituju oleh publik dunia. Ya, Indonesia resmi menggondol penghargaan “Destination Of The Year 2017”. Sebuah penghargaan yang bisa dibilang salah satu yang bergengsi di dunia pariwisata. Mengapa demikian? sebab pemberi penghargaan ini dinilai sangat kredibel.

Penyelanggara malam penghargaan ini adalah sebuah media khusus pariwisata bernama TTG. TTG sendiri adalah media khusus traveling yang sudah berumur cukup tua dan dianggap senior. Tercatat TTG sudah menulis tentang pariwisata sejak tahun 1953. TTG sudah menjadi rujukan bagi para pelancong dan penyedia jasa traveling. TTG juga sudah sejak lama dan konsisten menyelenggarakan event penghargaan bagi industri travel se-Asia Pasifik. Tercatat tahun 1989 adalah kali pertama TTG menyelenggarakan event tersebut. Jadi, sudah bisa dipastikan piala yang digondol oleh Indonesia ini bukan sebuah piala yang tak bergengsi.

Destination of the year keindahan Rinjani
Image: Keindahan Gunung Rinjani (Sumber: Merdeka.com)

Ada empat kategori dalam acara yang rutin di selenggarakan tiap tahun itu. Keempatnya adalah travel supplier, travel agency, outstanding achievement and travel hall of fame. Dari keempat kategori itu, dipecah kembali menjadi 80 penghargaan. Dan salah satu penghargaan paling penting adalah Destination Of The Year. Acara yang digelar di Bangkok Thailand itu dilaksanakan Oleh TTG Asia dengan dukungan TTG China, TTG India TTG Asia Luxury, TTG Mice, dan beberapa media afiliasi TTG lainya.

Pemberian voting untuk pemenang juga dilakukan secara profesional. TTG menggandeng  mereka-mereka yang profesional dalam bidang pariwisata seperti profesional Industri juga termasuk para pembaca TTG Asia dan media-media afiliasinya untuk mau menilai dan memberikan suaranya. Dalam sistem pemungutan suaranya, event ini memiliki dua sistem pemungutan suara. Pertama, travel supplier awards. Untuk pemungutan suara yang satu ini untuk para konsultan perjalanan, operator tour dan juga perusahaan perjalanan diberi keleluasaan untuk memeberikan suara. Kedua giliran para pelaku bisnis perhotelan, operator penyiaran, organisasi pariwisata dan para profesional lainnya yang punya kesempatan memberikan suara untuk travel agency awards.

Merebut Gelar dari Thailand

Destination of the year Indonesia
Image: Indonesia memenangkan penghargaan Destination of The Year (Sumber: Kompas.com)

Selama tahun 2010 hingga kini, Thailand jadi raja untuk memenangkan penghargaan Destination of the year. tercatat negara Gajah Putih itu berhasil memnangi piala pada tahun 2012, 2013 dan juga tahun lalu. Sementara negara Asia Tenggara lainnya Singapura memenangi penghargaan yang sama pada tahun 2010 dan juga 2011.

“Tahun lalu juaranya Thailand. Sejak 2010, Thailand juara 3 kali, Lalu Singapura 2 kali. Tahun ini Wonderful Indonesia naik panggung “ kata Menteri Arief Yahya seperti dikutip dalam laman kompas.com.

Kini Indonesia sudah sah ditetapkan sebagai destination of the year. Publik dari luar negeri juga sudah dipastikan akan lebih berbondong lagi datang dan menikmati alam Indonesia. Jadi, sebagai masyarakat Indonesia, menjaga kualitas dan keasrian tempat wisata harus jadi tanggung jawab bersama. Selain itu penghargaan ini juga menunjukan jika visi yang diusung Kementrian Pariwisata semakin mungkin terwujud.

“Terima kasih TTG, kami mendapatkan Destination of The year untuk Asia Pasifik, itu penghargaan paling bergengsi dalam Outstanding Achievement Awards ini. Dengan award itu, semakin memperkuat 3C kita, Calibration, Confidence, dan Credibility” tandas Arief.

(Gambar Utama: blog.reservasi.com)

Editor: Ridho Nur Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here