Ublik -Asgardia. Jika kamu menyangka nama itu adalah nama suatu kota, maka kamu salah. Jika kamu menyangka nama kerajaan, mohon maaf yang ini juga masih salah. Tapi, kalau kamu menyangka bahwa nama Asgardia adalah nama sebuah negara. Maka kamu betul! Tapi, uniknya negara Asgardia itu adalah nama sebuah negara yang baru akan dibangun, dan nantinya berlokasi diluar angkasa. Iya luar angkasa, diluar Bumi. Melayang diantariksa. Dan sekaligus jadi negara pertama yang dibangun oleh manusia Bumi diluar planetnya sendiri. Mungkin kedengaranya aneh atau terkesan tidak mungkin, tapi ini memang terjadi. Sebuah proyek besar ini sudah dibangun sejak lama. Dan dalam waktu dekat negara antariksa itu akan benar-benar menjadi sebuah negara yang sah.

Adalah sekelompok miliuner dan Rusia yang pertama kali menginisiasi negara diluar bumi tersebut. Mereka sejak tahun lalu telah menggembar gemborkan akan membuat Negara Asgardia. Tercatat, pada bulan Oktober tahun lalu, para miliuner ini mengumumkan di Kota Paris, Perancis bahwa mereka tengah menggarap proyek luar biasa itu. Tak disangka apa yang mereka umumkan itu begitu menyedot perhatian publik luas. Tak sedikit yang berminat untuk pindah negara ke Asgardia dan memiliki kediamannya disana. Bahkan, sampai saat ini tercatat sudah hampir setengah juta dari penduduk bumi yang telah mendaftar untuk bisa jadi warga negara Asgardia tersebut

Jangan bayangkan untuk dapat menjadi warga negara Asgardia adalah perkara mudah. Tidak akan ada karyawan marketing yang tiba-tiba menawarkan hunian rumah disana. Semuanya mesti dilakukan secara mandiri. Selain itu, tidak semua pendaftar dapat diperbolehkan menjadi warga Negara Asgardia. hanya mereka-mereka yang lolos seleksi sajalah yang berhak memiliki kavling tanah di Negara pertama diluar angkasa tersebut. Lebih dari itu, pihak Asgardia tak akan memberikan kesempatan menjadi warga negara bagi para pendaftar yang pelit dalam hal memberikan informasi tentang dirinya. Sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 200 ribu orang yang mendaftar dan telah diverifikasi. 200 Ribu orang itu hadir dari 200 lebih negara diseluruh Bumi.

negara asgardia, negara diluar angkasa
Sumber : beritagar.id

Jika kamu minat untuk jadi bagian dari warga negara Asgardia tersebut. Kamu dapat mengunjungi website Asgardia Space untuk melakukan reservasi. Negara baru yang mengklaim dapat menampung 150 juta orang tersebut tidak hanya menyeleksi calon warga negaranya saja. Melainkan bagi mereka yang terpilih dapat harus segera melengkapi persyaratan yang telah ditentukan pihak Asgardia tersebut.  Salah satu dari persyaratan itu adalah, calon penduduk Asgardia harus berasal dari negara yag membolehkan warga negaranya memiliki kewarganegaraan ganda (dwi kewarganegaraan) Dengan begitu, nampaknya akan sulit kita menjumpai ada orang Indonesia yang menjadi bagian dari Asgardia mengingat Negeri ini tak menganut sistem kewarganegaraan ganda.

Mereka-mereka yang lolos seleksi dan mengumpulkan persyaratan nantinya juga akan mendapatkan sertifikat Asgardia. Mereka yang telah resmi menjadi warga negara Asgardia dan juga diminta untuk memberikan suaranya pada saat perumusan dasar konstitusi negara.

Proyek ini benar-benar bukan sebuah mimpi. Ini nyata dan digarap dengan serius. Saat ini pihak yang bersangkutan dalam hal pengembangan Negara Asgardia tengah berupaya untuk dapat diakui sebagai negara oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Salah satu syarat dari PBB untuk membentuk sebuah negara adalah jumlah masyarakat. Selain itu saat ini bendera Asgardia juga sudah disiapkan untuk semakin menambah kesan bahwa negara ini adalah negara yang berdaulat

Proyek raksasa ini di tukangi oleh Ashrubey. Seorang ilmuan yang mendirikan sebuah Perusahaan teknologi kenamaan bernama Socium Holding. Kini perusahaanya itu tengah berkembang pesat, tercatat Ashurbeyli memiliki 10 ribu karyawan yang tersebar di 30 Perusahaan cabang yang ada di seluruh dunia. Ashurbeyli mengaggap jika nantinya bangsa Asgardia akan menjadi bangsa yang akan melayani tugas kemanusiaan diluar angkasa. Karena itulah ilmuan yang satu ini berharap agar setidaknya 2 persen dari populasi umur produktif bumi dapat bergabung bersama negara yang ia bentuk tersebut.

Melayang Diluar Angkasa

Negara Asgardia
Sumber: howstuffworks.com

Negara ini akan berbentuk pesawat induk yang akan melayang diluar angkasa. Nama Agardia sendiri diambil dari nama rumah para dewa Nors. Orang-orang yang akan memiliki KTP Asgardia tak harus tinggal disana. Seperti banyak penduduk bumi lain yang memiliki warga negara A namun lama menetap di negara B.

Jadi, jika proyek ini benar-benar berhasil. Nampaknya kita sudah bisa bilang “masa depan sudah dimulai”.

 

(Sumber Gambar Utama: nocookie.net)

(Editor: Ridho Nur Wahyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here