UblikAplikasi Informasi Donor Darah. PMI atau singkatan dari Palang Merah Indonesia dan Bulan Sabit Merah, adalah suatu badan yang mengurus permasalahan penanggulangan bencana kemanusiaan. Saat ini relawannya tersebar di semua provinsi di Indonesia dan ada di setiap kecamatan. Relawannya lebih dari 1,5 juta sukarelawan yang siap sedia melakukan aksi kemanusiaan. Salah satu aksinya adalah penggalangan donor darah. Mengenai donor darah, bank darah dan pendonoran darah ke rumah sakit-rumah sakit menjadi salah satu bagian dari kegiatan kemanusiaan yang di adakan oleh PMI. Dahulu masih menggunakan cara-cara konvensional, seperti membuka stand di berbagai tempat untuk penggalangan donor darah.

Karenanya masyarakat agak kesulitan untuk melakukan donor darah secara rutin karena minimnya pengetahuan dan informasi seputar kegiatan donor darah sedang diadakan dimana. Tanggal 8 Mei diperingati sebagai Hari Jadi PMI Sedunia. Merupakan momentum menciptakan inovasi agar masalah distribusi darah ini menjadi lebih baik lagi.

Adapun inovasi yang kali ini viral adalah diciptakannya aplikasi mengenai donor darah berbasis Android. Bernama Reblood dan merupakan aplikasi pertama yang memberikan fitur cukup lengkap mengenai donor darah. Mulai dari informasi lengkap mengenai kapan dan dimana akan diadakan kegiatan donor darah.

Aplikasi Redblood Aplikasi Informasi Donor Darah
Aplikasi Reblood, Aplikasi Informasi Donor Darah. Sumber: PlayStore

Sekelompok lulusan mahasiswa dari ITS Surabaya, Leonika Sari, Faisal Setia Putra, Ari Agustina dan M. Zuhri adalah mereka yang telah berjasa dalam menciptakan dan mengembangkan aplikasi Relood ini. Aplikasi buatan anak Bangsa Indonesia ini dapat diunduh di Play Store dan berikut fiturnya:

 Fitur Reminder

Fitur ini sebagai pengingat kepada pendonor agar melakukan persiapan sebelum hari acara donor darah diadakan, karena sebelumnya banyak pendonor yang ditolak karena tidak sesuai kriteria sebagai pendonor. Misal berat badan yang kurang atau untuk yang wanita sedang mengalami menstruasi.

Fitur Event

Fitur yang menyediakan jadwal kegiatan acara donor darah. Jadi pendonor dapat meluangkan waktu jika dalam waktu dekat ada acara donor darah di tempat yang dapat dijangkau.

Fitur Do You Know

Fitur ini memberikan informasi dan pengetahuan seputar donor darah. Apa itu donor darah? Pendonor dan recipien atau penerima donor harus dari kategori darah yang sama dan kalaupun berbeda harus tahu ilmunya agar dapat meminimalisir kejadian penggumpalan darah atau ketidakcocokan penerima dengan darah dari si pendonor.

Fitur History Donor

Terakhir adalah fitur History Donor, fitur ini memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengetahui informasi donor darah yang telah dilakukan serta dilengkapi dengan informasi data darah pengguna.

3 manfaat donor darah

1. Bisa Tahu Kondisi Kesehatan Secara Gratis

Sumber: Merdeka.com

Selain kalian tahu apa golongan darah kalian, juga bisa tahu kondisi kesehatan kalian secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk cek laboratorium. Unit Donor Darah Pusat PMI akan melakukan uji saring darah yang ditampung dan hal itu wajib dilakukan untuk meminimalisir penularan penyakit seperti HIV, Hepatitis B dan Hepatitis C serta infeksi lain yang tergantung prevelensi masing-masing negara seperti malaria dan demam berdarah dengue.

2. Konseling Kesehatan Secara Gratis

Sumber: Blogger.com

Jika terdapat masalah dalam darah dan kesehatan kalian, maka petugas PMI akan meminta kalian datang ke Unit Transfusi Darah untuk melakukan konseling kesehatan kalian secara menyeluruh.

3. Pola Hidup Menjadi Teratur

Sumber: SuaraNews

Dengan konseling gratis dari dokter UTD, kalian dapat mengatur pola hidup yang lebih sehat sesuai saran dokter agar dapat melakukan pendonoran lagi di lain waktu. Orang yang sering mendonorkan darahnya, akan jauh lebih sehat karena sel darah merahnya selalu beregenerasi.

ublik

Aplikasi Reblood ini diharapkan dapat menyentuh sisi empati dan kemanusiaan masyarakat akan pentingnya berbagi darah, karena banyak pasien yang sangat membutuhkan donor darah dan terbatasnya ketersediaan kantong darah di rumah sakit-rumah sakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here