Ublik.id. Sejarah Handphone. Di Jaman yang serba cepat ini, kepemilikan ponsel sungguh sangat menjadi kebutuhan primer. Ponsel saat ini sebagaimana kita tahu memiliki kegunaan yang amat sangat beragam. Banyak hal bisa kita lakukan dengan melentingkan dan memainkan jari kita dilayar ponsel. Mau apa? Pesan makanan, bisa. Bayar ini dan itu? Bisa juga. Pesan tiket kereta, pesawat sampai bioskop juga bisa banget. Belum lagi dengan majunya dunia internet. Ponsel dan internet kini menjadi padu padan yang tak bisa dilepaskan. Semua informasi benar-benar ada di genggaman kita. Adigium “dunia ada ditanganmu” kini benar-benar terwujud. Tak salah jika ponsel hari ini disebut dengan ponsel pintar atau yang akrab disapa Smartphone.

Tapi, ada hal yang harus kamu pasti jauh sebelum ponsel pintar ini merajalela. Ada ponsel-ponsel dengan berbagai merek yang sempat menguasai pasar dunia. Mereka adalah sesepuh dari ponsel-ponsel pintar yang kini kita punya. Sayangnya ponsel-ponsel yang telah masuk kategori sepuh itu kini sudah mulai langka. Beberapa bahkan terang-terangan menyatakan jika bisnisnya sudah tamat atau gulung tikar. Akan tetapi, ada beberapa merek yang kemudian mengevolusi diri dan bangkit kembali dengan mengikuti perkembangan jaman demi berjuang menjadi ponsel yang paling terbaik lagi di dunia. Nah, ponsel-ponsel sepuh apa sajakah yang pernah meramaikan jagad per-ponsel-an dunia? Simak rangkuman ublik berikut ini:

Siemens

Beginilah Nasib 5 Ponsel Yang Pernah Berjaya di Eranya
Sumber : tjahyono80.blogspot.co.id

Ponsel Siemens. Ponsel asal Jerman ini sempat melegenda di Indonesia. Bagaiamana tidak, pada awal tahun 2000an atau ketika masyarakat Indonesia tengah mengenal ponsel, Siemens digadang-gadang pernah menempati posisi kedua sebagai ponsel paling laku di tanah air. Selain Indonesia, pasar siemens lainya adalah Tiongkok dan India. Sama seperti di Indonesia, penjualan ponsel siemens di kedua negara tadi juga pesat. Siemens punya ciri khas pada bentuk dan warnanya. Banyak orang menyebut jika bentuk ponsel siemens mirip dengan tokoh kartun doraemon. Meski sempat merajai pasar ponsel di Indonesia. Kini Siemens telah gulung tikar. Sebelum bangkrut, siemens pernah di akuisisi oleh BenQ, dan berubahlah namanya menjadi Benq Siemens. Akan tetapi produsen itupun kini sudah bangkrut juga.

Sony Ericsson

Beginilah Nasib 5 Ponsel Yang Pernah Berjaya di Eranya
Sumber : jadul.id

Sony Ericsson, ponsel ini juga sempat jadi primadona di Indonesia. Produsen ponsel yang satu ini punya desain yang cukup trendy di jamannya. Apalagi saat itu bisa dibilang bahwa Sony Ericsson adalah ponsel yang mengikuti jaman dengan banyak fitur menarik yang hanya di miliki oleh ponsel ini. Sony Ericsson sendiri adalah gabungan dari dua perusahaan besar. Sony adalah produsen elektronik asal Jepang dan Ericsson adalah perusahaan seluler dari Swedia. Salah satu keluaran Sony Ericsson yang paling melegenda adalah series walkman dan cybershoot. Nama Sony Ericsson sempat meredup tapi kini Sony Ericsson hanya menggunakan nama Sony saja sebagai merek dagang. Mereka masih aktif berbisnis ponsel yang kini berhaluan ponsel pintar. Ponsel pintar Sony yang paling dikenal oleh publik saat ini adalah series Xperia.

Nexian

Beginilah Nasib 5 Ponsel Yang Pernah Berjaya di Eranya
Sumber : intasfacebook.blogspot.co.id

Saat Ponsel cina tengah menguasai pasar ponsel di tanah air, munculah nama ponsel yang satu ini. Meski disangka ponsel cina tetapi Nexian sebetulnya produk asli Indonesia. Bisa dibilang saat masa itu, Nexian mengambil alih pasar bisnis ponsel di Indonesia. Banyak sekali orang yang pakai ponsel ini. Beberapa provider juga memutuskan untuk bekerjasama dengan membuat ponsel edisi khusus. Bahkan pada tahun 2010 tercatat jika pengguna ponsel Nexian di Indonesia mencapai 8 juta orang. Sebuah angka fantastis untuk ponsel produksi dalam negeri. Hingga kini Nexian masih ada, hanya saja namanya sudah tak setenar dulu. Tertutup eksistensinya dari ponsel-ponsel lain yang kini merajai belantika ponsel tanah air.

Motorola

Beginilah Nasib 5 Ponsel Yang Pernah Berjaya di Eranya
Sumber : penulispro.net

Ponsel ini memang bangkit lagi dari tidur panjangnya. Kita semua tahu jika Motorola sempat menjadi salah satu ponsel paling populer di Indonesia. Akan tetapi sama seperti Siemens, Motorola pun mengalami kejatuhan. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1943 ini, pada tahun 2007 mengumumkan bahwa mereka merugi sebesar1,2 miliar dolar. Setahun setelah itu mereka memecat ribuan karyawannya. Pada tahun 2012 Motorola resmi dibeli oleh google hanya saja hal itu tak berlangsung lama. Tahun 2014 Google menjual Motorola ke Lenovo. Nah, saat diakuisisi Lenovo inilah Motorola kembali lagi. Meramaikan jagat ponsel pintar diseluruh dunia. Fitur-fiturnya pun tak kalah dengan ponsel pintar lain yang sudah bertahun-tahun memegang pasar.

Nokia

Beginilah Nasib 5 Ponsel Yang Pernah Berjaya di Eranya
Sumber : youtube.com

Hampir semua orang pakai Nokia. Sampai-sampai ponsel ini disebut ponsel sejuta umat. Semua serie terbarunya selalu laku dipasaran, apalagi pasar ponsel Indonesia. Akan tetapi, sama seperti Motorola, Nokiapun sempat jatuh. Ponsel nomor satu diawal tahun 2000an ini sempat dinyatakan bangkrut. Konon, produsen ponsel asal Finlandia ini sempat bersikukuh dengan idealismenya yang tak ingin membuat ponsel berbasis android. Ketika ponsel lain berlomba-lomba membuat ponsel pinar berbasis android, Nokia justru membuat windows phone. Kini Nokia telah di beli oleh raksasa perusahaan teknologi dunia Microsoft. Saat ini pun Nokia sudah bangkit kembali dan siap meramaikan kompetisi bisnis ponsel dunia.

 

(Sumber Gambar Utama : pinterest.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here