Ublik.id. NYX Faceawards Indonesia 2017. NYX Faceawards Indonesia 2017 merupakan event terbesar dan pertama NYX Faceawards 2017 yang telah berlangsung di beberapa negara, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Kompetisi ini telah selesai diselenggarakan pada bulan lalu, dimulai dengan seleksi yang cukup ketat yang diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dengan mengupload maksimal 5 (lima) materi kiriman pada website NYX Faceawards Indonesia. Dari seleksi ini akan dipilih 30 peserta dengan nilai tertinggi berdasarkan penilaian kreativitas tampilan, karya seni dalam tampilan rias, presentasi tema dan kualitas produksi video. Top 30 NYX Faceawards Indonesia 2017 diwajibkan menerima tantangan dengan tema berbeda untuk bisa lolos dalam Top 15. Untuk lanjut dari Top 15 ke Top 6 NYX Faceawards, kontestan yang lolos diwajibkan membuat materi dengan tema “Candy”. Pada saat grand final NYX Faceawards, kontestan diwajibkan membuat materi akhir dengan tema “Royalty”. Kontestan yang menjuarai kompetisi ini berhak mendapatkan hadiah Rp.100.000.000 dan berkesempatan untuk menyaksikan Grand Final NYX Faceawards di Los Angeles, Amerika Serikat.

 

Sumber : Foto Pribadi

 

Ada yang sedikit berbeda dari para kontestan NYX Faceawards Indonesia 2017. Alaiyal Hikmah, kontestan yang berasal dari Malang ini menunjukkan bahwa perempuan berhijab bisa dan sanggup mengikuti kompetisi ini hingga lolos sampai tahap akhir dalam kompetisi ini. Alumni S1 Seni Rupa Universitas Negeri Malang ini semakin memantapkan hati bahwa pasti akan ada jalan di setiap apa yang telah kita yakini. Sebagaimana seorang tokoh perempuan mengatakan bahwa “Hijab itu menutupi kepalamu, bukan kecerdasanmu”. Tidak ada yang membatasi kemampuan dan kecerdasan seseorang meskipun ia memakai hijab. Bukanlah hal mudah untuk meyakinkan bahwa dirinya mampu dalam mengikuti kompetisi ini, berkat dukungan dari sahabat dan orang-orang disekitarnya membuatnya berani untuk mengikuti kompetisi ini. Meskipun dengan berbagai keterbatasan materi dan peralatan tidak pernah menyurutkan semangatnya untuk terus berkarya, mulai dari begadang memantapkan tema, koneksi internet yang tidak stabil, survey berbagai lokasi yang sesuai dengan materi kiriman, wardrobe yang digunakan, makeup yang sesuai serta peralatan editing video.

 

Alaiyal dalam tema Candy, Sumber : plus.google.com

Perjalanan Iyal, panggilan Alaiyal Hikmah dimulai ketika ia gagal dalam kompetisi Big Thing Make Up Challenge NYX yang diadakan sebelum kompetisi faceawards ini. Meskipun ada beberapa keraguan karena kegagalannya yang pertama, tidak membuat Iyal dan team mundur dalam kompetisi ini. Bahkan kegagalannya tersebut merupakan cambuk peringatan bahwa akan ada kesempatan lagi jika kita mau mencoba. Karena ia yakin, orang baik akan dipertemukan dengan orang baik pula. Di sela kesibukannya sebagai penata rias dalam pesta pernikakan, wisuda dan event-event lainnya, Iyal tetap memprioritaskan kompetisi ini meskipun dalam keadaan yang sudah mendekati deadline. The power of kepepet mungkin perumpamaan yang tepat ketika Iyal berhasil lolos dalam Top 30 karena video yang dibuat baru di submission 1 hari sebelum kompetisi ditutup.

Bagaikan mendapatkan durian runtuh, Iyal berharap pada proses selanjutnya akan lebih baik dari yang sebelumnya. Sehingga saat tantangan Top 15 dengan tema Pop Art, Iyal menampilkan 2 look yakni look pop art dan look wpap yang sangatlah berbeda dengan kontestan lain yang memilih look pop art bernuansa horor yang menjadikannya mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan peserta yang lain. Tantangan Top 6 dengan tema “Dreaming in Candy” Iyal mengangkat cerita tentang seorang Ibu Peri yang memberi kebahagiaan melalui permen. Pada tantangan ini Iyal menggabungkan antara konsep Ibu Peri, permen, kampung warna-warni Jodipan Malang, coldplay, pop art dan narasi video sehingga ia berhasil lolos dalam Top 6 NYX Faceawards 2017.

ALAIYAL HIKMAH, SATU-SATUNYA KONTESTAN BERHIJAB NYX FACEAWARS INDONESIA 2017
Sumber : imgrum.org
ALAIYAL HIKMAH, SATU-SATUNYA KONTESTAN BERHIJAB NYX FACEAWARS INDONESIA 2017
Sumber : youtube.com

Kontestan Top 6 berkesempatan untuk hadir dalam Senayan City untuk mengikuti serangkaian acara Grand Final dengan tema “Royalty” dan berkesempatan untuk bertemu langsung dengan para juri yang merupaan vlogger dan blogger make up yang terkenal. Pada tantangan “Royalty” ini Iyal mengangkat tema Dewi dengan menggunakan background di pelataran candi lengkap dengan penari khas kerajaan untuk mengenalkan sosok Dewi Kerajaan yang ada di Indonesia.

ALAIYAL HIKMAH, SATU-SATUNYA KONTESTAN BERHIJAB NYX FACEAWARS INDONESIA 2017
Sumber : youtube.com

Pasti akan ada kerikil yang menghalangi dalam setiap proses, itupun juga dirasakan oleh Alaiyal ketika menuju Grand Final akun youtube yang tiba-tiba di suspend oleh pihak Youtube, kecopetan handphone hingga tiket yang hilang memberikan pembelajaran tersendirinya baginya. Hingga Grand Final pun tiba dan disiarkan secara langsung via Facebook, Youtube dan Instagram. Iyal pun sudah siap tampil dengan aneka wardrobe dan crown yang dibuat sendiri olehnya. Dan pada saat pengumuman tanpa disangka ia mendapatkan juara kategori “Education” NYX Faceawards Indonesia 2017. Ia pun berharap dengan adanya kompetisi ini bisa dijadikan batu loncatan untuk karirnya di masa yang akan datang. Bukanlah hijab yang membatasi seseorang dalam berkarya, melainkan pemikiran yang terbatas yang menghentikan karya seseorang.

 

(Sumber Gambar Utama : youtube.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here