8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangSama seperti kebanyakan perantau asal Jawa, Sunda dan lainnya yang banyak ditemui di Jagat Nusantara Indonesia ini, pasti diantara kalian yang membaca artikel ini merupakan Perantau Asal Minang, Jawa, Sunda, dll. Banyak perantau asal minang yang itu menuntut ilmu, membuka usaha atau untuk memulai karir nya yang gemilang. Yang keren nya lagi dengan banyaknya perantau asal minang, diantara meraka bukan hanya sekedar untuk merantau saja yakni mulai dari yang sukses menjadi Pengusaha Kuliner terkenal, menjadi Mahasiswa/Mahasiswi Berpretasi di Kampusnya, bahkan menjadi salah satu Karyawan di perusahaan besar dengan Jabatan yang tinggi. Benerkan?

Yang harus kita ingat disini bahwa Kesuksesan seseorang dalam hidupnya tidaklah jatuh dari langit. Mereka perantau asal Minang yang sukses di ranah rantau mempunyai tingkat Kedisiplinan yang tinggi, Keuletan yang ‘mungkin’ nggak dimiliki oleh perantau selain minang, semangat yang terus membara dan membakar Jiwa untuk merubah Hidup menjadi lebih mapan atau sukses, kegigihan yang telah terlatih sejak kecil, tekad yang sangat Kuat dan mempunyai Prinsip Hidup yang selalu dipegang teguh guna membekali meraka untuk mencapai puncak kesuksesan hidup gemilang. Anda mau tau apa aja sih prinsip hidup sukses Orang Minang? Simak terus ya 😊

inilah 8 Prinsip Hidup Sukses Orang Minang yang Telah membuat Mereka Sukses di Keras dan Kejamnya Ranah Rantau!

1. Alam Takambang Jadi Guru

8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangBasrizal Koto (Sumber: Riausky.com)

“Orang Minang Selalu Percaya bahwa Alam dan Pengalaman merupakan Guru Terbaik” Itulah arti dari Prinsip atau Pepatah pertama yang mempunyai makna Walaupun Nggak menimba ilmu hingga ke Tingkat Perguruan Tinggi, Namun mereka yakin bisa menikmati indah dan manisnya Kesuksesan di ranah rantau dan rrinsip tersebut mengajarkan kita bahwa kesuksesan tidaklah Selalu datang dengan cara harus menimba ilmu hingga ke bangku Kuliah namun dengan Alam dan Pengalaman bisa bikin kita mencapai Puncak Kesuksesan.

Contoh pertama adalah Basrizal Koto seorang konglomerat asal Minang yang mempunyai belasan perusahaan dengan berbagai bidang yang berbeda jauh yakni mulai dari media, perhotelan hingga pertambangan! Basko adalah panggil Akrab nya Basrizal dengan keterbatasan ekonomi sehingga Beliau hanya menimba ilmu hanya sampai di bangku SD, namun hal tersebut tak membuatnya untuk terus belajar, belajar dengan penuh kegigihan. Alhasil dengan semua perjuannya yang bermula dari caci dan maki serta hinaan oleh orang banyak tak membuatnya surut untuk menjadi pengusaha sukses saat ini.

2. Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah

8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangSumber: Infoyunik.com

Prinsip atau Pepatah diatas bermakna dan mengajarkan kita bahwa agar selalu menjadi orang yang jujur dan mengedepankan kualitas terhadap semua hal yang ada. Entah kenapa, udah nggak heran kalau Anak Muda atau Orang Minang sangat mudah meraih puncak kesuksesan dalam berbisnis dan percaya atau tidak bahwa orang minang adalah Muslim yang religius serta adat Minang selalu berpijak dari Alqur’an. Karena itu, Orang Minang selalu yakin bahwa dalam mencapai puncak kesuksesan tidak hanya dengan bekerja keras dan terus berusaha saja melainkan juga harus berpegang tegus pada Alqur’an dan taat beribadah.

Contohnya saja Kuliner Asal Minang yaitu Restoran Padang sendiri yang bisa Anda temui di seluruh Indonesia bahwa kejujuran, kedisiplinan, dan kualitas makanan dengan rasa yang bikin Lidah bergerilya mondar-mandir minta nambah hehe. Sehingga Restoran Padang yang Anda ketahui bisa bertahan belasan bahkan puluhan tahun lamanya.

3. Dima Bumi Dipijak Disinan Langik Dijunjuang

8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangSumber: Kulinersurakarta.com

Pepatah nomor 3 ini mengajarkan kita bahwa dimanapun kita berada dan selalu menjalin silaturahmi dengan sesama Minang akan tetapi mereka semua tetap menjalin silaturahmi dan menguatkan persahabatan dengan lain suku atau orang-orang dari daerah lainnya. Kemampuan bergaul orang minang wajib diacungi jempol.

Kemanapun Orang Minang merantau, mereka pasti selalu mencoba untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar tempat mereka merantau dan juga selalu menjunjung tinggi, menghargai, menghormati, dan ikut bergabung dengan adat istiadat atau budaya di Ranah Rantau.

4. Baraja ka Nan Manang, Mancontoh Ka Nan Sudah

 8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangPhoto: Endo Putra (Sumber: Facebook.com/endop17)

“Jadikan Mereka yang Sukses sebagai Panutan sambil Memetik Hikmah dari Semua Kegagalan yang ada”, itulah makna dari Pepatah diatas.

Contohnya saja Pria asal Minang yang satu ini, Endo Putra namanya yang Lahir pada 17 Maret 1994 seorang Pekerja Keras yang bekerja di Perusahaan Multinasional yang sangat terkanal di Indonesia Bidang Telekomunikasi divisi Technical Support sekaligus seorang CEO dari Takaitu.com serta beliau merupakan Lulusan D3 dari salah satu Universitas terkenal di Sumatera dan yang saya tahu dia masih Jomblo (Sikat Neng) hehehe.

Seperti wawancara yang saya lakukan kepadanya, dia menuturkan bahwa “saya selalu belajar kepada mereka-mereka yang sudah sukses dan menjadi panutan bagi orang-orang , setiap ada kegagalan yg saya lalu saya akan jadikan itu sebuah pelajaran dan pengalaman berharga bagi saya.” Tuturnya Endo Putra selaku CEO dan Founder dari 3 Platform Media informasi diatas.

Kemudian dia menambahkan tentang pekerjaan bahwa “Saya mempunyai Ambisi besar untuk menciptakan Lapangan Pekerjaan orang banyak yang ingin bekerja secara online dan mempunyai Penghasilan besar, dan Lapangan pekerjaan tersebut berada pada Platform andalannya yakni Takaitu.com sebagai Media Informasi yang bisa diakui oleh banyak orang dan menjadi Media besar di Indonesia bahkan Asia sekalipun.” Tambahnya Endo Putra

Konsep Hidup Sukses yang dipegang teguh oleh Endo Putra yakni “HIDUP MENGHIDUPI artinya Membuat kita dapat digunakan orang lain dalam segala hal, mulai dari hal kecil hingga hal besar.” Tuturnya Endo Putra dan beliau juga menambahkan lagi “Teruslah gapai keinginanmu, selalu rendah diri pada orang-orang sekitarmu, pantang menyerah dan selalu bersyukur pada Tuhan-mu” Sarannya untuk semua perantau Asal Minang.

5. Inda Ada Rotan Aka Pun Jadi, Indah Kayu Janjang Dikapiang

8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangSumber: Hello-pet.com

Pepatah diatas mempunyai makna “Orang Minang sangatlah Jeli dalam memanfaatkan Peluang atau Kesempatan yang ada” Peluang untuk Menuntut ilmu ke tingkat Universitas di Ranah Rantau mereka manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Salah satu anak muda berdarah Minang yang sukses berkarya di perantauan adalah Tulus. Yup, penyanyi berdarah Minangkabau kelahiran Bukittinggi ini sudah mulai menyeriusi karirnya di bidang musik dari sejak menjadi mahasiswa di Bandung. Saat ini, Tulus masuk dalam daftar penyanyi muda berbakat tanah air yang karyanya selalu dinanti.

6. Takuruang Nak Dilua, Tahimpik Nak Diateh

8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangSumber: About.me/faldo_maldini

Pepatah diatas bermakna “Kegagalan bisa Anda jadikan sebagai Peluang Besar Mencapai Puncak Kesuksesan Sebenarnya.” artinya bahwa Kegagalan bukanlah Akhir dari segalanya, melainkan sebuah peluang untuk mencapai puncak kesuksesan yang akan segera dinikmati hasilnya.

Bukan hanya dalam berbisnis saja, Anak Muda minang juga berpretasi dalam Organisasi pada Universitas, dll. Bukan khalayan semata bahwa banyak dari mereka yang menjadi Ketua dari Organisasi Besar, ya salah satunya adalah Faldo Maldini, yang menjabat sebagai Ketua Organisasi PPI UK.

7. Katiko Ado Ditahan, Lah Indak Baru Dimakan

8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangSumber: Blog.mokapos.com

Mungkin sebagian dari kalian berpikir bahwa Orang Minang itu pelit, Benar bukan? Hehe. Statement kalian seperti itu harus di luruskan segera daripada nanti diberi pukulan dari ilmu silatnya mereka hehehe. Makna dari Pepatah diatas adalah “Didalam Hidup Perlu Berhemat dan Memikirkan Masa Yang Akan Datang”

Sebenarnya bukanlah pelit melainkan perhitungan dengan kata lain adalah mereka sangat cerdas dalam memperhitungkan pengeluaran dan pemasukan di Ranah Rantau agar mereka bisa bertahan hidup lebih lama dari kejamnya Ranah Rantau dan satu lagi bahwa mereka sangat menghargai perjuangan keras dalam mencari penghasilan dan menggunakannya kepada hal dengan prioritas yang lebih utama guna mencapai puncak kesuksesan yang mereka inginkan.

8. Selalu Aktif dalam Kesenian, Adat istiadat Minang

8 Prinsip Hidup Sukses Orang MinangSumber: Rinaldimunir.wordpress.com

Artinya begini, mereka selalu aktif dalam Kesenian Minangkabau pada UKM baik itu dikampusnya atau diluar kampus. Mungkin sebagian kalian iri akan Himpunan Mahasiwa Minang yang solid, aktif, dan selalu mengadakan Event Besar.

Salah satunya dengan tetap melestarikan kesenian Minangkabau dikampusnya, ya ibaratnya mereka adalah Duta Budaya Minangkabau di Ranah Rantau. Salut kepada mereka semua bukan?

Nah, selesai juga kan sekelumit pembahasan tentang 8 Prinsip Hidup Sukses Orang Minang. Yang perlu Anda ketahui terakhir adalah penulis sendiri bukanlah Orang Minang melainkan Betawi Asli yang juga salut, bangga banget kepada Anak Muda Minang yang bisa menjadi panutan untuk orang banyak baik ditempat asal mereka maupun di Ranah Rantau.

Hmm, Jika Anda orang minang, saya minta maaf jika ulasan ini terdapat kesalahan dalam penjabaran atau makna nya namun dengan segela kerendahan hati “Saya iri, Bangga dan Salut Kepada Anda! Karena saya belum bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik seperti Anda.” Dan bagi Anda yang bukan asal Minang, 8 Prinsip diatas bisa kalian gunakan juga untuk meraih puncak kesuksesan dan membahagiaakan keluarga, Teman, sahabat, pacar Anda. Semoga Bermanfaat! Wassalam.. 😊

1 KOMENTAR

  1. Kalau untuk konteks Dunia, bisa dikatakan jika orang China (Bukan maksud SARA) memang tiada duanya, karena mereka tersebar dimana-mana, dan tetap produktif.

    Terbukti dengan berbagai macam produk yang bisa mereka buat.

    Tapi kalau untuk konteks Indonesia, orang Minang rasanya yang juga tersebar merata di Indonesia. Hehehe ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here