Ublik. Orang Indonesia yang dikenal Dunia. Kata siapa Indonesia hanya dikenal karena memiliki kekayaan alam yang berlimpah, garis pantai yang panjangnya bukan main atau pemandangan alam yang selalu bikin setiap orang berdecak kagum saja. Tidak, anugerah Tuhan terhadap bumi pertiwi ini tak cukup disitu saja. Tuhan juga mengultuskan banyak sekali orang-orang Indonesia yang juembawa nama Indonesia ke kancah Internasional. Dan tentunya membuat orang-orang luar negeri itu mesti angkat topi untuk sekedar menghormati setiap karya dan juga dedikasi yang telah orang-orang Indonesia ini perbuat. Siapa sajakah mereka itu? Berikut ini ublik beri rangkumannya.

The Tielman brothers

8 Orang Indonesia Paling Terkenal Dikenal Dunia
Sumber : isigood.com

Kalau kamu bertanya-tanya band rock pertama di dunia itu apa? Maka kamu harus tahu jika jawabanya adalah The Tieman Brothers. Ya, bukan The Beatles, Rolling Stones atau Scorpions. Istimewanya, band rock tertua sekaligus pertama di dunia itu adalah band rock asal Indonesia. Betul sekali, The Tieman Brothers ini digawangi oleh orang-orang Indonesia. Mereka itu arek-arek Suroboyo yang mendapat kesempatan menetap di Belanda. Sejak di Surabaya mereka sudah membentuk band tersebut. Dan tetap bertahan hingga mereka hijrah ke Belanda. Siapa sangka di Belanda, band yang digawangi oleh Andy Tielman (guitar, vocal), Reggy Tielman (banjo, guitar, vocal), Ponthon tielman (double bass, guitar, vocal), Loulou Tielman (Herman Lawrence)(drum, vocal) dan Jane Tielman (Janette Loraine)(vocal) itu sangat diminati di Belanda. Gaya mereka yang atraktif menjadi hiburan tersendiri. Bahkan, usut punya usut, Paul Mc Cartney pentolan The Beatles itu juga membentuk band The Beatles karena terinspirasi dari The Tieman Brothers.

Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Ahmad Khatib Al Minangkabawi
Sumber : thechantary.blogspot.com

Pilihan Editor :

 

 

Pada akhir abad ke 18 hingga awal abad ke 19, Kota Mekkah tahu betul soal sosok yang satu ini. Dialah Ahmad Khatib Al Minangkabawi, seorang ulama yang cukup dipandang pada zaman tersebut di kota suci umat islam itu. Ahmad Khatib adalah orang asli Indonesia. Ia pergi dari bumi pertiwi untuk menuntut ilmu di kota suci tersebut. Ahmad Khatib berguru pada ulama terkemuka asal Mekkah saat itu. Hingga akhirnya, roda berputar dan Ahmad Khatib kemudian dikenal juga sebagai guru agama disana. Ia juga dikenal sebagai seorang guru dari ulama-ulama besar Indonesia seperti K.H Hasyim Ashari dan juga K.H Ahmad Dahlan. Ahmad Khatib wafat di Mekkah pada usia 56 tahun. Namun jasa beliau begitu dikenal luas oleh publik.

 

Ir. Soekarno

8 Orang Indonesia Paling Terkenal Dikenal Dunia
Sumber : 3.bp.blogspot.com

Nampaknya tidak ada orang Indonesia yang tak kenal sosok yang satu ini. Ir. Soekarno atau juga biasa dipanggil dengan sebutan Bung Karno. Dialah presiden pertama Indonesia. Dia jugalah yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Bungkarno begitu dikenal dan disegani tidak hanya oleh masyarakat Indonesia tapi juga dunia. Bung Karno pernah menggagas gerakan non blok sebagai prinsip bagi negara-negara yang tak mau ikut campur dengan peperangan sengit yang dilakoni oleh Amerika dari blok barat dan Uni Soviet (sekarang Rusia) dari blok timur. Selain itu Bung Karno dikenal dengan sosok yang berani. Sikap tak kenal takutnya itu bahkan sempat membuat Indonesia keluar dari keanggoaan PBB. Walaupun beberapa tahun berikutnya bergabung kembali. Bung Karno juga berhasil membangun Stadion Utama Gelora Bung Karno yang kala itu menjadi stadion terbesar dan termegah seantero jagat. Kita juga mesti tahu bahwa nama Soekarno juga bisa kita temui di banyak negara sebagai bentuk penamaan jalan atau yang lain.

 

BJ. Habibie

8 Orang Indonesia Paling Terkenal Dikenal Dunia
Sumber : infokuberita.com

Siapa yang tak akan mengacungkan jempolnya ketika mendengar nama sosok yang satu ini. Baharuddin Jusuf Habibie. Atau yang begitu akrab disapa Pak Habibie. Beliau dikenal sebagai orang pintar pada tahun 80 hingga 90an. Banyak cita-cita anak kecil di Indonesia adalah menjadi seperti Habibi. Ya, dialah seorang yang selalu bergairah dengan apapun yang  berkaitan dengan pesawat terbang. Ia menempuh kuliah di Jerman dan sukses mewujudkan mimpinya membuat pesawat. Bahkan ada satu teorinya yang begitu bermakna dan selalu dipakai dalam rangka membuat si burung besi tersebut oleh produsen pesawat dunia. Habibie juga pernah menjadi presiden Indonesia. Saat itu dia menggantikan Soeharto yang digulingkan paksa oleh mahasiswa. Namun, Habibie menjabat tak lama, ia benar-benar bukan seorang politis. Ia hanya memimpin Indonesia hingga Pemilihan Umum dimulai.

Mocca

8 Orang Indonesia Paling Terkenal Dikenal Dunia
Sumber : laguterjemahanku.blogspot.com

Barangkali nama grup band yang satu ini tak begitu sering di dengar oleh pecinta musik tanah air. Tapi, di Asia nama Mocca benar-benar membahana. Mereka manggung dari negara satu ke negara lain. Alunan music jazz dari grup musik asal Bandung itu membuat siapapun yang mendengar akan langsung menyukainya. Lagu-lagu Mocca sering dijadikan soundtrack dari film-film diluar negeri. Bahkan mereka juga sudah taken kontrak dengan salah satu perusahaan rekaman. Band yang beranggotakan Riko Prayitno (gitar), Arina Ephipania (vokal dan flute), Achmad Pratama (bass), dan Indra Massad (drum) itu kini sudah memiliki empat album.

Joey Alexander

8 Orang Indonesia Paling Terkenal Dikenal Dunia
Sumber : blogs.kcrw.com

Kecil-kecil cabe rawit. Hal itu pantas disematkan kepada bocah yang satu ini. Bagaimana tidak, dia adalah orang Indonesia pertama yang berhasil mencatatkan namanya dalam nominasi Grammy Award ketika usianya masih 12 tahun. Bahkan dia adalah musisi termuda sepanjang sejarah Grammy Award yang namanya masuk nominasi. Dia adalah seorang pianis kenamaan. Jari-jari lentiknya selalu dapat menghipnotis siapapun yang mendengarkanya. Musisi jazz cilik itu kini namanya sudah mulai tidak asing lagi di Amerika.

Joe Taslim

8 Orang Indonesia Paling Terkenal Dikenal Dunia
Sumber : babbleon5.wordpress.com

Masyarakat Indonesia mendadak tercengang ketika mengetahui aktor tampan yang satu ini ikut bermain dalam film Fast and Furious. Bagaimana tidak, film tersebut adalah satu dari sedikit film keluaran holywood yang selalu dinanti sekuel terbarunya. Dan Joe Taslim orang Palembang itu berlakon disana. Bahkan dalam film itu, joe sempat beradu akting langsung dengan dua pemain utama film tersebut. Dalam adegan berantem yang barangkali akan selalu diingat oleh pecinta film di Indonesia.

Butet Manurung

8 Orang Indonesia Paling Terkenal Dikenal Dunia
Sumber : sumber.com

Kalau kamu pernah nonton film Sokola Rimba. Harusnya kamu sudah hafal dengan sosok ini. Ya, dialah Butet Manurung. Dia adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi dunia pendidikan khususnya bagi orang-orang pedalaman. Butet rela mewakafkan hidupnya untuk dapat mengajar disana. Bahkan apa yang ia lakukan menjadi hal yang bermanfaat bagi banyak orang. Sampai-sampai pada tahun 2004, majalah TIME menganugerahinya sebagai salah satu pahlawan dari Asia.

 

(Sumber Gambar Utama : sumber.com)

(Editor : AprianingDwi)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here