UblikTradisi Lebaran di Indonesia. Lebaran sebentar lagi. Setelah berpuasa satu bulan lamanya, setelah menahan lapar dan dahaga akhirnya hari yang ditunggu-tunggu itupun  tiba juga. Hari kemenangan. Hari yang barangkali jadi yang paling istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia. Idul fitri,  didalamnya barangkali hanya ada kebahagiaan dan kesenangan yang tak terhingga. Bagaimana tidak, dalam perayaan Idul Fitri kita diri kita menjadi suci kembali, banyak orang menganalogikanya seperti bayi yang baru lahir. Masih asri dan belum terpapar dosa. Selain itu momen Idul Fitri adalah momen berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Momen yang barangkali ditunggu selama satu tahun sekali. Karena itulah, setiap datang bulan suci ramadhan, dan akan tiba waktunya berlebaran, maka tak mengherankan jika umat muslim menyambutnya dengan penuh kebahagiaan.

Memang, umat muslim diseluruh dunia akan menyambut dengan penuh kebahagiaan, tetapi di Indonesia, negara dengan jumlah populasi umat muslim terbesar dan terbanyak di seluruh dunia ini memiliki beberapa kebiasaan dalam semarak Idul Fitri. Kebiasaan yang tentunya akan semakin menambah keceriaan di hari nan fitri tersebut. Kebiasaan-kebiasaan itu barangkali hanya bisa di temui di negara Indonesia saja. Nah, jadi apa saja sih kebiasaan-kebiasaan  perayaan idul fitri umat muslim yang hanya bisa kita temui di Indonesia? mari simak ulasan dan rangkuman dari ublik berikut ini :

 

1Maaf Memaafkan dengan Tetangga dan Kerabat

tradisi saling memaafkan saat Lebaran, Sumber: bundakonicare.com

Selesai shalat Ied berjamaah. Hal selanjutnya yang dilakukan oleh orang-orang kita adalah saling meminta maaf dengan sesama. Biasanya sembari dengan menyebut kalimat “Minal aidzin wal fa idzin, mohon maaf lahir dan bathin” Proses maaf memaafkan itu akan terjadi dengan tetangga-tetangga, kerabat, dan orang-orang terdekat. Jika tak dapat berjumpa langsung, Ucapan minta maaf itu dapat di kirimkan melalui pesan lewat sosial media. Terakhir, maaf memaafkan juga pasti dilakukan dengan sesama keluarga. Salah satunya dengan melakukan prosesi sungkeman.

2Sungkeman

tradisi sungkeman saat Lebaran, Sumber: Blogspot.com

Ini barangkali hanya dilakukan oleh orang Indonesia. Proses sungkeman adalah proses meminta maaf yang dilakukan oleh seorang anak kepada orang yang lebih tua. Biasanya dilakukan kepada orang tua. Sembah sungkem ini memiliki bertujuan untuk meminta maaf dengan sepenuh hati kepada orang tua atas segala macam kesalahan dan kekhilafan yang dilakukan selama ini. Dibeberapa tempat, prosesi sungkeman biasanya dilanjutkan dengan mencuci kaki kedua orang tua sebagai simbol lain untuk menyucikan diri dan memohon ampun yang sebesar-besarnya pada kedua orang tua.

3THR

Sumber: kudo.co.id

THR, Cuma terdiri dari tiga huruf. Tapi, suaranya terdengar sangat merdu. Ya! sebab THR punya kepanjangan “Tunjangan Hari Raya” siapa juga yang tak sumeringah ketika mendengar kata tunjangan? Nah tunjangan hari raya ini biasanya diberi untuk para pegawai ataupun karyawan yang telah setahun bekerja dengan penuh dedikasi. Selain itu, istilah THR juga dipakai untuk membagi-bagikan uang kepada sanak keluarga yang masih kecil atau umur lebih rendah. THR ini ditunjukan sebagai makna berbagi rezeki antar keluarga. Dan memang tradisi THR ini mungkin cuma bisa ditemui di negara-negara islam di asia tenggara yang salah satunya sudah pasti Indonesia.

4Ziarah Kubur

Tradisi ziarah makam di bulan Ramadhan, Sumber tuntunansholat.info

THR sudah, biasanya bagi keluarga yang sanak keluarganya sudah tiada akan menyempatkan diri untuk berkunjung ke makam.  Mereka kesana untuk sekedar membersihkan makam atau mengirim doa pada sanak keluarga  yang telah mendahului. Jangan salah, saat Lebaran, pemakaman yang biasanya sepi pengunjung dapat tiba-tiba ramai. Selain itu ada banyak orang yang mengambil keuntungan dari ramainya makam seperti berjualan bunga sampai membuka jasa membaca doa.

5Wisata

sumber: AsliCirebon

Momen Lebaran adalah momen dimana seseorang memiliki waktu yang cukup untuk dapat berlibur bersama orang-orang terdekat. Jadi, jangan salah jika momen Lebaran tiba, maka momen berlibur juga akan datang. Pada hari Lebaran atau hari-hari setelah Lebaran, tempat wisata akan penuh didatangi oleh banyak pengunjung dari banyak tempat yang ingin merasakan liburan di masa-masa perayaan Idul Fitri.

6Mudik

Tradisi mudik Lebaran, Sumber: Kompas.com

Tradisi mudik adalah tradisi Lebaran yang Indonesia banget. Dimana orang -orang yang merantau di kota besar pulang ke kampung halamannya dalam satu rentang waktu yang nyaris bersamaan, yaitu ketika Lebaran. Ketika musim mudik tiba kemacetan yang semula terjadi di kota-kota besar berpindah ke jalur-jalur mudik sampai dengan kota tujuan pemudik. Selain itu musim mudik adalah saat dimana harga tiket-tiket transportasi umum menuju kampung halaman melambung tinggi dan habis dengan cepat. Para pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman dengan alat transportasi favorit sepeti kereta api bahkan harus begadang semalaman untuk bisa mendapatkan tiket pulang kampungnya. Kayak mahasiswa lagi KRSan aja ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here