Ublik.id. Senjata Tradisional Indonesia. Bukan hal mudah dalam memperjuangkan kemerdekaan. Semua perjuangan itu mesti dilakukan dengan jaminan nyawa. 350 tahun dijajah bangsa asing membuat jutaan orang Indonesia meregang nyawa mempertahankan tanah wilayahnya sendiri. Barangkali saat masa-masa itu, dentuman-dentuman senjata menjadi alunan yang tiap hari didengar tanpa henti. Suara-suara senjata itu menjadi tanda jika peperangan akan segera dimulai.

Belanda dan kroni-kroninya tentu memiliki senjata yang lengkap. Senapan, tank baja sampai granat mereka punya. Sedang si tuan rumah hanya bersenjatakan bambu yang diruncingkan ujungnya. Tidak adil memang, tapi hal itulah yang terjadi dan lambat laun kemerdekaan pada akhirnya bisa diraih oleh Indonesia dari tangan para penjajah. Tentu, tak hanya bambu runcing senjata yang dipakai orang kita untuk memburu penjajah. Saking kayanya Indonesia, ditiap daerah bahkan punya senjata khasnya sendiri. Senjata yang kemudian menjadi sejarah panjang perjuangan rakyat Indonesia menuntut haknya. Hak untuk bebas dari segala bentuk kolonialisme. Nah apa saja senjata khas dari berbagai daerah Indonesia yang menjadi bagian tak terpisahkan perlawanan melawan penjajah. Berikut rangkumannya:

Rencong Aceh

6 Senjata Khas Indonesia Ini Berhasil Tumpas Perlawanan Penjajah
Sumber : pinteret.com

Bumi serambi mekah patut berbangga. Selain tanah subur yang mereka punya, Aceh juga dikaruniai orang-orang berani. Ada banyak orang Aceh yang dikenal sebagai pahlawan nasional. Teuku Umar, Cut Nyak Dien, Cut Mutia dan masih banyak lagi. Mereka tak ragu melawan dan menumpas para penjajah. Salah satu senjata yang mereka pakai adalah Rencong. Ya, rencong adalah senjata khas orang-orang Aceh. Bentuknya cukup unik untuk kaliber senjata tajam. Rencong ini memiliki bentuk meyerupai huruf “L”. Biasanya mata rencong ini melengkung. Senjata yang punya panjang kisaran 10 hingga 50 cm itu juga menjadi simbol keberkelasan seseorang di Aceh. Meski begitu, terbukti rencong ampuh menumpas para penjajah.

Celurit Madura

6 Senjata Khas Indonesia Ini Berhasil Tumpas Perlawanan Penjajah
Sumer : pinterest.com

Siapa yang tak mengenal senjata yang satu ini. Tentu banyak orang sudah tahu betul soal senjata yang punya ciri bentuk melengkungnya itu. Bagi orang-orang Madura, celurit adalah bagian dari tradisi budaya dan kehidupan mereka sejak zaman dahulu. Bahkan sudah pasti ketika kita mendengar kata celurit yang terlintas dibenak kita adalah daerah Madura. Meski dikenal sebagai senjata khas Madura, celurit memang dipergunakan sehari-hari oleh masyarakat untuk bertani dan mencari rumput.

Mandau Dayak Kalimantan

6 Senjata Khas Indonesia Ini Berhasil Tumpas Perlawanan Penjajah
Sumber : jualbelisegalarupa.blogspot.com

 

“Ambang Birang Bintang Pono Ajun Kaju” begitulah orang-orang Dayak Kalimantan mengagungkan senjata khas mereka ini. Masyarakat Dayak Kalimantan percaya jika ika Mandau dapat melindungi pemiliknya dari marabahaya. Karena itulah untuk merawat mandau ini dibutuhkan perawatan khusus yang tak boleh sembarangan. Kalau dilihat sekilas, bentuk Mandau ini mirip dengan pedang. Akan tetapi, jika dilihat lebih detil lagi mandau punya keunikan tersendiri. Jika kita lihat secara seksama Mandau punya ukiran disetiap sisi yang tidak tajam. Selain itu, mandau punya bentuk gagang yang tentunya berbeda jauh dengan Pedang. Pada zaman penjajahan. Mandau begitu ditakuti para penjajah yang hendak memerangi masyarakat Dayak Kalimantan. Akan tetapi kini, mandau justru jadi ciri khas suku dayak. Mandau tak lagi berupa senjata khas yang ditakuti melainkan kini mandau menjadi souvenir yang mesti dibeli ketika seseorang berkunjung ke Dayak Kalimantan.

 

Keris Jawa

6 Senjata Khas Indonesia Ini Berhasil Tumpas Perlawanan Penjajah
Sumber : suratkabar.id

Bentuknya tak terlalu panjang. Ada ukiran di gagangnya. Dan yang pasti bentuk matanya yang meliuk-liuk. Keris. Siapa yang tak mengenal senjata tajam kebanggaan orang Jawa ini? Pada zamanya dulu, keris menjadi simbol kelas seseorang. Banyak orang juga percaya jika keris punya daya magis tersendiri. Penjajah juga cukup ketakutan jika berhadapan dengan musuh yang menggunakan keris. Selain punya daya magis. Tertusuk keris benar-benar begitu menyakitkan. Bentuknya yang meliuk itu akan dapat merobek-robek isian tubuh seseorang langsung di dalamnya. Pantas jika keris begitu di senangi oleh bangsawan-bangsawan Jawa. Pembuat Keris disebut Empu. Bukan sebuah hal mudah membuat keris. Mesti ada ritual khusus tersendiri dalam membuat keris. Dan yang perlu kalian tahu, jumlah lekukan keris itu mesti ganjil. Kini keris masih tetap diburu orang banyak setidaknya untuk pajangan. Selain itu keris juga digunakan untuk melengkapi gaya berbusana di momen-momen upaca adat orang jawa. Terakhir Keris juga sudah terdaftar kedalam warisan budaya dunia oleh Unesco.

Kujang Sunda

6 Senjata Khas Indonesia Ini Berhasil Tumpas Perlawanan Penjajah
Sumber : magpielsamagundi.com

Masih di pulau yang sama. Akan tetapi kali ini bergeser ke Barat. Di ranah sunda. Kita tahu jika orang-orang Sunda punya Kujang sebagai senjata khas. Kujang sendiri sudah ada sejak abad ke 8 jauh sebelum Belanda dan kawan-kawanya mengepung dan menjajah bumi pertiwi. Kala Indonesia dijajah, masyarakat Sunda juga melawan dengan kujang yang telah mereka asah supaya tajam itu. Kujang memiliki panjang sekitar 20 sampai 25 cm saja dan mempunya bentuk sedikit melengkung. Akan tetapi di mata kujang ini bisa kita lihat hiasan ukiran yang cantik. Menurut orang Sunda kujang punya arti ketajaman berpikir dan daya kritis. Selain itu kujang juga punya arti keberanian orang Sunda dalam memertahankan hak dan kebenaran

Belati Papua

6 Senjata Khas Indonesia Ini Berhasil Tumpas Perlawanan Penjajah
Sumber : zipoer7.files.wordpress.com

Terakhir ada Belati. Ini adalah sebuah pisau khas milik orang Papua. Belati tak punya ukuran yang cukup panjang. Akan tetapi, ketajamannya cukup membuat bulu kuduk musuh berdiri. Yang paling membuat pisau belati ini menarik adalah asal muasalnya. Ya, pisau belati ini berasal dari tulang burung kasuari yang diruncingkan. Sementara itu bulu-bulu burung kasuari disematkan digagang pisau. Memang lebih banyak orang literasi yang menyebutkan jika belati ini lebih dipergunakan dalam mencari hewan buruan. Meski begitu tak menutup kemungkinan jika belati menjadi salah satu senjata yang dipakai orang Papua untuk memertahankan daerahnya dari para penjajah.

Itulah tadi macam-macam senjata tradisional Indonesia yang menjadi saksi bisu para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Sekarang senjata-senjata itu memang tidak digunakan untuk peperangan tetapi bukan hal yang salah ketika kita melestarikan, bukan?

 

(Sumber Gambar Utama : arsipindonesia.com )

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here