Senang berwisata sekaligus pencinta binatang? Mungkin artikel satu ini bisa membantu kamu memberikan saran tempat liburanmu selanjutnya. Memiliki kekayaan alam yang tak habis-habis dijelajah, Indonesia juga mempunyai beragan fauna yang memikat dan cocok untuk dijadikan destinasi wisata.

Bahkan sebagian dari mereka tergolong hewan-hewan langka yang sudah sulit untuk di jumpai. Meski tergolong langka, beberapa hewan ini masih bisa kita lihat secara langsung asal tetap mematuhi peraturan-peraturan yang ada agar tetap tak menggangu kelangsungan hidup hewan-hewan tersebut. Berikut daftar 6 hewan langka yang bisa jadi tujuan berwisata dengan orang-orang terdekat.

Pilihan Editor:

 

1. Orang Utan, Kalimantan Tengah

6 Lokasi Wisata Binatang Langka di Indonesia
Orang utan (Sumber: wildfor.life)

Kalimantan sangat khas dengan hutannya, tak heran jika beragam jenis flora fauna banyak ditemukan disana. Tak lupa juga salah satu satwa endemik Indonesia yakni Orang Utan banyak ditemukan juga di Kalimantan. Tempat yang jadi tujuan wisata dan juga penelitian tentang Orang Utan adalah di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang berada di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Setidaknya ada dua tempat yang bisa kamu datangi untuk mengamati tingkah polah Orang Utan di TNTP yakni Camp Leakey yang merupakan tempat penelitian berkelanjutan dan Pondok Tanguy sebagai camp khusus untuk penanganan Orang Utan yang pernah dipelihara manusia. Di kedua tempat ini pengunjung akan ditemani petugas dan bisa berinteraksi langsung dengan Orang Utan yang ada.

Gak usah bingung cari tiketnya ke Kalimantan Tengah. Tinggal buka browser dan cari promo pesawat di Reservasi.com.

2. Hiu Paus, Gorontalo

6 Lokasi Wisata Binatang Langka di Indonesia
Hiu Paus (Sumber: liburankeluarga.com)

Terkenal sejak awal 2016 lalu, wisata Hiu Paus di Pantai Botubarani Kabupaten Bone Balango, Gorontalo cukup diminati baik bagi warga lokal maupun mancanegara. Akses dari kota Gorontalo yang kurang dari 60 menit membuat banyak wisatawan tergoda untuk berkunjung. Selain itu, lokasi untuk melihat Hiu Paus disini terbilang sangat dekat dari bibir pantai. Wisatawan tak perlu membayar lebih dan menunggu lebih lama untuk bertemu hewan laut yang jinak ini.

Untuk melihat Hiu Paus di lokasi ini, ada beberapa peraturan seperti tidak boleh menyentuh dengan sengaja tetapi pengunjung dipersilahkan untuk berenang bersama si Hiu Paus ini. Sayangnya, binatang pemakan plankton yang berada disini selalu bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain sehingga kehadirannya sangat tidak bisa diprediksi.

3. Hiu Paus, Nabire Papua

Lokasi wisata binatang langka di Indonesia
wisata binatang langka Hiu Paus (Sumber: Paul Hilton / WCS via mongabay.co.id)

Berbeda dengan di Gorontalo yang jadi tempat persinggahan Hiu Paus, kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih sudah seperti rumah bagi lebih dari 100 ekor Hiu Paus. Berada di perairan laut dalam di Kabupaten Nabire, Papua, pilihan kegiatan diving tentu akan sangat cocok dilakukan wisatawan untuk melihat Hiu Paus dari jarak dekat. Jika tidak memiliki lisensi diving, snorkeling atau hanya menikmati pemandangan Hiu Paus dari atas perahu rasanya sudah jadi pengalaman tak terlupakan.

Jangan lupa juga melihat sambil memberi makan, biasanya dari pihak pengelola disediakan pakan untuk Hiu Paus ini. Untuk bertemu monster jinak ini pengunjung pun bisa merencanakan liburan kapanpun, tanpa perlu takut tidak bertemu dengan ikan bertotol karena dipastikan hiu paus di Nabire ada sepanjang tahun.

4. Hiu dan Penyu, Karimun Jawa

Lokasi wisata binatang langka
Lokasi wisata binatang langka Penyu (Sumber: bpras.com)

Dikenal dengan keindahan pantainya, Karimun Jawa jadi tempat penangkaran bagi jenis predator baik hiu sirip putih maupun sirip hitam. Selain itu, ada juga penangkaran penyu sisik yang juga menarik banyak pengunjung untuk datang. Tepatnya berada di Pulau Menjangan Besar, Jepara, Jawa Tengah banyak wisatawan yang memacu adrenalin dengan berenang bersama beberapa hiu-hiu kecil.

Meski kecil, bayi-bayi ini merupakan anak predator yang tetap bisa memangsa atau setidaknya menggigit. Maka sebaiknya pengunjung tetap mengikuti semua anjuran dari petugas seperti, tidak masuk ke air jika ada luka berdarah maupun bagi wanita yang mentruasi, dan juga harus mencuci tangan dengan bersih sehabis memakan makanan yang berbau amis.

5. Badak Bercula Satu, Ujung Kulon Banten

Lokasi wisata binatang langka
Taman Nasional Ujung Kulon (Sumber: pennylaneonline.blogspot.co.id)

Berada dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Banten, ada sekitar 50 ekor Badak Jawa Bercula Satu yang dilindungi keberadaanya di lokasi ini. Melihat jumlahnya yang sangat sedikit, kondisi ini bisa dikatakan kritis karena nyaris punah. Taman nasional yang juga sudah diresmikan UNESCO sebagai warisan kedua ini masih jadi tempat berkembang biak badak jawa bercula satu secara natural.

Secara persebaran sebenarnya, Badak Jawa ini ada di wilayah Asia sayangnya semua Badak Jawa yang berada di luar Indonesia sudah dinyatakan punah. Jadi, satu-satunya tempat tinggal Badak Jawa ini hanya di Indonesia yakni di Ujung Kulon. Wisatawan yang berminat untuk melihat satwa langka ini hanya bisa melakukan kegiatan “wild watching” dari kejauhan tepatnya di Padang Rumput Cidaon.

6. Komodo, Nusa Tenggara Timur

Wisata di pulau KOmodo
Pulau Komodo (Sumber: Indonesia.travel)

Satu-satunya hewan yang masih hidup sejak zaman purba dulu, wisata ke Pulau Komodo masih jadi bucket list banyak orang. Pulau Komodo yang memang udah keren dari sananya menjadi tempat wisata yang tak hanya Komodo yang jadi daya tariknya. Selain melihat langsung kadal besar dari dekat dan mengetahui beragam infomasi seputar Komodo, wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan bawah laut pulau ini. Bahkan wisatawan juga bisa menikmati karang-karang cantik yang dihuni beragam ikan kecil hingga ikan besar seperti pari dan paus.

Kalau belum kepikiran untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di atas, mending cari deh hotel murah di Bandung kota hanya untuk sekedar melepas stres dan penat biar bisa mengembalikan semangat kerja lagi.

(Sumber Gambar Utama: liburankeluarga.com)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here