Apa yang paling kamu ingat ketika berada di bangku Sekolah Dasar? Teman-teman? Suasana sekolah? Guru-guru yang baik, atau jangan-jangan jajanannya? Nah, memang, jajanan jaman SD ini selalu punya daya pikat tersendiri. Sampai kamu setua apapun, mengonsumsi jajanan jaman SD mungkin tak akan ada bosannya. Padahal kalau kita ingat, dulu orang tua kita sering mewanti-wanti untuk tidak jajan sembarangan.

Tentu ada banyak jajanan jaman SD yang barangkali hanya bisa kita temui di Indonesia saja. Jajanan itu terus melegenda sampai sekarang. Bahkan, bisa dibilang kenikmatan jajanan itu tak lekang oleh waktu. Nah, buat kamu-kamu yang belum bisa move on dari jajanan masa SD. Ada baiknya kamu simak beberapa jajanan yang pernah hits di masa sekolah dasar.

Pilihan Editor :

1.Permen Rokok

Permen Rokok (Sumber: travel.idntimes.com)

Buat kaum adam, jujur saja pasti ada masanya ketika kamu merasa keren hanya karena jajan permen rokok ini. Permen ini memang punya desain menyerupai rokok, bahkan lengkap dengan warna bara api. Cara mengonsuminya juga mesti diemut di salah satu ujungnya. Mirip sekali dengan orang yang sedang merokok. Entah mengapa produsen permen itu membuat desain produknya menyerupai rokok, tapi yang jelas permen ini adalah primadona. Tidak hanya dikonsumsi, kadang permen ini juga diselipkan di telinga. Mirip orang-orang tua jaman dulu yang memang sering menyelipkan rokok di telinga.

2.Agar-agar 

Agar-agar (Sumber: caramemasak.web.id)

Jajanan ini bisa dibilang cukup aman untuk dikonsumsi. Beberapa orang sering menyebut ‘ager’. Selain rasanya yang enak, agar-agar juga punya manfaat bagi pencernaan. Beberapa penjual biasanya mengombinasikannya dengan kucuran susu. Selain nikmat, harganya juga tidak terlalu mahal. Bahkan, saking murahnya para pedagang biasanya menjadikan ager sebagai hadiah hiburan. Jadi, di beberapa tempat banyak pedagang yang membuat permainan tebak gambar atau tarik tali. Jika si anak beruntung dan tebakannya benar. Maka hadiah-hadiah seperti mobil-mobilan atau pistol-pistolan bisa mereka dapatkan. Tapi, kalau mereka salah tebak maka yang mereka dapatkan hanya ager sebagai pelipur lara.

3.Ciki Anak Mas

Ciki Anak Mas (Sumber: www.sohibunnisa.com)

Snack yang satu ini cukup banyak diminati pada jamannya. Yang unik adalah sebutan ‘ciki’ untuk snack Anak Mas dan berbagai snack lainnya. Harganya bisa dibilang cukup murah. Bahkan lebih murah dari ciki-ciki lain. Selain itu, Anak Mas juga punya cita rasa yang khas, membuat siapapun yang mencobanya selalu ketagihan. Bukan cuma itu, cara makannya juga unik. Saat itu bisa dibilang anak emas adalah pelopor jajanan mie kering dalam kemasan. Jadi, untuk mengonsumsinya, mie kering tersebut mesti diremukkan terlebih dahulu, kemudian ditabur oleh bumbu kemudian di kocok-kocokkan hingga bumbu merata. Biasanya sisa bumbu dibungkusnya sering dijilat. Tapi, kini jajanan yang satu ini sepertinya sudah mulai punah. Kalau kita pergi ke warung juga, ciki berlambang dua anak kecil itu sudah sangat sulit ditemukan.

4.Gulali

Gulali (Sumber: www.ramesia.com)

Orang tua biasanya melarang anaknya mengonsumsi terlalu banyak makanan ini. Padahal gulali punya rasa yang enak! Iya, gulali memang punya rasa manis yang benar-benar nempel di lidah bahkan tenggorokan. Saat dulu banyak yang beranggapan jika gulali dibuat dari gula yang tidak baik. Tapi, meski begitu gulali selalu punya penggemarnya sendiri. Apalagi jika si penjual jago untuk membentuk gulali menjadi berbagai macam bentuk seperti burung, bunga sampai menyerupai tubuh manusia. sudah dipastikan si penjual bakal diserbu oleh anak-anak ketika masa istirahat atau pulang sekolah tiba.

5.Permen Karet Yosan

Permen Karet Yosan (Sumber: travel.tribunnews.com)

Permen karet yang satu ini memang benar-benar legenda. Sejak dulu sampai sekarang, yosan masih jadi permen karet idola banyak orang. Selain rasanya yang memang cukup manis itu, yosan juga punya kekenyalan yang pas. Bukan cuma itu harga yosan juga cukup murah dan jauh lebih terjangkau ketimbang permen karet lain. Dan tentu, yang paling buat Yosan jadi begitu terkenal adalah kuis merangkai huruf Y-O-S-A-N yang terdapat dibungkus bagian dalamnya. Jika dapat berhasil mengumpulkan kesemuanya maka akan dapat hadiah seperti tas, sepeda sampai magic jar. Tapi, tentu mengumpulkannya tidak mudah sebab pihak Yosan hanya menyebar luaskan sedikit bungkus yang bertuliskan huruf N.

6.Cokelat Choyo-Choyo

Coklat Choyo-choyo Legendaris (jaman90an.blogspot.com)

Siapa yang tak suka coklat ini. Anak-anak dari jaman dulu bahkan mungkin hingga sekarang jika ditawari dengan coklat Choyo-coyo ini pasti kegirangan. Karena memang rasa dari si coklat ini memang lezat dan cukup manis. Berbeda dengan kebanyakan coklat yang biasanya berbentuk stik atau balok. Choyo-choyo adalah coklat yang lumer dan ditempatkan disebuat cup sangat kecil. Untuk memakannya kamu perlu mengambilnya menggunakan sendok yang ukurannya juga sangat kecil yang tentunya juga disediakan oleh Choyo-choyo. Harga dari cokelat ini cukup murah meriah. Selain itu terdapat berbagai varian rasa dari coklat Choyo-coyo ini yang ditampilkan dengan warna coklat yang berbeda-beda.

Nah, itu tadi 6 jajanan yang sempat eksis di jaman kita SD. Favoritmu yang mana?