Ublik.id. Tips Mengatasi Kebosanan. Pernahkah kamu merasa terjebak rasa bosan di kendaraan saat lalu lintas sedang macet? Apa yang kamu lakukan saat mengantre lama di kasir supermarket? Atau bagaimana ketika kamu punya beberapa menit waktu berlalu tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan? Mungkin kamu pun seperti kebanyakan orang yang melampiaskan kebosanan pada gadget, entah untuk melihat pesan baru, memeriksa email, melihat perkembangan di media sosial atau main game favorit.

5 Tips Buat Kamu yang Mudah Merasa Bosan
Sumber : trivia.id

Secara sederhana, kebosanan adalah peringatan bahwa kita tidak melakukan apa yang ingin kita lakukan, sedangkan di sisi lain kita masih punya sesuatu yang seharusnya memotivasi untuk mengubah keadaan. Bosan itu memang tidak menyenangkan. Berbagai penelitian yang pernah dilakukan juga menyebutkan bahwa rasa bosan pada remaja berhubungan dengan risiko penyalahgunaan obat terlarang serta kenekatan untuk menghadapi situasi berbahaya. Bahkan hal itu dikaitkan lagi dengan risiko mati muda akibat bunuh diri! Tapi, sebenarnya tidak harus semengerikan itu. Kamu yang selama ini merasa cepat bosan sebenarnya tidak perlu khawatir atau berpikir negatif tentang sifat itu.

Kebosanan dan Kreativitas

Sudah sejak lama perasaan mudah bosan itu dikaitkan dengan kreativitas. Mendapati lingkungan yang sama dan berinteraksi dengan orang yang sama pula, ditambah dengan rutinitas yang itu-itu saja jelas bisa jadi sesuatu yang lebih ‘membunuh’. Orang-orang kreatif dianggap sering mengalami rasa bosan terhadap sesuatu dan sebaliknya orang yang mudah bosan dinilai karena mereka kreatif.

Biasanya ketika orang merasa bosan, maka ia akan segera mendapat saran-saran umum seperti jalan-jalan, mendengar musik atau meninggalkan rutinitas. Ketika seseorang sedang merasa bosan, sangat mungkin bahwa ia akan memikirkan sesuatu yang berada di luar  keadaan normal. Kadang mereka juga melamun dan berkontemplasi. Kreativitas bisa terpacu oleh dorongan kontemplasi dan melamun.

Bagaimanapun adanya, kebosanan itu tidak selalu buruk. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sedikit rasa bosan di harimu bisa membuka potensi pemikiran yang lebih kreatif. Kebosanan erat kaitannya dengan pikiran bebas dan kreatif. Bisa dikatakan kalau sebenarnya semakin kreatif seseorang, harusnya ia akan lebih gampang terhindar dari kebosanan karena situasi yang itu-itu saja bisa disiasatinya dengan berbagai cara. Kalau memang perasaan mudah bosan itu harus cepat diatasi, bagaimana caranya?  Untuk mengatasi rasa bosan, kamu bisa coba praktikkan beberapa tips berikut.

Bersikap Menerima

5 Tips Buat Kamu yang Mudah Merasa Bosan
Sumber : log.viva.co.id

Semua dimulai dengan sikap menerima. Mengapa begitu? Bersikap menerima dalam hal ini adalah mengakui bahwa kebosanan itu mungkin terjadi kapan saja. Menerima kenyataan bahwa beberapa keadaan bisa berpotensi untuk menimbulkan kebosanan, tentu berbeda dengan membiarkan diri ‘mati gaya’ karena bosan. Ketika bosan itu menjadikan mood jadi agak rusak, tetaplah bersikap positif dengan diri sendiri. Ketika kita berusaha untuk lebih mencintai dan menerima orang lain dan keadaan sekitar, pertama-tama kita harus mencintai dan menerima diri kita.

Berkumpul dengan orang yang menyenangkan

5 Tips Buat Kamu yang Mudah Merasa Bosan
Sumber : dailywomen.co.id

Bagi sebagian orang, kebosanan adalah bagian dari depresi. Mereka mungkin sedih, tapi mungkin juga kekurangan minat dan kehilangan kemampuan untuk menikmati suatu hal. Untuk itulah, berkumpul dengan teman-teman bisa memberi kesenangan tersendiri. Bahkan, untuk lingkungan kerja, ada sebuah riset menunjukkan bahwa memiliki hubungan berkualitas dengan teman-teman di tempat kerja meningkatkan kepuasan kerja jangka panjang.

Lakukan sesuatu yang berbeda dari rutinitas

5 Tips Buat Kamu yang Mudah Merasa Bosan
Sumber : explorebandung2016.wordpress.com

Nah ini dia tips yang tidak pernah absen untuk disebut dalam rangka mengatasi kebosanan. Melakukan sesuatu yang berbeda dari rutinitas seperti menjadi sebuah aktivitas favorit di dunia kreatif. Tak ada salahnya untuk coba melakukan sesuatu yang berbeda dari rutinitas, minimal sekali dalam sepekan.

Belajar Bebas seperti Anak-anak

5 Tips Buat Kamu yang Mudah Merasa Bosan
Sumber : babykidszoom.blogspot.com

Masih ingatkah saat kamu menjadi anak-anak di mana segala sesuatu begitu menyenangkan? Ketika orang dewasa berpikir bagaimana mencukupi kebutuhan setiap bulan, anak-anak dengan senang hati menceritakan impiannya untuk pergi ke bulan. Kalau kita bertanya pada anak-anak apa cita-cita mereka, berbagai jawaban akan kita dapatkan: jadi dokter, astronot, presiden, pilot, sampai menjadi putri duyung! Mereka tidak ragu-ragu. Mereka seolah tidak memikirkan halangan, melainkan kemungkinan.

Memang benar bahwa seiring bertambahnya umur, kita akan menghadapi banyak hal yang membutuhkan pemikiran matang dan perlahan-lahan meninggalkan jiwa anak-anak. Tapi apakah itu lantas menjadikan kita terbentuk jadi orang dewasa yang kaku dan membosankan? Sementara itu, banyak juga anak kecil yang ingin cepat menjadi dewasa. Mungkin di pikirannya, dewasa itu menyenangkan. Mereka ingin cepat-cepat memiliki hal-hal menyenangkan yang tidak bisa didapat anak-anak. Ketika banyak anak kecil ingin cepat menjadi dewasa, di saat bersamaan banyak orang dewasa yang ingin jadi anak-anak kembali.

Selalu Bersikap Positif

5 Tips Buat Kamu yang Mudah Merasa Bosan
Sumber : inc.com

Positive Thinking itu penting, tapi positif di dalam pikiran saja tentu tidak cukup. Pastikan untuk selalu bersikap positif. Bosan itu sebenarnya juga membawa hal positif. Bayangkan kalau tidak ada orang bosan dengan pencapaian tertentu, di bidang teknologi misalnya, maka kemungkinan kita tidak melihat komputer canggih, smartphone, dan internet berkecepatan tinggi.

Setiap merasa bosan, ingat kalau dunia ini berjalan sangat dinamis. Setiap hari ada saja cerita dan berita yang berbeda. Kalaupun bosan, jadilah seorang ‘pembosan’ yang aktif, yang tidak betah berdiam diri dan secara aktif membuat perubahan. Ketika hari-harimu banyak dipakai untuk kerja keras, secara berkala istirahatkan sementara beberapa fungsi dari anggota tubuhmu yang sebelumnya terforsir untuk bekerja keras.

Jadi, bosan itu memang sesuatu hal yang wajar ya. Tinggal bagaimana kita mengelola kebosanan itu menjadi sesuatu hal yang menyenangkan hingga kita lupa kalau kita sebenarnya sedang mengalihkan kebosanan kita. Perlu dicoba ya!

 

(Sumber Gambar Utama : alrai.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here