DKI Jakarta sebagai ibu kota Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Provinsi khusus ini juga punya segudang cerita untuk terus dikisahkan dari waktu ke waktu, mulai dari pemerintahan, kebudayaan, sampai pada tempat-tempat rekreasinya. Eits, jangan pikir kota dengan jumlah gedung bertingkat terbanyak se-Indonesia ini tak punya tempat wisata ya. Tempat wisata di Jakarta juga bisa jadi pilihan di akhir pekan.

Pilihan Editor :

Ada beberapa tempat wisata di Jakarta yang cukup melegenda dan sebetulnya punya daya tarik tersendiri. Meski tak seindah pantai Togean di lidah Sulawesi atau Gumpalan karang yang berderet rapih seperti di Raja Ampat, Jakarta punya sensasi wisatanya sendiri. Bertajuk ‘Enjoy Jakarta’, pemerintah setempat ingin menggaet wisatawan sebanyak-banyaknya untuk hadir ke ‘Kota Provinsi’ yang terletak di utara Pulau Jawa itu. Penasaran apa saja tempat wisata di Jakarta? Berikut Ublik rangkumkan ulasannya buat kamu.

1.Setu Babakan

Setu Babakan (Sumber: en.tempo.co)

Jika kamu pikir Jakarta tidak punya tempat wisata yang memiliki pemandangan  memukau, Setu Babakan akan menjawab segala keraguan kamu akan hal itu. Setu Babakan terletak di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Kotamadya Jakarta Selatan. Setu ini memang bukan sebuah danau natural yang terbentuk karena fenomena alam. Setu ini awalnya memang dibuat untuk tempat penampuangan air. Namun kini beralih fungsi sebagai tempat wisata di Jakarta yang bisa kapan saja kamu kunjungi. Bahkan, belum lama ini Setu Babakan juga jadi pusat kebudayaan betawi. Di sini selain hamparan air yang dapat meneduhkan mata. Kita juga dapat melihat berbagai pertunjukan budaya yang memang dipanggungkan di sini. Selain itu juga ada banyak macam jajanan khas betawi yang bisa kamu coba. Yang jelas, Setu babakan ini recomended buat kamu yang ingin wisata tapi tidak jauh-jauh dari Jakarta.

2.Monumen Nasional

Monas (Sumber: wisatamu.com)

Jangan hanya berpikir jika monas tak lebih dari sebuah monumen kaku yang cuma bisa dinikmati dari luar saja. Selama ini banyak yang menganggap jika wisata ke monas adalah rekreasi sederhana. Padahal ada satu sisi monas yang patut kamu eksplorasi. Sisi tersebut adalah lantai atasnya. Dari sini kamu bisa lihat Jakarta dari banyak sisi. Menikmati gedung-gedung bertingkat serta laut lepas juga bisa kamu tatap dari lantai atas Jakarta ini. Jadi, kalau kamu pergi ke Tokyo Tower di Jepang ataupun Busan Tower di Korea Selatan, sebetulnya tidak jauh beda dengan kamu naik ke lantai atas monas ini. Selain itu ada juga beberapa diorama yang menceritakan monas ketika pertama kali dibangun

3.Taman Mini 

Taman Mini Indonesia Indah (Sumber: expedia.com)

Kamu yang tinggal di Jakarta atau memang bekerja disana, ada baiknya untuk berekreasi ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kenapa? Sebab Taman Mini bisa dibilang adalah ‘taman pintar’ yang mengenalkan Indonsia satu-satunya di negara ini. Di sini kita dapat melihat kesempurnaan Indonesia dari sudut yang lebih mini. Kita bisa mempelajari kebudayaan-kebudayaannya, bisa juga melihat pulau-pulau Indonesia dalam ukuran mikro, bisa juga pergi dan melihat istana buatan yang mirip dengan istana-istana klasik negeri dongeng. Kamu juga bisa main dengan kereta gantung disini. Kereta gantung disini bisa dibilang menjadi kereta gantung pertama yang pernah ada di Indonesia. Jadi, selain rekreasi kamu juga bisa belajar banyak tentang Indonesia di tempat wisata Jakarta ini.

4.Ancol

Taman Impian Jaya Ancol (Sumber: kartikachandra.com)

Jika ditanya ‘apakah Jakarta punya wisata alam?’ jawabannya tentu punya, dan Ancol adalah salah-satunya. Kawasan yang kini dikenal dengan nama Taman Impian Jaya Ancol ini menampilkan pantai serta laut yang tak kalah eloknya dengan tempat lain. Kamu juga bisa berkunjung ke beberapa tempat rekreasi lain di kawasan Ancol ini seperti Dufan, Sea Word atau atlantis. Ancol juga selalu jadi primadona bagi warga jakarta untuk berwisata. Dan kabar baiknya lagi adalah Kini masuk ancol sudah gratis alias tidak dipungut biaya. Jadi, lumayan bisa irit-irit ongkos wisata.

5.Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu (Sumber: epicwander.com)

Ancol tidak sendirian, karena masih ada tempat wisata di Jakarta yang lain berbasis alam air, seperti Pulau Seribu. Meski letaknya terpisah dengan dataran Jakarta, Pulau Seribu masih masuk ke dalam kawasan Provinsi DKI Jakarta. Ada banyak pulau yang bisa kita kunjungi di sini dan hampir semuanya memiliki pemandangan yang ciamik! Pasir putih, pohon kelapa serta laut yang biru adalah jaminan pasti untuk para pengunjung yang berkunjung dan berwisata ke sini. Kamu juga bisa menginap karena beberapa rumah warga disewakan untuk para pengunjung. Selain itu juga sudah ada cottage-cottage yang berdiri dan cukup membuat nyaman para pelancong.

Itulah tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat di Jakarta.

 

(Sumber Gambar Utama: expedia.com)

Editor: Restia Ningrum