in ,

5 Tanda kalau Bulan Ramadhan Sudah Dekat

JAKARTA, INDONESIA - JUNE 27: Children carry torches during a procession to celebrate the beginning of the holy month of Ramadan on June 27, 2014 in Jakarta, Indonesia. Ramadan, the ninth month of the Islamic calendar, is observed by Muslims with fasting, prayers and recitation of the Quran. (Photo by Oscar Siagian/Getty Images)

Bagi umat Islam, ada satu bulan yang diistimewakan. Bulan penuh kesucian sekaligus bulan penuh ampunan. Yap, apalagi kalau bukan bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena selain berlimpah pahala, suasana bulan Ramadhan memang dirasa selalu menyenangkan. Walau harus berlapar-lapar dan menahan dahaga, nyatanya bulan ini memang menyenangkan.

Di Indonesia, sebagai negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, suasana bulan Ramadhan juga selalu istimewa. Bahkan, ada beberapa hal yang bisa jadi tanda kalau bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Penasaran hal apa saja yang bisa jadi tanda kalau Ramadhan sudah dekat? Baca ulasannya berikut.

1.Pasar Makin Ramai

Pasar Tanah Abang (Sumber: womantalk.com)

Pasar adalah pusat dari proses jual beli masyarakat, di sanalah tempat orang menukar uangnya dengan berbagai macam produk kebutuhan pribadi setiap hari. Nah, karena bulan puasa sudah semakin dekat, biasanya orang akan berbondong bondong untuk datang ke pasar. Alasanya sudah tentu karena masyarakat ingin membeli berbagai macam kebutuhan pokok dari mulai sembako hingga busana . Mereka datang sedini mungkin ke pasar supaya harga tidak terlanjur naik. Biasanya pasar akan ramai satu atau dua minggu sebelum puasa. Puncaknya adalah dua sampai satu hari jelang bulan suci Ramadhan. Bisa dibilang semua orang bakal tumpah ruah memnuhi sudut-sudut pasar untuk membeli kebutuhannya.

Pilihan Editor;

2.Iklan Sirup Mulai Muncul

Iklan Sirup ‘legendaris’ (Sumber: Tribunnews)

Selanjutnya, barangkali yang satu ini sudah tidak asing lagi. Iklan komeril televisi yang tiba-tiba diramaikan dengan produk sirup. Bagaimanapun juga, sirup adalah salah satu minuman yang memang selalu nikmat untuk diteguk ketika waktu berbuka tiba. Karena itulah, produsen sirup berlomba-lomba merebut hati para pelanggan dengan menciptakan iklan yang menarik dan menggugah selera. Sebab itulah iklan sirup akan tayang barangkali satu bulan atau setengah bulan sebelum bulan Ramadhan tiba supaya konsumen membeli  produk tersebut. Hal itu secara tidak langsung membuat kita menjadi sadar kalau memang bulan suci Ramadhan sudah semakin dekat. Salah satu yang menarik, iklan sirup selalu dibuat berseri, membuat orang menunggu-nunggu bagaimana kelanjutan episodenya.

3.Lagu Religi di Mana-mana

Ramadhan waktunya berbuat kebaikan. Dan memang sebagai umat Islam, kebaikan di bulan Ramadhan memang harus dikejar. Karena itulah, banyak tempat umum sengaja menyetel lagu-lagu religi. Sebetulnya maksud utamanya bukan untuk menyadarkan atau juga promosi, tapi memang untuk menyemarakan bulan suci Ramadhan.

Lagu-lagu religi itu dapat kamu dengar di beberapa tempat umum seperti stasiun, mall dan segala tempat yang memang dipenuhi oleh banyak orang. Jadi, kalau kamu sedang berjalan di beberapa tempat tadi dan mendengar lagu Maher Zain, Opick, atau Haddad Alwi, itu artinya bulan Ramadhan sudah di depan mata.

4.Penjual Petasan Dadakan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk merayakan datangnya bulan suci Ramadhan. Beberapa orang memilih untuk membeli serta bahan pokok. Tapi, beberapa orang yang lain justru melihat ini sebagai peluang. Yap, banyak orang yang tiba-tiba banting stir menjadi seorang pedagang petasan. Mengapa petasan?

Anak-anak Indonesia memang paling suka bermain petasan ketika bulan Ramadhan datang. Entah mengapa ketika Ramadhan datang, rasanya memang sangat cocok jika disambut dengan petasan. Anak-anak kecil ini biasa menyulut petasan setelah kuliah subuh atau shalat terawih.

5.Acara Religi Makin Marak

Acara religi memang identik dengan bulan Ramadhan, bagaimana pun Ramadhan memang saatnya berbagi kebaikan, karena itulah acara-acara religi di media mulai berbondong-bondong menyesaki TV, radio atau bahkan di media sosial. Tapi, biasanya acara religi ini tak hanya dimulai ketika bulan Ramadhan sudah bergulir, tapi beberapa hari atau minggu sebelum bulan Ramadhan. Ketika kamu nonton TV dan acara religi yang melibatkan berbagai pemuka agama sudah marak di beberapa channel TV. Itu artinya bulan suci Ramadhan memang akan datang tak lama lagi, maka mulailah bersiap.

Itu dia beberapa tanda yang terjadi di sekitar kita kalau bulan suci Ramadhan sudah dekat. Dan saat ini beberapa poin yang telah ditulis diatas sudah muncul sedik demi sedikit. Itu artinya Ramadhan memang sudah kian dekat. Karena itulah mulai sekarang persiapkan diri baik lahir maupun batin. Karena saat bulan suci Ramadhan adalah saat yang baik untuk mengumpulkan segala banyak amal kebaikan. Hanya satu bulan dalam setahun, maka maksimalkanlah. Segala tanda di atas jangan hanya dianggap sebagai lelucon ya, tapi juga sebagai persiapan supaya rahmat yang ingin kita gali di bulan suci Ramadhan benar-benar tercapai. Nah, kalau kamu sudah seberapa jauh persiapan menyambut bulan suci Ramadhan?

 

(Sumber Gambar Utama: blogunik.com)

Barapen, Tradisi Turun Temurun yang Mengajarkan tentang Kebersamaan

Kembangkan Halal Science, Ilmuwan Indonesia Memenangkan Penghargaan King Faisal International Prize 2018