Siapa yang tidak mau ngampus di kampus ternama luar negeri seperti Harvard, MIT atau di Newcastle University? Pasti kalian akan sangat menerimanya tanpa berfikir panjang jika kesempatan itu datang menghampiri. Iyalah, pasti diterima dengan sangat senang hati tanpa basa-basi. Wong sekarang masuk kampus ternama di dalam negeri aja perjuangannya sampai setengah mati, setengah sawah dijual demi biaya pendidikan yang terus mengebiri. Emak bapak terus banting tulang dari pagi sampai dini hari lagi hanya untuk tetek bengek pendidikan yang terus menggerus. Tapi gimana caranya? Kuliah di dalem negeri aja mahalnya setengah mati. Apa bisa kita ngampus? Eits tenang, sekarang kuliah ga hanya pake uang dan di dalam ruang. Kita bisa hanya mengandalkan jaringan Internet. Bagaimana bisa? Kok ngampus pake internet? Iya, sekarang beberapa kampus ternama mencanangkan program kuliah online dan membagikan ilmunya dengan cuma-cuma. Gak percaya? Mari kita simak gengs!

Massachusetts Institute of Technology (ocw.mit.edu)

5 Situs Kuliah Online Ini Berikan Solusi Pendidikan Tanpa Uang dan Ruang
Sumber : pinterest.se

MIT adalah Universitas dan Institut riset swasta yang terletak di Boston, Amerika. Tepatnya di Kota Cambridge, Massachusetts persis di sebrang sungai Charles dari distrik Back Bay. MIT didirikan pada tahun 1861. MIT dirikan sebagai responsif kemajuan industri dan teknologi Amerika pada waktu itu. MIT adalah universitas berbasis riset. Tapi seiring perkembangannya, MIT sekarang mengembangkan jurusan lain seperti manajemen, ilmu politik, matematika dan biologi. Gimana? Tertarik nggak sih? Kalo tertarik, kamu pun bisa ikut belajar disana tanpa harus jauh-jauh naik pesawat dan pergi ke Amerika. Kamu cukup duduk manis bermodalkan internet, niat dan kemauan yang tinggi. Ya, MIT membuka kursus online bernama MIT Open Course Ware (OCW). Mereka memberikanmu lebih dari 2.400 jenis kursus yang ada di MIT dan tinggal kamu pilih. Di kampus online ini, kamu akan belajar tentang berbagai permasalahan dunia dari mulai teknologi, pembangunan, tentang cuaca, bahkan sampai pemberantasan penyakit yang menjadi momok menakutkan di Indonesia atau mungkin dunia yaitu kanker.

Coursera (coursera.org)

5 Situs Kuliah Online Ini Berikan Solusi Pendidikan Tanpa Uang dan Ruang
Suumber : cl3461.wordpress.com

Coursera adalah kampus berbasis start up yang didirikan oleh dua profesor sains komputer di Stanford University. Dari berbagai literatur menyebutkan bahwa Coursera sudah bekerjasama dengan 98 institusi pendidikan untuk memberikan materinya. Intitusi-instusi yang bekerja sama dengan Coursera antaranya adalah Yale University, University of California, Tel Aviv University, University of Tokyo dan masih banyak universitas-universitas ternama lainnya. Materi-materinya tinggal kamu pilih sesuai dengan minatmu. Di Coursera kamu akan belajar dengan media seperti video dan materi bacaan yang disediakan dan sudah tinggal download berbentuk pdf. Selain itu, kamu juga nanti akan diberikan tugas untuk melihat sejauh mana peningkatan belajarmu. Belajar disini tak menuntut kamu harus terus melulu dikejar waktu karena takut ketinggalan pelajaran. Karena kita bisa belajar suka-suka kapanpun kita mau. Karena video yang berisi materi di Coursera ini bisa kita pause, stop dan replay. Tergantung kebutuhan dan keinginan kapasitas otak kita. Jadi, kalo kamu mau istirahat sebentar seperti makan, beribadah atau kegiatan yang lain, bisa banget!

Open2Study (open2study.com)

5 Situs Kuliah Online Ini Berikan Solusi Pendidikan Tanpa Uang dan Ruang
Sumber : ozbargain.com.au

Disini kamu bisa memilih dua kategori, kamu bisa belajar secara gratis saja dengan mengikuti program “Free Courses” atau memilih belajar online dan lulus mendapatkan kedudukan setara dengan  mahasiswa offline yang ada disana dengan mengikuti “University Courses”. Massive Open Online Course (MOOC) Open2Study didirikan sejak tahun 2013 yang dikelola oleh Open Universities Australia RMIT, University of Newcastle Australia, Flinders University dan universitas-universitas lain yang berpartisipasi. Ada puluhan materi yang bisa kamu dapat dari 8 kategori diantaranya pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, marketing dan periklanan, bisnis, keuangan, kesehatan dan obat-obatan, manajemen, musik dan kemanusiaan. Belajar disini tidak jauh berbeda dengan di Coursera. Metodenya pun menggunakan video dan materi bacaan. Kamu juga bisa bediskusi dengan teman lainnya yang sama-sama mengikuti perkuliahan online ini.

edX (edx.org)

5 Situs Kuliah Online Ini Berikan Solusi Pendidikan Tanpa Uang dan Ruang
Sumber : en.wikipedia.org

Massive Open Online Course (MOOC) ini di gawangi oleh universitas ternama dunia, Harvard University pada tahun 2012. Mereka menyadari bahwa sangat banyak yang ingin masuk kesana, tapi tidak banyak kesempatan yang bisa di dapat. Oleh karena itu, Edx dibuat untuk mengintegrasikan program menabur ilmu gratis mereka dalam satu sistem terpadu dan melibatkan sebanyak mungkin institusi pendidikan agar orang-orang yang berkesempatan minim tetap mendapatkan pendidikan terbaik versi mereka.  Disini, kamu bisa menemukan lebih dari 1300 kursus dalam berbagai bidang seperti, sains komputer, matematika, humanity dan masih banyak yang lainya. Di Edx ada berbagai jenis kursus seperti, course yang akan dimulai (starting soon atau upcoming), current (udah lewat dan masih berjalan), archived (udah lewat coursenya) dan  self-paced (course bisa diambil kapan saja).  Oh iya, ada satu lagi jenis kursus yang ketika kamu berhasil melewatinya, kamu akan mendapat sertifikat, namanya adalah “xseries courses”. Tak berbeda jauh dengan MOOC lainnya, metode yang diajarkan juga lewat video, materi bacaan dan forum diskusi.

IndonesiaX (indonesiax.co.id)

5 Situs Kuliah Online Ini Berikan Solusi Pendidikan Tanpa Uang dan Ruang
Sumber : youtube.com

Nah yang terakhir nih MOOC asal Indonesia, IndonesiaX. Buat kamu yang bingung dengan bahasa asing dalam menyerap pelajaran, IndonesiaX adalah solusinya. IndonesiaX bekerjasama dengan berbagai institusi pendidikan seperti  Universitas Indonesia, ITB, BNI, Net TV, Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Universitas Airlangga, EdX dan lain-lain. IndonesiaX dapat menjadi solusi kamu untuk menunjang ilmu pengetahuanmu dalam berbagai bidang seperti broadcasting, public speaking, management, keuangan dan lain-lain. IndonesiaX ini lahir bertepatan dengan hari lahir RI yang ke-70, yap dua tahun lalu tepatnya di tanggal 17 Agustus tahun 2015.

Oke, mungkin itulah lima situs kampus online yang bisa Ublik ulas. Ilmu memang tak berbatas dinding ya teman-teman. Di era yang sudah secanggih ini, tak perlu mahal-mahal dan duduk dibangku untuk mendapat ilmu. Cukup bermodalkan jaringan internet, kuota, niat, kemauan yang tinggi dan keingintahuan yang besar. Gimana? Tertarikkah kamu?

 

(Sumber Gambar Utama : shopback.co.id)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here