Ublik.id – Sebab Seseorang Banyak Makan tetapi Tidak Gemuk. Ada satu keinginan yang mungkin ingin diwujudkan oleh setiap orang terutama seorang perempuan dan dalam usia muda. Sebuah keinginan bahkan cita-cita yang ingin segera terpenuhi. Sebuah harapan yang selalu diidam-idamkan. Bahkan, jika ada orang lain yang mampu untuk dapat melakukannya, maka akan semakin iri lah mereka. Lantas, apa yang dimaksud itu?

Hal yang ingin dimaksud adalah Body Ectomorph atau dalam bahasa sederhananya “Banyak makan tapi tidak gemuk” kita pasti pernah mendengar kata-kata itu. Perempuan mana yang tidak iri jika melihat orang lain yang makannya banyak, ngemilnya sering tapi badannya tetap kurus bahkan proporsional sekalipun yang bersangkutan jarang atau tidak pernah berolahraga. Berbeda dengan kebanyakan orang yang kadang sudah diet mati-matian, tidak makan makanan dengan porsi yang banyak bahkan memprogram asupan makanannya tetapi berat badannya tetap bertambah. Kata mereka “sekedar makan kerupuk aja jadi daging, apalagi makan daging”.

Tapi, kamu harus tahu sebetulnya orang-orang yang banyak makan tapi berat badanya tak bertambah itu bukan sesuatu yang baik juga. Mengapa? Sebab dalam dunia kedokteran orang yang banyak makan tapi tak kunjung gemuk itu ternyata memiliki masalah dalam hal kesehatan. Orang-orang yang mengidap Body Ectomorph harus berhati-hati dan mengetahui problem kesehatan yang tengah di idapnya. Ada baiknya kamu baca rangkuman ublik.id tentang Body Ectomorph berikut ini

1Stres

Sumber : RePortal

Orang-orang yang sulit gemuk punya kecenderungan stres. Jangan berpikir negatif dulu ya, stres yang dimaksud bukan stres yang mengarah ke gangguan kejiwaan. Tapi lebih kepada penatnya isi kepala yang membuat pengaturan hidup tidak teratur. Nah, ketidakteraturan itulah yang juga mengakibatkan tidak teraturnya pula pola makan. Orang yang tengah stres biasanya akan malas untuk makan tepat waktu, pola makan berantakan itulah yang akhirnya membuat sebanyak apapaun makan, sebaik apapun gizinya, maka tak akan berpengaruh pada berat badan.  Jadi, kalau kamu lihat ada orang banyak makan tapi tak juga gemuk, kemungkinan dia tengah punya beban pikiran yang berat. Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat faktor lain yang bisa jadi mempengaruhi juga.

2Beraktivitas Padat yang Menguras Kalori

Sumber : everhelperblog.com

Kalori, bagaimanapun akan selalu dibutuhkan oleh tubuh kita. Energi yang kita pakai tiap hari adalah hasil dari pembakaran kalori yang bersumber dari makanan yang kita makan. Jika kamu punya aktivitas seabreg ditambah sering melakukan olahraga yang juga menguras tenaga berlebihan, maka kalori yang tubuhmu punya akan terkuras. Hasilnya kalori yang mempunyai fungsi lain untuk mengembangkan otot akhirnya berkurang hanya untuk menunjang aktivitas kamu saja. Apalagi jika kamu melakukan kegiatan olahraga yang keras. Maka, kalorimu akan habis untuk kegiatan tersebut. Jadi, sebanyak apapun makanan yang dimasukan kedalam tubuh, akan terbakar menjadi energi yang kamu pakai dalam aktivitas padatmu. Alangkah lebih baiknya aturlah aktivitasmu dengan baik, jangan terlalu sibuk dan jangan terlalu keras berolahraga. Hal tersebut dilakukan agar asupan gizi dalam makanan dapat tersalurkan untuk hal-hal lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

3Rokok

Sumber : Papasemar.com

Kalau kamu punya teman yang banyak makan dan tak gemuk-gemuk dan kamu tahu kalau dia adalah seorang perkok berat. Maka, cocoklah sudah. Mengapa? Sebab kandungan rokok yaitu Tar dan Nikotin dapat membuat badan sulit gemuk dan ideal. Karena itulah, melakukan hidup sehat tanpa rokok akan sangat dapat menunjang kesehatan dalam tubuh. Inilah yang akan berimbas pada bertambahnya berat badan menuju proporsional. Jadi, kurangilah rokok atau bahkan berhentilah merokok. Selain dapat membunuhmu, rokok juga dapat membuatmu makin kurus. Kurus di badan, kurus juga di dompet

4Kebanyakan Begadang

Sumber : ciputrauceo.net

Bang Haji Rhoma Irama kan udah sering mengingatkan. Jangan begadang kalau tidak ada artinya. Memang, bang haji tidak menyebutkan jika kebanyakan begadang dapat membuat tubuh sukar gemuk. Tapi ternyata faktanya memang orang-orang yang gemar begadang. akan sulit menaikan berat badan. Sebab tubuh kita akan mengalami perkembangan ketika kita tertidur. Ketika itulah tubuh kita ini akan melepaskan hormon pertumbuhan alami yang memiliki kegunaan memperbaiki jaringan otot kita. Karena itulah kebanyakan begadang akan menghambat pertumbuhan tubuh kamu dan membuat berat badanmu sulit naik.

5Makanan yang Dikonsumsi Tak Bergizi

Sumber : rd.com

Barangkali inilah alasan paling konkret. Sebab apapun makanan yang dikonsumsi seseorang jika dalam makanan tersebut tak mengandung banyak gizi yang cukup untuk tubuh, maka yang terjadi hanyalah makanan tersebut numpang lewat saja. Tak ada gunanaya untuk tubuh kita, justru kecenderunganny adalah membahayakan. Karena itulah mulai saat ini perhatikan asupan makanan pada tubuh kita.

Nah, itu tadi beberapa penyebab mengapa ada orang yang banyak makan tapi berat badannya tak bertambah signifikan. Ternyata, alasan dari Body Ectomorph rata-rata bukan sebuah keunggulan. Melainkan hal-hal negatif yang tak baik untuk tubuh. Jadi, daripada iri dengan mereka yang banyak makan dan tak kunjung gemuk, lebih baik kamu atur pola hidup sehat dengan menyeimbangkan antara gizi makanan, olahraga dan istirahat. Olahraga secukupnya dan atur waktu tidur sebaik mungkin. Maka, tubuh proporsional sudah pasti akan kamu dapatkan.

 

(Gambar Utama : 30seconds.com)

(Editor : AprianingDwi)

4 KOMENTAR

  1. Bener juga, kalo saya nomor 4 karena kebanyakan depan komputer ngerjakan website. Jadinya kurang lihat waktu dan jadinya bergadang. Selain itu jam biologis tubuh juga terbalik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here