Dunia perfilman Indonesia memang cukup tertinggal jauh dari dunia perfilman luar negeri. Faktanya, belum banyak film-film karya anak negeri yang bisa sampai dan tayang di bioskop-bioskop luar negeri. Aktor kita pun hanya beberapa yang pernah nampang di bioskop luar. Akan tetapi dalam film ber genre animasi. Indonesia boleh menepuk dada. Sebab sudah banyak animator-animator Indonesia yang telah berkonstribusi dalam perfilman animasi Hollywood. Memang, untuk film animasi dalam negeri angkanya tak menggembirakan. Angkanya masih satu atau dua film animasi pertahun. Berbeda dengan Amerika yang angkanya bisa jauh lebih dari itu. Memang tak bisa juga membandingkan  dengan negara Paman Sam soal film animasi. Tapi sebagaimana telah dibahas diatas, jika Indonesia punya talenta animator kelas wahid. Orang-orang yang dipekerjakan untuk menggarap sebuah film animasi yang barangkali menjadi film animasi favorit kamu. Siapa saja dia. Berikut ringkasannya:

1. Christiawan Lie

Animator Indonesia
Gambar: Christiawan Lie (Sumber: DuniaGame.co.id)

Kamu salah satu fans dari film-film besar seperti Transformers, Gi Joe atau Spiderman? Jika ya, kamu patut berbangga hati sebab salah satu orang dibalik kesuksesan ketiga film itu adalah anak dalam negeri. Christiawan Lie. Dialah salah satu animator dibalik kesuksesan film Gi Joe, Transformers 3 dan juga Spiderman 4. Chris Lie adalah seorang lulusan ITB. Selepas dari universitas bergengsi di Bandung itu, ia mendapat beasiswa full bright untuk dapat bersekolah di Savannah College of Art and Design dengan jurusan Sequential Art. Kini nama besar Christ Lie sedang dipercaya untuk merampungkan proyek gim Starwars dan juga The Lord of The Rings.

Pilihan Editor :

 

2. Wira Winata

animator Indonesia
Gambar: Animator Indonesia Wira Winata (Sumber: Mldspot.com)

Ada yang menarik dari cerita Wira Winata. Dia adalah seorang lulusan Nanyang Polytechnic di Singapuara dan Art Centre Collage of Design Passadena. Ketika sampai pada tahap membuat projek untuk syarat kelulusan, ia membuat film animasi yang ia beri judul The Little Red Plane. Ketika film itu rampung, ia mengirimkan secara iseng ke festival film animasi internasional. Siapa sangka, film besutannya itu ternyata mendapat seabrek penghargaan seperti medali emas Student Emmy Award dan Dance With Film, Piala Kristal di Festival Film Heartland, serta ditayangkan khusus di Festival Film Cannes. Hebat bukan?

Saat ini Wira sudah melampaui dirinya sendiri. Ia tak hanya bekerja untuk orang lain, ia membuat sebuah perusahaan. Kini perusahaan buatan Wira sudah bekerjasama dengan beberapa nama besar seperti Cartoon Network, The Gotham Group, Buena Vista Games, Sony Computer Entertainment of America, Microsoft, Midway Games dan Landor. Bukan hanya itu kini dirinya juga dipercaya membuat karya animasi iklan Burger King, Toyota Yaris, Air Transport Authority dan Film Animasi Desperate Housewives.

 

3. Marsha Cikita

animator Indonesia
Gambar : Marsha Cikita (Sumber: tribunnews.com)

Kamu tahu Ikang Fawzi? Kalau kamu tahu maka kami ingin perkenalkan anak dari sang maestro music Indonesia ini. Marsha Cikita namanya. Ia tak mengikuti jejak ayahnya sebagai penyanyi kondang. Ia lebih memilih sebagai seorang animator. Ia pertama kali menjejakan kakinya dibidang ini ketika magang di Las Copaque Production. Rumah produksi tersebut adalah pembuat film animasi Upin-ipin. Ya, film kartun yang tiap hari kita saksikan di rumah dan selalu digemari oleh anak-anak Indonesia. Sayangnya, film itu adalah buatan negeri Jiran Malaysia. Nah, Marisa magang disana. Saat magang ia memberi kontribusi yang begitu nyata. Hingga akhirnya ia diterima dan menjadi bagian dari serial animasi upun-ipin.

4. Rini Sugiarto

animator indonesia pembuat tintin
Gambar: Rini Sugianto (Sumber: gulalives.co)

Rini Sugiarto, namanya sudah cukup dikenal di dunia perfilman animasi. ia adalah salah satu animator dibalik suksesnya film The Adventure of Tintin yang tayang dan sukses beberapa tahun lalu. Bagaimana tidak, dalam film yang masuk box office, ia mengerjakan sebanyak 70 potongan adegan! Terbanyak dari animator lain. Karena itu animator Indonesia ini kini mulai dipercaya untuk menggarap film-film besar lain, salah satunya adalah The Avengers. Perempuan lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California kini bekerja di perusahaan WETA salah satu perusahaan animasi kenamaan di Selandia Baru.

5. Michael Reynold Tagore

Animator Indonesia
Gambar: Michael Reynold Tagore (Sumber: Foto/dok Reynold Tagore – voaIndonesia.com )

Nah, kalau kamu juga hobi banget sama film-film dari Justice League seperti Batman vs Superman. Maka, kamu harus bangga juga pada sosok Michael Reynold Tagore. Ia adalah animator Indonesia yang juga punya kontribusi untuk film fenomenal Batman vs Superman : Dawn of Justice. Bukan hanya film itu saja, The Hobbit juga dia garap. Ada lagi film Alvin and yhe chipmunks sampai Dawn of The Planet of The Apes. Michael adalah lulusan S2 dari University Technology of Sydney.

(Gambar Utama : The Advantures of Tintin – wallpaperup.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here