Ublik.id. Cara Meramaikan Channel Youtube. Youtube. Sebuah situs berbagi video yang paling terkenal sejagat raya. Semua pengguna internet tentu tahu tentang situs yang satu ini. Kita dapat menyaksikan berbagai macam tayangan di youtube, mulai dari berita, olahraga, musik, film sampai kejadian-kejadian menarik di sekitar kita. Semua orang punya kesempatan yang sama untuk dapat memiliki akun dan mengunggah banyak videonya untuk dibagikan ke laman youtube. Berbeda dengan situs media sosial lainya, di youtube seseorang bisa mendapatkan dollar dari video-video yang mereka unggah. Bahkan, banyak orang yang kemudian memilih untuk fokus menjadi seorang youtubers (pengguna youtube) dan menghasilkan pundi-pundi uang yang tak sedikit nilainya. Banyak diantara mereka yang masih berusia begitu belia telah berpenghasilan hingga belasan bahkan puluhan juta rupiah hanya dari fokus menjadi youtubers. Youtube sendiri membayar para penggunanya lewat layanan google adsense.

Tentu banyak orang yang tertarik. Bagaimana sih mendapat uang yang begitu melimpah dari youtube dan bagaimana pula menjadi seorang youtubers yang dikenal banyak orang? Kami punya sedikit trik agar kamu dapat jadi youtubers yang handal.

Perhatikan Konten

Rame-in Channel Youtube dengn Cara Ini
Sumber : tirto.id

Hal pertama ketika kamu membuat akun youtube adalah kamu mesti memerhatikan konten dan menentukannya sedari awal. Jangan sampai isi dari channel youtube-mu berbeda-beda konten. Misal, video pertama yang kamu unggah ke youtube adalah video tentang kamera CCTV yang merekam seorang pencuri di rumah mewah. Lalu, di video kedua kamu justru menampilkan konser musik Coldplay yang diselenggarakan di Singapura. Hal ini jelas bertolak belakang. Orang-orang yang hendak men-subscribe kamu akan bingung. Karena itulah tentukan konten sedini mungkin dan fokuslah di konten tersebut. Sebab masing-masing orang punya kesenangan tersendiri. Jadi, jika kamu telah fokus pada konten awal, jangan khawatir tak ada yang menonton videomu.

Jangan Copas

Rame-in Channel Youtube dengn Cara Ini
Sumber : youtube.com

Kamu mesti tahu, membuat video yang baik atau mengeditnya itu bukan hal yang mudah. Karena itulah jangan coba-coba untuk menjiplak. Apalagi mencopy paste tanpa memperhatikan sumber. Selain tak baik untuk citra chanelmu, adsense juga akan mendeteksi jika video yang kamu unggah bukan hasil kreasimu. Jadi, percuma saja bikin konten semenarik mungkin jika video yang diunggah hanya hasil jiplakan atau tak mengeditnya sama sekali. Buatlah video dengan kualitas yang baik. Kenyamanan menonton para subscribermu adalah prioritas, bukan?

Optimalkan Akun Youtube-mu

Rame-in Channel Youtube dengn Cara Ini
Sumber : saifulcomelektronik.com

Setelah konten dimilki dan kamu sudah tau akan selalu menguggah apa ke youtube. Selanjutnya yang kamu mesti perhatikan adalah lengkapilah akun youtube kamu. Perlakukan akun youtube-mu seperti sebuah ruangan kosong yang hendak di tata. Tulislah deskripsi singkat tentang channel youtubemu di bagian ‘about’ . Jangan lupa koneksikan akun youtube mu dengan akun media sosial lain. Hal ini secara langsung akan berpengaruh dengan jumlah viewers. Jika video sudah banyak, kategorikanlah video-video tersebut untuk memudahkan orang yang masuk ke chanelmu. Terakhir pasang gambar yang menarik untuk akunmu dan aturlah SEO sebaik juga semaksimal mungkin.

Ajaklah Kerabat Tonton Videomu

Rame-in Channel Youtube dengn Cara Ini
Sumber : braito.co.id

Jika sudah diatur sebaik mungkin akun youtubemu dan kamu sudah punya beberapa video. Maka jangan segan untuk memberitahukanya pada kerabatmu. Entah teman, saudara atau keluarga. Buat mereka dengan ponsel atau laptop pribadinya untuk mengakses video yang sudah kamu kreasikan. Syukur-syukur kerabatmu mau untuk memviralkannya dengan ikut menyebarluaskan viedo di akun sosial medianya. Sudah dapat dipastikan penonton videomu akan bertambah.

Jadilah Youtuber yang Terbuka

Rame-in Channel Youtube dengn Cara Ini
Sumber : kakprosto.ru

Jika sudah melakukan hal-hal diatas, maka jadilah youtuber yang terbuka. Mulai dari sering pergi dan menonton video-video yang dibuat oleh chanel lain. Getol-lah dalam hal berkomentar. Jika kamu punya teman seorang youtuber juga, maka berkolaborasilah. Itu artinya channelmu dapat promosi gratis di video youtube lain. Selain itu ketika ada orang yang berkomentar di video yang kamu buat, balaslah komentar itu dengan sebaik mungkin. Jaga kedekatan dengan para subscriber dapat membuat mereka betah untuk selalu menonton videomu dan menyebarkannya pada orang lain.

Jika poin-poin diatas dijalankan, hal terakhir yang harus dilakukan adalah fokus dan ulet. Sebab itu adalah kunci utama. Percuma punya video bagus, dengan akun yang sudah banyak subscriber tapi jarang posting. Wah yang begitu bisa ditinggal penonton. Terakhir, ketika video-videomu sudah mulai ditonton oleh banyak orang, cobalah untuk mengajukan google adsense. Jika di terima maka selamat. Kamu akan dapat pundi-pundi uang dari video youtube yang kamu kreasikan.

 

(Sumber Gambar Utama : techcrunch.com)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here