Ublik Kuliah. Selepas masa-masa Sekolah Menengah Atas (SMA) maka yang digalaukan oleh para lulusan SMA adalah bekerja atau kuliah. Bagi yang memilih untuk bekerja, maka ijazah SMA mereka akan sangat berguna untuk menarik minat perusahaan memboyongnya dan menjadikannya bagian dari perusahaan. Tetapi untuk yang memilih lanjut Kuliah, maka ia akan dihadapkan oleh kegalauan-kegalauan lain. Kegalauan pertama adalah kegalauan memilih universitas mana yang hendak di tuju. Bagaimana iklim belajar disana, bagaiana reputasi universitasnya, berapa besar uang kuliah, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk biaya hidup. Tidak berhenti disitu, setelah sah memilih perguruan tingi yang hendak di tuju. kegalauan kedua adalah memilih jurusan yang sesuai. Entah sesuai dengan minat dan bakat atau jurusan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan setelah menempuh kuliah nanti. Di sesi ini bisa dibilang cukup menentukan. Bukan hanya sekedar menentukan hidup dia selama beberapa tahun kedepan di masa kuliah tapi juga menentukan mau jadi apa dia setelah lulus. Imbas yang barangkali berdampak pada kehidupan dia seterusnya.

Nah, di kegalauan kedua itu seseorang harus tenang dan tepat menentukan jurusan yang pas dengan dirinya. Sebab jika salah pilih jurusan maka kejadianya akan vatal. Dia bisa keteteran saat kuliah kemudian berdampak telat lulus atau bahkan jadi di Drop Out (DO) karena terlalu lama kuliah. Ah, bicara soal terlalu lama kuliah, kami punya beberapa ulasan tentang jurusan yang membuat mahasiswanya lulus dengan waktu yang cukup lama jika salah memilih jurusan yang ngga sesuai dengan bakat atau minatnya. Jurusan apakah itu? Apakah jurusan itu juga jurusan yang kamu ambil sekarang? simak rangkumannya berikut:

1
Sumber: Duniailkom.com

Teknik Informatika

Jurusan yang satu ini sih memang keliatannya keren. Yang dikerjakannya adalah utak-atik komputer, seluk beluk komputer semua di pelajarin sampai-sampai segala macam rumus harus dikuasai. Nah, ketika sampai rumus-rumus informatika macam coding sudah dikuasain, maka selamat kamu akan berpusing ria melihat susunan huruf yang rumitnya minta ampun. Apalagi ketika sudah masuk babak final kuliah (baca: skripsi) anak-anak TI ini biasanya mesti membuat perangkat lunak yang mereka buat sendiri untuk di presentasikan dan tentunya diuji. Mereka harus punya ide sendiri, haram hukumnya nukil ide orang lain atau software yang sudah ada. Terkadang di fase inilah yang bikin anak Teknik Informatika sering telat lulus.

2
Sumber: edunews.id

Matematika

Jika ada survei pelajaran apa yang paling tidak di minati oleh siswa di Indonesia. Sepertinya Matematika akan masuk kedalam tiga besar. Alasanya sederhana. Karena memang Belajar matematika itu memang kerap bikin kepala berasap. Karena itulah jika ada orang yang tidak telalu suka matematika tapi kemudian ambil jurusan ini, maka jangan harap kuliahnya akan mulus, sebab dia akan bertemu dengan mata kuliah mata kuliah yang akan membuatnya mengulang. Belum lagi ketika skripsi, mereka yang tak terlalu menyukai pelajaran ini akan dibuat pontang-panting untuk menyelesaikannya.

3
Sumber: teknik.untag-smd.ac.id

Teknik Sipil

Jurusan ini sepertinya identik dengan laki-laki. walau begitu banyak juga perempuan yang masuk jurusan ini. Bisa dibilang Teknik sipil adalah salah satu jurusan yang bikin mahasiswanya telat lulus. Tidak mudah bagi mahasiswa teknik sipil untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya yang bisa dibilang cukup rumit itu. Sebab mahasiswa teknik sipil mesti paham banyak bidang seperti matematika, geologi, fisika sampai dengan ilmu komputer. Semuanya harus dapat dikuasai oleh mereka sebagai anak teknik sipil. Tak heran jika mereka yang mengambil jurusan teknik sipil akan menemui banyak kendala untuk dapat lulus tepat waktu. Bahkan, untuk mereka yang dapat lulus tepat waktu bisa dikatakan sebagai seoang yang teramat cerdas.

4
Sumber: tadribptn.com

Farmasi

Kalau bicara soal farmasi barangkali yang terlintas dibenak kita adalah obat-obatan. Ya memang itulah yang akan menyibukan mereka-mereka yang mengambil jurusan farmasi. Akan tetapi kita harus tahu bahwa seperti halnya mahasiswa teksip, mahasiswa farmasi juga harus bisa banyak bidang. Seperti kimia, biologi, kesehatan masyarakat bahkan sampai pemasaran. Mereka dituntut untuk dapat menguasai beberapa bidang diatas, maka tak heran jika banyak mahasiswa farmasi yang lulusnya terlambat.

5
Sumber: bandung.pojoksatu.id

Astronomi

Mahasiswa astronomi memang tak harus jadi astronot. Walau tak harus menjejakan kaki diluar angkasa, yang mereka lakukan dan pelajari sehari-hari adalah angkasa luas. Memang jurusan ini juga bisa dibilang cukup langka di Indonesia. Tetapi bagi mereka yang memilih jurusan astronomi maka siap-siaplah bertemu dengan keindahan-keindahan luar angkasa yang tidak hanya sekedar dinikmati tapi juga dijewantahkan dalam ilmu. Mahasiswa astronomi harus dapat menguasai ilmu persamaan matematika yang kompleks dan dalam level yang tinggi. Selain itu juga mereka akan memelajari integral matematika dalam keliapatan dua atau bahkan tiga. Jadi, jangan heran jika banyak mahasiswa astronomi yang lulusnya tak tepat waktu.

Nah, itulah jurusan-jurusan dengan mata kuliah super rumit yang bisa bikin kamu yang salah pilih jurusan yang ngga sesuai minat atau bakat kamu telat lulus.

Alangkah lebih baiknya ketika memilih jurusan pertimbangkan juga minta dan bakat kamu agar kuliahmu lancar dan lulus tepat waktu.

(Sumber Gambar Utama: suaramuhammadiyah.id)

(Editor: Ridho Nur Wahyu)

4 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah! Saya lulus tepat waktu meskipun jurusan yang saya ambil matematika. Sebenarnya segala sesuatu berawal dari pemikiran kita, jika mengangkap mudah maka akan terasa mudah dan begitu juga sebaliknya, sebab saya dulunya bukanlah orng yg menyukai matematika, seiring berjalannya waktu saya jadi suka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here