Indonesia itu negara yang luar biasa subur. Koes Plus bahkan udah pernah buat lirik tentang itu sejak berpuluh tahun lalu “ Tanah kita memang tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman” Koes Plus memang tak asal nyanyi. Apa yang dia lantunkan memang benar adanya. Indonesia ini adalah salah satu negara dengan kualitas tanah terbaik. Jadi jangan salah kalau kita punya sejumlah tumbuhan yang benar-benar dapat tumbuh subur. Yap, ada banyak tumbuhan khas yang ada di Indonesia. Salah satunya mangga.

Memang, buah ini bukan buah khas Indonesia. Di negara lain, buah ini juga dapat kita jumpai. Namun, mangga memang terkenal dekat dengan orang Indonesia. Salah satu tanaman yang biasa tumbuh dihalaman rumah orang Indonesia ya mangga. Nah, mangga sendiri punya jenisnya masing-masing. Banyak diantaranya yang hanya bisa kita dapati di Indonesia. Memang, sekarang ini masih jauh dari musim mangga. Tapi, tidak ada salahnya kalau kita mengenal jenis-jenis mangga yang begitu populer di Indonesia. Beberapa diantaranya bahkan jadi jenis mangga khas Indonesia. Mau tau jenis buah mangga apa saja? Mari kita simak ringkasannya berikut ini:

1. Mangga Harum Manis

Dari namanya sudah mengundang selera. Mangga Harum Manis. Sesuai dengan namanya mangga khas Indonesia ini memang memiliki aroma yang harum. Keharuman itu bisa mengoda banyak orang untuk mencicipinya. Dan rasa dari mangga ini juga cukup manis. Mangga ini jadi salah satu mangga favorit di Indonesia. Mangga Harum Manis punya ukuran matang yang tak terlalu besar dan tak terlalu kecil. Selain itu, mangga ini juga bisa kita temui di Probolinggo, Jawa Timur. Dan Kabupaten tersebut memang jadi penghasil Mangga Harum Manis terbaik senusantara.Mangga Harum Manis punya jenis kulit yang hijau namun gelap.

2. Mangga Golek

Jangan berpikiran jika mangga golek ini ada hubungannya dengan wayang. Bukan, mangga golek tidak ada hubungannya dengan wayang. Sampai sekarang juga tak ada yang tahu pasti asal nama mangga ini disebut golek. Mangga golek juga punya citarasa yang mantap. Mangga ini cukup punya bentuk yang bagus dengan ukuran yang cukup besar atau bahkan lebih besar dari jenis lain. Mangga golek yang matang punya warna yang hijau kekuningan dengan ada titik-titik coklat yang berada disekujur buah. Mangga ini juga cukup enak kalau dijadikan rujak. Yap, mangga golek memang selalu punya cara untuk disantap.

3. Mangga Gincu

Mangga Gincu, mangga ini punya nama yang juga tak kalah unik. Gincu sendiri bisa diartikan lipstik alias alat pemulas bibir perempuan. Tapi, sepertinya sesuai namanya, Mangga ini punya rupa yang begitu menggoda. Apalagi jika terlihat dari luar. Duh mangga ini benar-benar seakan minta untuk segera disantap. Namun, besaran buah mangga jenis ini tak sebesar buah mangga lain. Ukurannya memang tergolong kecil. Mangga Gincu ini tumbuh subur didataran pantai utara jawa. Dan Cirebon serta Majalengka jadi dua daerah penghasil mangga Gincu terbaik saat ini. Mangga Gincu jelas punya cita rasa istimewa. Siapapun yang tak suka mangga bisa tiba-tiba suka gara-gara konsumsi Mangga Gincu.

4. Mangga Manalagi

Mangga Manalagi. Namanya unik. Sangat unik barangkali. Kkarena secara tidak langsung nama mangga manalagi ini seperti meminta orang yang mengonsumsinya untuk nambah. Tapi, tak salah memang kalau mangga ini disebut mangga manalagi.. Karena nasanya cukup nagih dan sulit untuk bosan. Mangga manalagi ini punya daging buah yang cukup tebal. Jika belum terlalu matang. Mangga ini pun cocok untuk jadi salah satu bahan rujak. Gimana udah mulai ngiler? Tahan kita masih punya satu virietas lagi.

Pilihan Editor:

 

5. Mangga Indramayu

Terakhir ada mangga Indramayu, tahu dong kalau mangga khas Indonesia ini jadi salah satu yang terbaik di Indonesia.Bahkan keistimewaan mangga ini sudah dikenal sampai mancanegara. Buah Mangga Indramayu sudah sering sekali di eksport ke negara-negara sahabat. Alasanya sudah pasti karena buah ini benar-benar penuh dengan kenikmatan. Buah Mangga Indramayu punya aroma yang kuat dengan rasa yang pas. Tidak terlalu manis tapi juga tidak terlalu masam. Sangat cocok untuk dikonsumsi siapapun.

Mangga Indonesia Siap Ramaikan Pasar Australia

Mangga Khas Indonesia
Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini dan Kepala Departemen Pertanian dan Sumber Air Australia, Louise Van Meurs

Baru-baru ini ada kabar yang cukup baik untuk para pembudidaya buah mangga. Pasalnya, buah mangga sudah mendapat lampu hijau untuk dapat di jajakan di pasar Australia. Yap, hal itu dikarenakan adanya kesepahaman antara dua negara tadi yang terjadi dalam forum kelompok kerja pertanian, pangan dan kehutanan (Working Group on Agriculture, Food and Forestry Cooperation, WGAFFC) ke 21 yang digelar pada tanggal 14-15 Februari 2018 di Kota Meulbourne, Australia.

“Sesuai masa panen di bulan Oktober, mangga sudah bisa ekspor ke Australia,” ujar Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini melalui siaran pers. Hal ini dikarenakan sudah adanya teknologi yang memungkinkan buah mangga tak cepat busuk ketika diterbangkan ke luar negeri. Selain itu teknologi ini juga membuat mangga jadi lebih sehat.

Nah, sekarang sudah tahu kan beberapa varietas mangga khas Indonesia yang cukup populer ? Gimana makin cinta gak sama Indonesia? Mulai sekarang tanamkan dari diri saja kalau sebetulnya Indonesia itu memang punya potensi sumber daya alam yang luar biasa baiknya. Bahkan bisa dibilang juara satu. Maka, mulai sekarang mulailah konsumsi buah lokal karena sebetulnya kualitas buah lokal kita bersaing atau bahkan lebih baik dari buah buah yang diproduksi luar negeri.

(Gambar Utama: aditkilus.wordpress.com)

2 KOMENTAR

  1. Mangga gincu.
    Nama yang unik, dan saya baru mendengarnya ….
    Itu rasa dan penampakan nya bagaimana ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here