Indonesia saat ini sedang mendapatkan bonus demografi yang tidak dimiliki oleh negera-negara lain. Pasalnya menurut data statistik saat ini terdapat kurang lebih 60% dari populasi penduduk Indonesia secara keseluruhan yang merupakan usia produktif (15-54 tahun). Ditambah lagi daya beli masyarakat usia produktif ini terus meningkat.

Menurut Ketua Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia Abiprayadi Riyanto yang dikutip dari kompas.com mengakatakan bahwa saat ini pendapatan masyarakat Indonesia kelas menang bawah (penghasilan 2-4 dollar AS/hari), meningkat jumlahnya dari 37,5 juta penduduk (1999) menjadi 68,8 juta penduduk (2009). Hal inillah yang  membuat Indonesia tahan krisis global pada tahun 2008.

Pilihan Editor:

 

Kemudian menurut Kepala Ekonom Danareksa Research Institute, Purbaya Sadewa menyebutkan daya beli masyarakat Indonesia masih dalam kondisi bagus, sehingga dengan begini kita bisa menopang pertumbuhan ketidakstabilan kondisi global dengan adanya permintaan domestik.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial. Peluang ini ditangkap oleh pebisnis usia muda seperti Hamzaah Izzulhaq (usia 25tahun) yang merupakan pemilik franchise bimbingan belajar dengan omzet ratusan juta per semesternya.

Selain itu ada juga Lambertus Darian yang sudah mencapai kesuksesannya di usia 16 tahun dan mendapatkan penghargaan Top New Sales 2010 saat menjadi sales perusahaan importir. Dia juga memiliki bisnis lainnya yang secara kesuluruhan omzetnya saat itu mencapai 95 juta per bulannya. Dan masih banyak lagi kisah sukses pengusaha muda yang sudah membuktikan untuk memulai bisnis tidak terhalang dengan usia.

Ingin seperti mereka? Ikuti 5 Cara Sukses Memulai Bisnis di Usia Muda

CARA MEMULAI BISNIS DI USIA MUDA

Tentukan Tujuan Awal Bisnis Demi Menjaga Semangat Selama Menjalankannya

bisnis di usia muda - tujuan bisnis
tentukan tujuan bisnis di usia muda – pict by pixabay

Sebelum memulai bisnis sebaiknya sudah mentukan tujuan bisnis sedini mungkin. Tujuan ini yang akan membuat kamu tidak gampang menyerah. Karena kamu memiliki tujuan yang jelas, kalau sudah jelas maka segala rintangan yang datang akan dihadapi dengan suka cita.

Tujuan bisnis juga menjadi tolak ukur kesuksesan, dan penentuan arah saat berbinis nantinya. Sehingga langkah-langkah yang diambil akan mengarah kepada pencapaian tujuan bisnis. Bayangkan kalau kamu tidak punya tujuan bisnis, pastinya melakukan semua aktivitas bisnis secara acak atau mungkin akan bingung ditengah jalan.

 

Usaha Tanpa Koneksi, Bagai Sayur Tanpa Garam

bisnis di usia muda - koneksi
carilah koneksi seluas mungkin – pict by pixabay

Koneksi menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang sudah sukses di usia muda. Mereka mencoba bergaul kepada orang-orang yang menurut mereka akan menunjang tujuan bisnis. Tidak ada salahnya sebelum memulai bisnis sudah melakukan pendekatan kepada banyak orang yang nantinya mungkin akan membantu kamu mencapai tujuan bisnis.

Cara mencari koneksi bisnis yang paling mudah dengan menghadiri seminar-seminar kewirausahaan ataupun seminar lainnya. Jangan lupa membawa kartu nama untuk saling bertukar, setelah mendapatkan kartu nama, jangan lupa untuk melakukan follow up dengan memperkenalkan diri kembali dan menjelaskan kalian bertemu saat di seminar tadi.

Gali informasi dari kenalan-kenalan baru, mungkin saja ada peluang yang bisa dikerjasamakan. Atau bisa juga tawarkan bisnis produk atau jasa yang saat ini kamu rintis. Bila belum mempunyai produk atau jasa, tawarkan kepada mereka untuk kamu bantu penjualannya, tentu mereka akan dengan senang hati memberikan peluang tersebut.

Takut Mencoba, Gagal Sebelum Berperang

bisnis di usia muda
mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali – pict by pixabay

Sudah memiliki tujuan bisnis tapi masih takut untuk mencoba? Percayalah sahabat, penyesalan adalah sebuah kegagalan yang selalu dilakukan oleh kebanyakan orang. Awal dari penyesalan adalah rasa takut untuk mencoba.

Jika sudah mencoba tapi ternyata gagal, maka itu bukanlah sebuah kegagalan melainkan sebuah investasi pembelajaran sangat mahal yang bisa diambil hikmahnya dan jangan dilakukan kembali dikemudian hari.

Keyakinan Diri Mencerminkan Kesuksesan

bisnis di usia muda - keyakinan membaja
miliki keyakinan yang membaja – pict by pixabay

Saat menjalankan bisnis, lakukan dengan tindakan positif, perkataan positif, dan pemikiran positif. Sebab keyakinan diri akan mencerminkan kesuksesan, jika saat berpikir, bertindak, dan berkata sudah negative, lalu bagaimana kita bisa meraih kesuksesan.

Semakin kamu yakin bisa sukses dalam menjalani setiap langkah dalam berbisnis, maka semakin dekat dengan kesuksesan. Jika kamu saja tidak percaya diri meraih kesuksesan, bagaimana orang lain bisa percaya kamu bisa memulai bisnis?

Kualitas Harga Mati

bisnis di usia muda - kualitas harga mati
kualitas harga mati – pict by pixabay

Biasanya saat memulai bisnis, kamu akan benar-benar memperhatikan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Namun beriringnya waktu, adakalanya seorang pengusaha mengambil tindakan untuk menurunkan kualitas demi melakukan efesiensi ataupun untuk mendapatkan untung yang lebih besar karena menurut mereka bisnis yang dijalankan sudah sukses dipasaran.

Percayalah, alasan mereka membeli produk kamu salah satunya karena kualitas. Jika faktor ini kamu hilangkan, tentu mereka akan mencari penjual lainnya atau mencari barang atau jasa subtitusi yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. Maka dengan begini, penting bagi kamu terus menjaga kualitas bahkan bila perlu meningkatkan kualitas yang sudah ada.

Setelah membaca artikel ini, segeralah memulai bisnis kamu sekarang juga. Jangan sampai mengalami penyesalan karena telat memulai bisnis. Jangan jadikan usia sebagai alasan tidak memulai bisnis, ataupun modal yang dijadikan alasan.

Jika sudah punya tujuan bisnis, keyakinan yang membaja, dan koneksi yang luas. Maka yakinlah jalan itu terbuka lebar bagi kamu yang ingin memulai bisnis saat ini juga.

Jangan sampai pasar Indonesia dicaplok oleh pengusaha luar negeri, dan kita terus menerus menjadi konsumen setia mereka. Lakukanlah perubahan mulai dari diri kamu, dan tularkan semangat itu kepada pemuda lainnya. Katakanlah kepada mereka bahwa sukses di usia muda itu bukan hal yang mustahil.

Jangan lagi ragu, langkah awal yang kamu ambil hari ini nantinya akan kamu syukuri dikemudian hari. Karena kamu sudah mengambil keputusan yang tepat. Salam Sukses!

 

(Sumber Gambar Utama: pixabay)

Editor:Ridho Nur Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.