Bicara budaya Indonesia, berarti kita bicara tentang sebuah kekayaan sebuah bangsa yang tak ternilai harganya. Sebagai penerus bangsa sudah menjadi kewajiban kita untuk dapat terus menjaga dan melestarikan budaya Indonesia sebagai warisan leluhur.

Tapi, tahukah kamu banyak budaya di Indonesia yang sudah terkenal dan mendapat pengakuan dunia. Bahkan tak sedikit orang-orang mancanegara mempelajari budaya Indonesia tersebut. Apa saja budaya Indonesia yang terkenal di dunia? Simak ulasan Ublik berikut ini.

1. Gamelan

Budaya Indonesia yang mendunia
Gamelan, Budaya Indonesia yang Mendunia (Sumber: Fir0002/Flagstaffotos)

Alat musik tradisional Indonesia ini sering disebut sebagai ‘Orkestra Jawa’ oleh orang-orang di mancanegara. Bisa dibilang kalau gamelan sudah tersohor di seantero bumi, salah satunya adalah grup gamelan Siswa Sukra yang berasal dari Inggris. Gamelan di Indonesia umumnya hanya diajarkan di sekolah karawitan atau sekolah tinggi jurusan seni. Padahal, di Amerika Serikat justru gamelan cukup populer. Ada sekitar 400 komunitas gamelan di negeri Paman Sam itu, terutama berbasis di perguruan tinggi. Bahkan di Eropa pun terdapat grup musik gamelan yang beranggotakan orang-orang dari berbagai negara.

Pilihan Editor:

 

2. Batik

Hari Batik Nasional Indonesia
Nelson Mandela memakai Batik (Sumber: Bintang.com)

Bisa dibilang kain motif yang satu ini sudah sangat nge-trend di Dunia. Bahkan tak hanya warga biasa, para pesohor pun ikut-ikutan memakainya sebagai pakaian favorit. Tak jarang batik juga digunakan pemimpin-pemimpin negara dunia di acara-acara internasional.

3. Angklung

Budaya Indonesia yang terkenal di Dunia
Alat Musik Angklung

Alat musik asal Jawa Barat ini telah mendapat pengakuan UNESCO sebagai bagian dari Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia (Proclamation Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tahun 2011. Tak hanya diakui UNESCO sebagai warisan budaya, angklung juga digemari di dunia. Di Jepang misalnya, budaya Indonesia cukup menarik minat masyarakat Jepang. Hal ini terbukti dari banyaknya antusiasme masyarakat jepang terhadap event-event bertema angklung, seperti pada event ‘Sound of Angklung’ yang digelar di Jepang pada bulan Agustus lalu.

4. Wayang

Wayang Budaya Indonesia
Wayang Kulit (Sumber: Wikipedia.org)

Wayang sebagai kesenian tradisonal yang berkembang di Indonesia sejak beratus-ratus tahun lalu ini sudah mulai dikenal di dunia internasional. Pertunjukan wayang kulit telah ditampilkan di berbagai negara di dunia seperti Arab Saudi, Australia, Amerika Serikat, Selandia Baru dan Perancis. UNESCO pada tahun 2003 lalu telah memasukan wayang dalam daftar Masterpice of Oral Intangible Heritage of Humanity.

5. Tari Kecak

5 budaya indonesia yang terkenal di dunia
Pertunjukan Tari Kecak di Pura Uluwatu (Sumber: Ublik.id/Ridho Nur Wahyu)

Selain alamnya yang indah, budaya adalah hal yang membuat wisatawan mancanegara betah berlama lama di Bali. Tari Kecak adalah salah satunya. Tari Kecak adalah sendratari menceritakan kisah Ramayana. Pertunjukan tari kecak di Bali selalu dipadati oleh wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara. Salah satu pertunjukan yang terkenal adalah pertunjukan tari kecak di pura Uluwatu, di mana selain melihat tari kecak para pengunjung juga dapat menikmati sunset yang indah.

Itulah 5 budaya Indonesia yang terkenal di dunia. Sudah seharusnya kita patut berbangga dan ikut melestarikan budaya-budaya tersebut, agar bisa menjadi warisan untuk anak cucu kelak.

Editor: Restia Ningrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here