Ublik.id. Alasan Turis Datang Ke Indonesia. Pesona Indonesia. Kata-kata itu beberapa terakhir menjadi jargon pariwisata Indonesia. Jargon yang kemudian dijadikan sebuah lagu penggugah kepariwisataan. Penyanyi kondang Rossa di dapuk untuk membawakanya. Hasilnya? Keinginan melancong orang-orang Indonesia makin menggebu. Bagaimana tidak, Tuhan telah memberi negara ini segala macam kemungkinan untuk dapat bisa mengatakan bahwa Negara Indonesia adalah negeri wisata. Bukan cuma pelancong dalam negeri saja yang tertarik mengeksplorasi bumi pertiwi. Orang-orang luar juga ketagihan menjelajah negara kita ini. Tercatat, wisata-wisata domestik Indonesia selalu digandrungi oleh wisatawan mancanegara. Angkanya pun kian tahun kian membaik. Bahkan tahun lalu saja angkanya mencapai 11,52 juta wisatawan mancanegara yang membanjiri sudut-sudut wisata Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa wisatawan-wisatawan luar negeri senang berkunjung ke Indonesia. Berikut ringkasannya.

Alam yang Indah

5 Alasan Kenapa Wisatawan Mancanegara Senang Banget Jalan-Jalan di Indonesia
Pemandangan Alam Raja Ampat
Sumber : dyspariwisata.blogspot.com

Sudah tak perlu diragukan lagi jika Indonesia punya keindahan alam yang selalu memanjakan bagi setiap mata yang memandang. Ditambah lagi, kian hari wisata-wisata alam ini makin tereksplorasi. Membuat kesan jika Indonesia tak pernah kehabisan wisata alam baru. Bagaimana tidak, Indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh banyak sekali gunung. Tuhan menancapkannya di seluruh wilayah Indonesia. Bak pemandangan indah tersaji setiap hari. Selain itu, Indonesia juga negara yang memiliki garis pantai yang panjang membentang. Wisata bahari di negeri ini seakan tak ada habisnya. Kita belum bicara danau, air terjun sampai hutan yang juga tak kalah eloknya. Orang-orang luar tahu bagaimana cantiknya pantai-pantai di pulau dewata Bali, bagaimana menariknya menatap termbu karang di Bunaken atau menikmati matahari terbit di Gunung Bromo. Itu semua dapat kita jelajahi dalam satu negara, Indonesia. Ada negara lain yang sekomplit ini? Nampaknya tak yakin ada. Pantas bukan jika wisatawan luar berbondong-bondong ke Indonesia?

(Baca JugaNagari Pariangan, Desa Di Indonesia Terindah Sedunia)

Orang-orang yang Ramah

5 Alasan Kenapa Wisatawan Mancanegara Senang Banget Jalan-Jalan di Indonesia
Sumber : wawker.com

Negara ini sudah dikenal betul sebagai negara yang ramah. Jangankan pada orang asing, dengan orang dalam negeri saja ramahnya bukan main. Hal ini lah yang membuat wisatawan betah di Indonesia. Mereka benar-benar dianggap dan diperlakukan sebagai tamu. Keramahan itu selalu mereka terima, tak hanya di hotel saja, tapi juga diwarung makan, di jalan sampai tempat wisata. Bahkan hal itu dapat dibuktikan dengan terpilihnya Indonesia sebagai negara paling murah senyum di dunia. Salah seorang wartawan senior Jerman juga pernah menuliskan begitu terkesannya dengan orang Indonesia yang selalu ramah kepada para tamu.

 

Makanan Lezat

5 Alasan Kenapa Wisatawan Mancanegara Senang Banget Jalan-Jalan di Indonesia
Sate adalah makanan khas Indonesia yang diakui dunia
Sumber : pinterest.com

Indonesia itu surga kuliner. Kita bisa dengan mudah menjumpai kuliner-kuliner lezat. Bukan hanya di restoran-restoran mahal tapi juga di pinggir-pinggir jalan. Hal ini membuat wisatawan asing selalu tersihir dengan nikmatnya kuliner Indonesia. Dalam satu negara mereka dapat merasakan ratusan masakan khas yang tentunya nikmat. Bahkan, CNN beberapa waktu lalu telah mendaulat Rendang dan Nasi Goreng menjadi dua makanan paling nikmat diseantero jagat. Selain rendang dan nasgor, sate juga masuk kedalam 20 besar makanan terlezat sedunia. Jadi, jangan salah jika wisata kuliner Indonesia juga selalu memikat para pelancong asing.

Kekayaan Tradisi

5 Alasan Kenapa Wisatawan Mancanegara Senang Banget Jalan-Jalan di Indonesia
Reog adalah budaya asli Indonesia
Sumber : mediamaya.net

Selain alam yang indah, kuliner yang nikmat, kita juga punya seabreg tradisi. Sebuah kebiasaan-kebiasaan yang tak dapat di jumpai di negara-negara lain. Para pelancong dari negeri sebrang itu selalu tertarik melihat pertunjukan-pertunjukan dari kebudayaan Indonesia. Buktinya? Lihat saja betapa pertunjukan Tari Kecak di Bali selalu ramai dipadati wisatawan. Fakta lain menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun, tiket pagelaran Dieng Culture Festival selalu ludes bahkan beberapa bulan sebelum acara dimulai. Dan kita tentu tahu jika Saung Angklung Mang Udjo juga selalu ramaikan oleh orang-orang asing yang penasaran. Belum lagi soal pertunjukan Tari Lilin, Tari Saman sampai Reog Ponorogo. Semuanya hanya bisa di jumpai di Indonesia. Dan para ‘bule’ itu selalu terkesan dengan khazanah tradisi yang kita punya.

Biaya Hidup Murah

5 Alasan Kenapa Wisatawan Mancanegara Senang Banget Jalan-Jalan di Indonesia
Sumber : blog.frameatrip.com

Tidak bisa dipungkiri lagi jika biaya hidup di Indonesia tergolong murah bagi para wisatawan mancanegara. Bagaimana tidak, kurs Rupiah dengan mata uang negara lain memiliki selisih yang cukup jauh jaraknya, sehingga membuat harga-harga di Indonesia terkesan murah. Di Indonesia kita bisa menjumpai hotel ataupun penginapan dengan harga yang cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia sendiri. Nah jika untuk masyarakat Indonesia saja terjangkau, bagaimana untuk kantong wisatawan asing? Karena itulah mereka senang berkunjung ke Indonesia. Sebab selain hotel yang murah, biaya makan dan tiket masuk wisata juga tergolong ramah di kantong. Selain itu kalau mau beli oleh-oleh juga harganya betul-betul terjangkau bagi mereka.

Itulah beberapa hal yang membuat Indonesia selalu diserbu oleh wisatawan asing tiap musim liburan terutama. Indonesia adalah sebuah negara dengan paket komplit untuk mereka yang gila akan jalan-jalan. Sudah sepantasnya kita menjaga dan turut serta untuk memajukan dunia pariwisata kita. Caranya mudah, cukup pasang senyum yang ramah terhadap pelancong asing dan jangan pernah rusak segala keindahan alam yang sudah dianugerahkan Tuhan untuk negeri ini.

 

(Sumber Gambar Utama : Setkab.go.id)

(Editor : AprianingDwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here