“Jangan Ngaku Cantik Sebelum Jadi Istri Sopir” Begitu kira-kira salah satu tulisan di belakang sebuah truk yang berseliweran di jalan raya. Ya, tidak bisa dipungkiri, di balik penatnya rutinitas kita sehari-hari dan begitu sumpeknya jalan raya, ada hiburan kecil yang bisa membuat mood kita jadi berubah. Sebuah hiburan yang hadir bukan dari gadget kita melainkan dari tampilan belakang sebuah truk.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika tampilan belakang truk memang kadang membuat kita tergelitik. Walau kadang tulisanya berbau vulgar, tapi tidak sedikit juga yang bikin kita jadi tertawa. Yap, sebaiknya kita memang berterima kasih untuk sopir truk itu karena sudah membuat kita sedikit bahagia dengan tulisan-tulisannya.

Pilihan Editor:

 

Tapi sebetulnya, kalau kita telaah lebih dalam lagi. Ada makna-makna yang sebetulnya cukup dalam dari sekedar tulisan-tulisan yang tertera di bak belakang sebuah truk. Makna yang sebetulnya ingin diungkapkan oleh si supir truk namun tertahan karena tugas. Karenanya semua gundah mereka terkadang dituang dalam karya berupa lukisan ataupun ‘quotes’ menggelitik.

Nah, berikut ini barangkali beberapa latar belakang mengapa sopir truk menuangkan kutipan-kutipan nyentriknya pada bak belakang mobil yang dia bawa. Untuk lebih jelas silakan simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Rindu Orang Rumah

Yang namanya sopir truk pasti hidupnya di jalan. Bahkan lebih banyak hidup mereka dihabiskan dalam perjalanan mengantar barang. Karena itulah rindu pasti tak tertahankan, dan pastinya ingin segera dituntaskan. Tapi, apa daya, jarak membuatnya jadi tidak memungkinkan. Dan mungkin yang menjadi tujuan rindu utama mereka adalah istri. Seorang yang telah mereka pilih sebagai teman sesusah semudah mereka.

Karena istri tak mungkin digapai, maka segala kata-kata dalam otak mereka dituangkan supaya setidaknya rindu dapat disalurkan. Meski tak sampai membuat rindu terbayar, setidaknya ada sedikit hasrat yang sudah dituntaskan. Karena itulah, jangan buru- buru punya sentimen negatif tentang sopir truk dan tulisan-tulisan nyentrik di belakang bak mobil truknnya. Kalau kamu nemu kata-kata “Pulang malu gak pulang rindu”.

2. Galau dengan Pekerjaan

Semua orang pasti punya masalah, tak terkecuali dengan para supir truk. Bukan perkara mudah meninggalkan keluarga dalam waktu yang lama untuk sebuah pekerjaan yang bisa dibilang banyak risikonya. Ditambah, mungkin pendapatan mereka pun bisa jadi tidak seberapa. Galau? Pasti, tapi tentu mereka tidak punya media untuk menyalurkan segala penat.

Maka, dilihatlah bak belakang truk sebagai media yang mungkin bisa mengurai gundahnya. Kutipan-kutipan tentang pekerjaan biasanya mereka tulis disana. Curhat-curhat itu kadang terlihat kocak. Tapi percayalh, sebetulnya maknanya cukup dalam. Salah satu kata-kata yang kerap dijadikan kalimat tulisan di belakang bak adalah “Beratnya masalahmu tak seberat muatanku”.

3. Ajang Penyaluran Kekesalan

Kesal itu bisa dari mana saja. Bisa dari pekerjaan, teman, istri, dan masih banyak lagi. Ketika semua itu hadir dan bertumpuk. Maka sopir butuh teman curhat. Masalahnya adalah, setiap hari yang mereka lihat adalah jalanan. Kalaupun ada orang lain hanya kondektur. Dan mereka bisa bersama-sama dalam jumlah waktu yang cukup lama. Jadi, tentu curhatan mereka butuh penyaluran.

Tulisan lucu dibelakang truk
Via: Brilio.net

Ada banyak kata-kata yang bisa kita lihat dibagian belakang truk. seperti “pergi dicari pulang dimarahi” atau “cintamu tak semurni solarku” atau bahkan “jangan kau curigai ke mana aku pergi”. Intinya, mereka ingin curhatan dari dalam dirinya dapat diketahui orang.

4. Doa

Tidak semua sopir itu punya sifat yang negatif. Tidak, banyak juga mereka yang tetap berpegang teguh pada nilai-nilai moral dan agamanya. Mereka masih menganggap jika pekerjaan sopir yang tengah mereka jalani adalah sebagai sebuah ibadah. Karenanya untuk mengekspresikan sisi religi itu, bak belakang disulap jadi khotbah singkat.

Menarik memang, karena sebetulnya kata-kata bijak yang terkesan doa itu jumlahnya gak sedikit. Itu menandakan jika para supir juga ingat akhirat walau sedang mengejar dunia. Ada beberapa contoh tulisan yang berhubungan dengan ketuhanan, seperti “bekerja sambil berdoa” atau juga “Istighfar untuk masa lalu, bersyukur untuk hari ini dan berdoa untuk masa depan” keren banget kan?

5. Ingin Menampilkan Sisi Humoris

Banyak sopir yang kocak alias punya sisi humoris. Kata-kata dan celetukannya pasti mengundang tawa. Nah, salah satu mengekspresikan sisi humoris mereka adalah dengan cara menuliskan kutipan-kutipan pribadinya di bak belakang truk. Hal itu seakan ingin menunjukan jika si yang punya atau yang tengah mengemudikan truk punya sisi komedi. Hal itu jadi sinya buat supir truk lain supaya membuat kata-kata yang jauh lebih kreatif.

Tulisan lucu di belakang truk
Via: Brilio.net

Ada banyak-kata kata lucu dan unik dari diksi-diksi yang ditampilkan para supir truk. Seperti “2 anak cukup, 2 istri bangkrut” atau “kutunggu jandamu” atau bisa juga “putus cinta soal biasa, putus rem matilah kita”.

Supir-supir truk Indonesia ini akan terus berkarya. Barangkali suatu saat nanti, kreatifitas mereka akan jauh lebih keren dari ini. Atau mungkin bakal diadakan juga kompetisi-kompetisi desain bak truk. Yang jelas, selama mereka masih terus hidup di jalan. Selama itu juga kreativitas mereka diasah.

Jadi, jangan buru-buru berpikir negatif dari kata-kata atau juga gambar yang tertera di belakang truk. Sebab, sebetulnya masing-masing sopir punya maksud dan tujuan sendiri membuat gambar dan kata-kata itu. Karena itulah, nikmati saja desain-desain nyentrik mereka. Karena sekali lagi, sejujurnya kata-kata di belakang truk itu memang hiburan gratis untuk seluruh pengendara jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.