UblikTradisi Ramadhan Khas Indonesia. Bulan ramadhan sudah habiskan minggu pertamanya. Melakoni awal ramadhan ini, sudah biasa jika masyarakat muslim dunia terutama Indonesia menjalaninya dengan penuh kekhusyukan sembari melakukan kebiasaan-kebiasaan yang selalu dilakukan saat Ramadhan tiba. Ada banyak kebiasaan atau kegiatan yang khas banget di Indonesia. Kami mencoba merangkumnya dan menyajikannya untuk kamu.

1
Tradisi ziarah makam di bulan Ramadhan, Sumber tuntunansholat.info

Ziarah Kubur

Tradisi yang satu ini memang biasanya dilakukan sebelum bulan Ramadhan tiba. Jangan kaget jika tiba-tiba pemakaman begitu ramai didatangi oleh banyak orang. Bukan, bukan karena ada banyak orang yang wafat pada satu waktu. Tapi, memang pada waktu-waktu itulah masyarakat Indonesia biasanya menyempatkan diri untuk berziarah. Sekedar mengirim do’a untuk sanak keluarga yang telah meninggalkan dunia terlebih dahulu. Biasanya, tradisi ziarah kubur ini juga dilakukan ketika mendekati hari raya idul fitri. Terkadang, tradisi yang satu ini juga memberi  keuntungan untuk mereka yang berjualan bunga dan juga membuka jasa do’a. Tradisi ini sepertinya begitu identik dengan Indonesia, tradisi Ramadhan khas Indonesia.

2
Ngabuburit sambil jalan-jalan, sumber: pribadi

Ngabuburit

Entah siapa yang memulai dan menamai kebiasaan jalan-jalan sore menjelang berbuka dengan nama ngabubuit. Banyak referensi menyebut jika istilah ngabuburit berasal dari Jawa Barat. Akan tetapi, tetap saja belum ada jaminan pasti jika kebiasaan itu dimulai dari Jawa Barat. Terlepas dari siapa yang memulai istilah tadi, kebiasaan ngabuburit nampaknya sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari masyarakat Inodnesia.  Hampir seluruh orang Indonesia mengenal isitilah ini. Dan sudah pasti, tiap sore atau jelang berbuka, jalan raya akan selalu dipadati oleh ratusan bahkan sampai ribuan orang yang seakan menghamburkan dirinya ke jalanan untuk berjalanan-jalan sembari menunggu waktu berbuka tiba. Bukan tanpa tujuan, ngabuburit biasanya dilakukan beberapa orang untuk berbelanja keperluan berbuka hingga melakukan kegiatan amal.

3
Tradisi membangunkan orang sahur, Sumber: liputankendal.com

Bangunkan Orang Sahur

Selain ngabuburit, tradisi yang satu ini juga pasti kita jumpai dihampir sebagian wilayah Indonesia. Masyarakat yang biasanya di wakili oleh pemuda ini akan berkeliling kampung untuk membunyikan beberapa alat seperti bedug, kentongan, ember sampai yang paling kekinian menggunakan pengeras suara (soundsytem). Selain berkeliling sembari menabuh alat-alat yang dibawa, mereka biasanya juga berteriak ‘sahur-sahur’ agar warga sekitar segera bangun dari tidurnya untuk kemudian menyiapkan santap sahur. Tradisi ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Jakarta, tradisi ini idisebut Beduk Sahur atau Ngarak Beduk, Di daerah Jawa Tengah, biasanya kebiasaan ini dinamai dengan Percalan. Lain lagi di Sulawesi Tengah, disana tradisi ini disebut dengan sebutan Dengo-dengo. Sementara di Kalimantan Selatan, kebiasaan membangunkan sahur oleh warga disebut dengan Bagarakan. Di Cirebon, masyarakat mengenal kebiasaan ini dengan nama Obrog. Apapun itu, tujuan dari tradisi ini hanya satu, yaitu membangunkan orang untuk sahur.

4
Tradisi mengisi buku Ramadhan, Sumber: Abiummi.com

Kuliah Subuh dan Buku Ramadhan

Dulu, saat masih Sekolah Dasar (SD) jangan langsung tidur kalau abis sahur, kenapa? Karena di mushola atau masjid dekat rumah, biasanya akan diadakan kuliah subuh. Kuliah subuh ini penting, sebab sekolah telah memberi tugas pada siswa untuk mengisi buku ramadhan yang salah satunya adalah mengisi kolom ceramah yang dibagian bawahnya terdapat kotak kecil untuk tanda tangan si penceramah. Anak-anak akan berkumpul  di mushola untuk menyiapkan kupingnya mendengarkan kata demi kata dari sang penceramah. Tanganpun sudah harus stand by untuk terus menulis setiap ceramah dari pak ustad yang menyampaikan dakwah itu. Bagaimana? sudah mulai membayangkan masa-masa itu kembali? Tenang, hingga saat ini tradisi kuliah subuh masih ada dan tugas menulis buku ramadhan juga masih dibebankan. Jadi, untuk bereuni dengan masa lalu datang saja ke masjid dekat rumah. Selain bernostalgia, isi ceramah juga akan bermanfaat bagi diri kamu.

5
Tradisi Buka Bersama di Bulan Ramadhan, gaulfresh.com

BukBer

Ramadhan dan silaturahmi nampaknya menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan. Dari mulai ramadhan dimulai sampai tiba waktu lebaran, silaturahmi menjadi kegiatan yang kerap dilakukan. Nah, cara bersilaturahmi ada berbagai macam. Salah, satunya lewat Buka Bersama yang beberapa ngetrend di kalangan kawula muda dengan istilah Bukber. Biasanya, dalam buka bersama ini adalah momen dimana silaturahmi dengan rekan kerja sampai teman masa kecil. Terkadang, kita jadi bingung untuk mengatur jadwal dengan siapa buka bersama hari ini. Buka bersama ini memang sebuah kebiasaan yang unik sekaligus baik karena didalamnya terdapat nilai silaturahmi yang punya kaitan erat dengan ramadhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here