Prosedur pengajuan kartu kredit kini sudah tidak sesulit beberapa tahun lalu. Kamu hanya perlu melewati serangkaian prosedur sederhana dalam waktu singkat sebelum memperoleh kartu kredit. Kendati demikian, bukan berarti kamu boleh gegabah mengajukan kepemilikan kartu kredit. Kamu harus mengenali kondisi pribadi sebelum memiliki kartu kredit. Agar kepemilikan kartu kredit tidak menjadi beban bagi kamu, ada beberapa yang perlu kamu siapkan. Empat indikator berikut ini akan mempermudah kamu mengenali kondisi pribadi:

1.Sudah Memiliki Pekerjaan Tetap

syarat memiliki kartu kredit
Sumber: stocksnap.io

Pekerjaan tetap adalah syarat utama untuk memiliki kartu kredit. Kamu tidak akan kesulitan melunasi tagihan kartu kredit bila kamu mempunyai pekerjaan tetap. Kamu bisa lebih disiplin menyisihkan dana untuk tagihan kartu kredit setiap bulan, asalkan dana untuk melunasi tagihan kartu kredit tersebut tidak melampaui jumlah kebutuhan utama kamu.

Pilihan Editor:

 

2.Bisa Berinvestasi Secara Teratur

syarat memiliki kartu kredit
Sumber: stocksnap.io

Jangan mengabaikan manfaat investasi untuk kondisi finansial kamu. Karena investasi akan membuat jumlah tabungan kamu berlipat ganda. Saat ini, kamu bisa memulai investasi sesuai kemampuan melalui Mekar.id. Dengan konsep peer to peer lending Indonesia, Mekar.id sekaligus bertindak sebagai fasilitator bagi pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang membutuhkan. Mekar.id bisa menjadi pilihan investasi terbaik yang cocok dengan kemampuan kamu. Tak perlu dana besar untuk berinvestasi secara teratur di Mekar.id.

3.Sering Bepergian ke Luar Negeri

4 Indikator Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Siap Memiliki Kartu Kredit
Sumber: stocksnap.io

Jika kamu sering bepergian ke luar negeri, memanfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran merupakan hal yang praktis. Kamu tak perlu repot menukar banyak mata uang lokal. Sebab penggunaan kartu kredit bisa memfasilitasi pembayaran di berbagai merchant. Di samping itu, tingkat keamanan penggunaan kartu kredit juga jauh lebih baik dibandingkan harus membawa banyak uang tunai.

4.Membutuhkan Kartu Kredit untuk Mendukung Gaya Hidup

4 Indikator Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Siap Memiliki Kartu Kredit
Sumber: stocksnap.io

Gaya hidup modern mungkin membuat kamu sering membeli barang yang harganya cukup mahal. Tidak hanya barang, yang mahal itu bisa berupa kegiatan bulanan, misalnya untuk traveling, nonton ke bioskop, atau menikmati makanan di restoran bergengsi. Untuk mendukung upaya penghematan kamu, maka sebaiknya kamu memiliki kartu kredit. Biasanya kartu kredit menyiapkan berbagai promo potongan harga dengan jumlah cukup besar. Kamu bisa memanfaatkan potongan harga tersebut supaya kamu lebih hemat. Pastikan bahwa kamu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu sehingga utang kamu tidak berlipat ganda akibat bunga kredit yang besar.

Sekarang kamu hanya perlu bertanya pada diri sendiri: Apakah kamu benar-benar sudah membutuhkan kartu kredit untuk menunjang berbagai kebutuhan kamu ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.