UblikAtasi Memori Internal Penuh. Zaman makin berkembang. Teknologi makin maju. Saat ini semua orang hampir dipastikan tahu jika Ponsel  dengan derajat smartphone benar-benar dapat memudahkan manusia. Kata praktis, cepat dan efesien nampaknya sudah dapat mewakili apa saja yang dapat smartphone lakukan. Kini, telah banyak orang yang memilih smartphone sebagai ponsel pilihan. Selain karena memiliki banyak keunggulan dan manfaat. Mempunyai ponsel smartphone berarti ikut serta dalam kemajuan jaman.

Akan tetapi, meski dianggap sebagai sebuah kemajuan. Ada banyak kendala atau ‘penyakit’ yang biasanya di idap oleh ponsel smartphone ini. Mulai dari baterai yang bocor, sering hang sampai dengan memori internal penuh. Nah, penyakit yang disebutkan paling terakhir itu memang sangat menyebalkan. Meski sudah mengosongkan memori dengan menghapus beberapa item. Tetap saja dianggap memori internal penuh. Banyak penyebab yang membuat ponsel kedapatan full memory. Ublik telah merangkum trik jitu agar memori internalmu tak kedapatan penuh.

Hapus Cache yang Sudah Menumpuk

cara atasi memori internal penuh di smartphone
Sumber: stocksnap.io

Salah satu penyebab dari full-nya memori internal kita adalah karena cache di ponsel sudah menumpuk. Tapi sebetulnya apa sih cache itu itu? Jadi, saat kita tengah menjalankan lebih dari satu aplikasi. Sistem android kita akan otomatis membikin sebuah cache. Nah, Cache ini punya fungsi untuk membuat smartphone kita menjadi cepat ketika kita membuka banyak aplikasi.

Sebetulnya banyaknya cache ini bisa dibilang cukup positif. Karena secara tidak langsung cache menghindari smartphone kita dari penyakit lemot. Hanya saja cache juga “memakan” memori. Tidak seberapa memang, tetapi jika sudah menumpuk maka tetap saja akan membuat penuh memori kita.

Lantas bagaimana caranya menghapus cache?. Sebetulnya caranya bisa dibilang cukup mudah. Tetapi terlihat sulit karena memang keberadaan cache tidak terlihat di smartphone kita. Kamu hanya perlu masuk ke menu setting. Lalu klik storage & USB kemudian masuk ke internal memori. Kamu akan menemukan cache data. Silahkan bersihkan cache datamu.

Jika ponselmu masih sesak. Barangkali kamu perlu hapus cache yang berada menempel di aplikasi. Caranya masuk ke menu setting lalu cari menu apps. Kemudian kamu pilih salah satu aplikasi lantas klik storage dan hapus cache aplikasimu dengan mengklik clear cache.

Buang Aplikasi Tak Penting

cara atasi memori internal penuh di smartphone
Sumber: stocksnap.io

Namanya juga smartphhone. Kalau tak dipasang aplikasi, maka tak punya taji untuk membuat hidup seseorang menjadi jauh lebih mudah. Memang, hal yang membuat smartphone digandrungi banyak orang juga menjadi alat yang membantu kehidupan adalah karena aplikasi-aplikasi yang terpasang. Ada berbagai macam aplikasi. Dari situs berita, transportasi online, sosial media dan masih banyak lagi.

Kebanyakan aplikasi ini lah yang membuat ponsel smartphone-mu jadi penuh dan tak leluasa. Coba kamu sortir lagi, aplikasi-aplikasi apa saja yang memang kamu perlukan, dan mana-mana saja aplikasi yang jarang kamu pakai dan tak memiliki fungsi yang nyata. Jika ada lebih baik hapus saja. Atau jika memang sayang jika aplikasinya harus di hapus, ya sudah hapus datanya saja. Hapus data ini tak akan menghapus aplikasinya tetapi akan membuat si aplikasi tersebut kembali ke awal ketika di download. Jadi jika kamu main game, sudah level 100 kemudian kamu hapus data di aplikasi game tersebut. Maka ketika kamu jalankan, maka kamu akan mulai game tersebut dengan kembali ke level 1.

Karena itulah lebih baik jika ingin menghapus data. Hapus lah data di aplikasi-aplikasi yang tak penting. Terkadang aplikasi tersebut menyedot memori yang cukup besar untuk menyimpan datanya.

Pindah Memori Solusi Tepat

cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal
Sumber: stocksnap.io

Jika, memang setelah hapus cache memory masih penuh. Kemudian menghapus data di aplikasi juga masih penuh sampai menghapus aplikasinya tetap membuat ponsel pintar mu memiliki memori yang penuh, dan yang tersisa kini tinggal aplikasi-aplikasi penting saja. Ya sudah pindahkan saja aplikasi tersebut ke memori eksternal. Akan tetapi pastikan jika memori eksternal kamu lengang ya.

Cara memindahkannya cukup mudah. Masuk saja ke menu setting, kemudian masuk ke menu Apps atau manager aplikasi. Kamu akan menjumpai aplikasi-aplikasi yang sudah terinstal di memori internalmu. Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah memilih aplikasi mana yang akan kamu pindahkan. Jika sudah, tekan aplikasi yang akan kamu pindahkan ke memori eksternal tersebut. Lalu klik move to SD Card. Nah dengan begitu aplikasi tetap dapat dijankan dan ponselmu searang lebih lengang.

Itu tadi beberapa cara juga penyebab ponsel smartphone kita mengalami kepenuhan memori. Beberapa cara diatas adalah cara termudah. Jika cara-cara diatas sudah dilakukan dan memori ponselmu masih saja dibilang penuh padahal sudah banyak item yang dihapus. Maka ada baiknya kamu konsultasi dengan orang yang memang mengerti dunia ponsel agar masalah tersebut segera teratasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here