UblikTips Traveling Ke Luar Negeri Untuk Pemula. Meski alam Indonesia itu aduhai cantik dan indahnya menggugah mata, namun dalam diri saya tetap menginginkan untuk mencoba pergi melihat dunia luar. Pastinya ada banyak hal baru yang bisa saya pelajari di luar Indonesia. Selain itu memang ada beberapa alasan khusus yang membuat saya harus mencoba traveling ke luar negeri. Paling tidak saya harus berani mencobanya meski cuma sekali. Saya tidak ingin menjadi bagaikan seekor katak dalam tempurung.

Nah, dari pengalaman saya ke luar negeri pertama kali saat itu, sekarang saya ingin berbagi tipsnya. Bagaimana menghadapi perjalanan ke luar negeri untuk pemula atau yang baru pergi ke luar negeri pertama kali. Yuk Simak!

1Buat Passport Terlebih Dahulu

Sumber: passportinfoguide

Dulu pemikiran saya Passport itu hanya digunakan ketika mau naik haji saja. tapi setelah mengenal dunia traveling, baru saya tahu kalau passport ini adalah dokumen perjalanan yang harus dimiliki untuk seseorang yang ingin pergi ke luar negeri.

Makanya, lebih baik membuat passport pertama kali sendiri. Anggap saja untuk latihan mental melewati bagian immigrasi di luar negeri nanti. Bukan menakut-nakuti, tapi melewati perbatasan itu apa saja bisa terjadi. Kalau beruntung akan ketemu petugas baik hati, kalau sedang sial yah, paling ya cuma kena Random Cek aja! hehehe

2Cari Tahu Apakah Negara Yang Dituju Perlu Apply Visa

Sumber: usembassy.gov

Misalnya traveling ke Singapura, hanya perlu sebuah passport saja. Namun setiap negara memang punya peraturan berbeda mengenai kebijakan Visa. Jika ingin traveling ke luar negeri tanpa memikirkan visa, lebih baik mulai melihat 56 negara yang bisa dikunjungi orang Indonesia tanpa apply visa terlebih dahulu.

Karena itu penting sekali mencari informasi mengenai negara yang akan dituju. Jangan sampai terjadi masalah kena deportasi karena tidak mengetahui mengenai kebijakan visa suatu negara. Terus, perlu dicatat, jangan pernah apply visa terlalu dekat dengan hari keberangkatan. Bisa-bisa visa disetujui setelah hari keberangkatan. Kalau begitu repot sendiri kan?

3Cari Informasi Yang Detail Mengenai Destinasi Di Negara Tujuan

sumber: thetravelhack.com

Nah, kalau sekarang mau cari informasi apapun tinggal pakai mesin pencari Google. Mau cross cek data juga sudah gampang banget, karena sudah banyak yang menulis mengenai sebuah destinasi dengan sudut pandang masing-masing. Sekarang sepertinya brosur perjalanan sudah tidak terlalu laku, karena semuanya bisa dicari dengan smartphone yang ada di genggaman.

4Usahakan Tetap Online Selama Di Luar Negeri Untuk Pertama Kali

Sumber: Bukalapak.com

Kepanikan saya saat traveling ke luar negeri adalah tidak bisa terhubung dengan Indonesia ketika diperlukan atau dalam keadaan darurat. Waktu itu saya hanya bisa mengandalkan Free Wifi dengan aplikasi email saja. Karena memang sim card yang saya pakai tidak mendukung roaming. Padahal idealnya begitu landing langsung bisa online buat cari informasi.

5Perlu Bantuan? Pusat Informasi Adalah Yang Pertama Darus Dicari

Sumber: panduanwisata.id

traveling jaman dulu sosial media belum semasif sekarang ini. Jadi urgensi untuk selalu online bukan hal utama. Yang penting bisa memberi kabar keluarga di rumah saja sudah cukup.

Terus, satu lagi. Kalau memang bingung, sebaiknya bertanya kepada orang lokal atau petugas yang ada. Bukan karena apa, tetapi menghindari nyasar atau munculnya masalah karena terlalu percaya diri menguasai medan. Saya sempat kok mengalami masalah dan nyasar beberapa kali akibat terlalu percaya diri menguasai medan. Lebih baik bertanya daripada sesat dijalan.

6Pergi Sendiri, Atau Bersama Teman?

Sumber: jalan2men.com

Traveling ke luar negeri pertama kali, sendiri atau rame-rame? Meski dulu saya suka traveling sendiri, tetapi tidak untuk pergi ke luar negeri pertama kali. Lebih baik pergi dengan satu atau dua orang teman. Selain nanti bisa berbagi tugas untuk mencari informasi, biaya pun juga bisa dibagi agar lebih hemat.

7Download Aplikasi Penting Untuk Traveling

Sumber: tribuntravel.com

Paling enak itu memang traveling di era smartphone seperti sekarang ini. Karena ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mendukung selama perjalanan. Misalnya, satu yang paling penting adalah aplikasi Google Maps! Itu adalah salah satu aplikasi yang wajib terinstall di smartphone para traveler.

8Pastikan Punya Cadangan Untuk Dokumen Yang Berhubungan Dengan Traveling

Sumber: qurtifawijaya.com

Dokumen penting seperti passport perlu dibuat copy digitalnya untuk disimpan di smartphone atau aplikasi cloud seperti Google Drive. Pastikan scan semua halaman yang ada data dan cap visanya untuk memudahkan ketika terjadi kehilangan. Sementara itu untuk dokumen seperti tiket dan dokumen pendukung perjalanan lain sebaiknya juga punya cadangan di aplikasi cloud.

9Selalu Tepat Waktu, Dan Sediakan Estimasi Waktu Lebih Dalam Perjalanan

Sumber: Phinemo.com

Selalu sediakan waktu lebih atau bahkan waktu cadangan. Usahakan jangan sampai ngaret! Saya pernah hampir ketinggalan pesawat. Setelah kejadian itu, saya selalu mengusahakan datang ke bandara lebih awal. Lebih baik saya menunggu daripada ketinggalan pesawat deh.

10Hilangkan Keraguan

Sumber: sportlife.co.mx

Sangatlah normal kalau ragu atau rasa takut ketika pertama kali traveling. Saya pun dulu, makin mendekati hari keberangkatan rasanya makin banyak pertanyaan akan keraguan di kepala yang sebenarnya tidak perlu.

Udah ya, keraguan seperti itu nggak perlu dipikirin lagi. Asal sudah dipersiapkan dengan baik, biasanya semua akan berjalan lancar kok. Kalau pun terjadi suatu masalah, percaya saja akan banyak orang baik yang menolong di dalam perjalanan nanti.

 

Sumber Gambar Utama: Ridho Nur Wahyu

Editor: Ridho Nur Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here